3 Raksasa yang Jadi Korban Swiss di Euro

Swiss mampu mengejutkan tim-tim unggulan

Intinya Sih...

  • Swiss mengejutkan Italia dengan kemenangan 2-0 di babak 16 besar Euro 2024
  • Ini adalah kali kedua Swiss mencapai perempat final Euro setelah edisi 2020
  • Swiss sebelumnya juga mengalahkan Portugal dan membuat kejutan pada Euro 2020 dengan mengalahkan Prancis

Swiss membuat kejutan pada babak 16 besar Euro 2024. Menghadapi Italia yang berstatus juara bertahan, Swiss menang dua gol tanpa balas dalam duel di Olympiastadion, 29 Juni 2024.

Atas hasil tersebut, Swiss berhak melaju ke perempat final. Ini adalah kali kedua beruntun buat Swiss mencapai perempat final Euro, setelah edisi 2020 lalu.

Performa La Nati dalam duel tersebut begitu luar biasa. Mereka menerapkan skema high press yang membuat Italia kewalahan sepanjang laga. Apa yang dicatatkan Swiss menjadi kejutan di Euro 2024. Tapi, sebenarnya bukan kali ini saja Swiss mengalahkan raksasa di Euro.

Ada sejumlah tim kuat yang dijungkalkan Swiss. Berikut adalah daftarnya dilansir berbagai sumber.

1. Portugal jadi korban pertama Swiss di 2008

3 Raksasa yang Jadi Korban Swiss di EuroHakan Yakin merayakan gol ke gawang Portugal di Euro 2008. (x.com/EURO2024)

Penampilan Swiss di Euro terjadi pada edisi 1996. Namun, dalam debutnya mereka gagal meraih kemenangan. Berselang delapan tahun, Swiss belum bisa memperbaiki rapor buruknya. Baru pada 2008, Swiss bisa meraih kemenangan di Euro.

Berstatus sebagai tuan rumah bersama Austria, Swiss akhirnya bisa mencicipi kemenangan pertamanya di Euro. Menariknya, mereka menang atas Portugal dengan skor 2-0, yang merupakan runner up Euro 2004. Sial, Swiss gagal melaju ke fase gugur.

Meski kalah, Portugal tetap ke fase gugur. Kekalahan dari Swiss juga disebabkan oleh kebijakan Portugal yang mengistirahatkan banyak bintangnya saat melawan Swiss.

Baca Juga: Swiss Bungkam Italia, The Giant Killers di 16 Besar Euro

2. Prancis didepak Swiss di 2020

3 Raksasa yang Jadi Korban Swiss di EuroPara pemain Swiss merayakan kemenangan atas Prancis di Euro 2020. (x.com/EURO2024)

Tim kuat berikutnya yang pernah merasakan kejutan Swiss di Euro adalah Prancis. Itu terjadi pada babak 16 besar Euro 2020. Saat itu Prancis jelas lebih diunggulkan karena baru saja juara Piala Dunia 2018. Les Blues juga sukses memuncaki Grup F Euro 2020, mengungguli Jerman dan Portugal.

Sementara, Swiss lolos dari fase grup hanya sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Jalannya laga sempat menggambarkan timpangnya kekuatan kedua tim. Prancis tampil dominan dan mampu mengungguli Swiss 3-1. Skor tersebut bertahan hingga 10 menit terakhir laga. Namun, Swiss tiba-tiba membuat kejutan dengan membuat dua gol balasan.

Gol-gol dari Haris Seferovic dan Mario Gavranovic memaksa Prancis harus melakoni babak perpanjangan waktu. Tapi, tak ada gol tambahan tercipta hingga adu penalti terpaksa dilakoni. Swiss sukses memanfaatkan momentum tersebut. Seluruh eksekutor mereka mampu menjalankan tugas dengan baik.

Sementara, sepakan kelima Prancis yang diambil Kylian Mbappe mampu ditahan kiper Yann Sommer. Swiss pun menang adu penalti 5-4 dan melangkah ke perempat final. Mereka bersua Spanyol dan lagi-lagi sukses memaksakan hasil imbang. Namun, kali itu Swiss tidak beruntung pada adu penalti. Kegagalan tiga penendang penalti Swiss menandai akhir perjalanan mereka di Euro 2020.

Baca Juga: Italia Tak Lagi Jadi Momok bagi Swiss di Laga Internasional

3. Kini, giliran Italia yang kena getahnya

3 Raksasa yang Jadi Korban Swiss di EuroSwiss melawan Italia pada babak 16 besar EURO 2024. (x.com/EURO2024)

Italia menjadi raksasa teranyar yang berhasil dijungkalkan Swiss di Euro. Mirip seperti Prancis di Euro 2020, Italia dalam edisi 2024 dengan status juara. Gli Azzurri memang lolos dari fase grup Euro 2024 dengan kurang meyakinkan. Namun, mereka tetap diunggulkan bisa mengatasi Swiss dengan modal mental dan pengalaman.

Ternyata, yang terjadi justru sebaliknya. Swiss mendikte permainan Italia sepanjang laga. Dwigol yang diciptakan Swiss begitu terstruktur dengan Ruben Vargas dan Remo Freuler yang jadi aktor utamanya.

Ada upaya dari Italia buat bangkit. Namun, mereka tak mampu menemukan celah buat menciptakan gol. Bahkan, buat melepaskan tembakan saja susah karena kiper Yann Sommer hanya melakukan sekali penyelamatan di depan gawangnya.

Berikutnya, Swiss akan menantang Inggris pada perempat final Euro 2024. The Three Lions juga adalah salah satu tim kuat karena dihuni banyak bintang. Mampukah Swiss membuat kejutan lagi dengan menumbangkan mereka?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya