5 Pemain Italia yang Jadi Cadangan Mati di Euro 2024

Sedetik pun tak mencicipi pertandingan #EURO2024

Timnas Italia harus pulang lebih awal dari Euro 2024. Berstatus juara bertahan, mereka disingkirkan Swiss di babak 16 besar. Anak asuh Luciano Spalletti dibuat tak berdaya oleh pasukan Nati, julukan Timnas Swiss, dengan skor 0-2.

Gugurnya Italia di babak 16 besar Euro 2024 mengubur asa Federico Chiesa dan kolega untuk bisa mempertahankan gelar juara. Selain itu, sejumlah pemain Gli Azzurri juga harus gigit jari lantaran belum sempat mencicipi pertandingan. Tercatat ada lima pemain Italia yang menjadi cadangan mati di Euro 2024.

1. Alex Meret gagal unjuk gigi di bawah mistar gawang Italia

5 Pemain Italia yang Jadi Cadangan Mati di Euro 2024Alex Meret (instagram.com/alex_meret)

Alex Meret merupakan salah satu kiper top yang dimiliki Italia. Meski berstatus kiper andalan Napoli, Meret tak diberi kesempatan tampil oleh Luciano Spalletti di Euro 2024. Ia harus mengubur mimpinya untuk bisa debut di turnamen mayor bersama Timnas Italia.

Meret sendiri telah mencatatkan debut bersama Timnas Italia pada 18 November 2019. Kala itu, Gli Azzurri bertemu Armenia di babak Kualifikasi Euro 2020. Jika ditotal, kiper berumur 27 tahun tersebut baru mengantongi tiga caps.

2. Bersama Alex Meret, Guglielmo Vicario hanya menonton Gianluigi Donnarumma bermain

5 Pemain Italia yang Jadi Cadangan Mati di Euro 2024Guglielmo Vicario (instagram.com/spursofficial)

Sosok Guglielmo Vicario tak kalah populer dari Alex Meret. Vicario bahkan berkiprah di salah satu liga paling elite di dunia, yakni English Premier League, bersama Tottenham Hotspur. Kendati begitu, nyatanya Vicario hanya mendampingi Meret di bangku cadangan untuk menyaksikan aksi dari kiper utama Italia, Gianluigi Donnarumma.

Dominasi Donnarumma di posisi kiper Italia benar-benar begitu terlihat. Imbasnya, Vicario baru mendapat jatah berlaga bersama Timnas Italia sebanyak dua kali. Itu pun sekadar dua laga uji coba. Kiper Tottenham Hotspur berumur 27 tahun tersebut menciptakan debutnya pada 24 Maret 2024 saat uji coba melawan Ekuador.

Baca Juga: Menilik 3 Performa Terburuk Italia di Euro, Mengecewakan

3. Raoul Bellanova belum dipercaya mengawal sektor kanan pertahanan Italia

5 Pemain Italia yang Jadi Cadangan Mati di Euro 2024Raoul Bellanova (instagram.com/raoulbellanova)

Raoul Bellanova merupakan seorang bek muda Italia berumur 24 tahun. Ia memiliki posisi dominan bek kanan dan saat ini tengah membela Torino. Pada Euro 2024, ia hanya menjadi pelengkap skuad Italia setelah tak merasakan satu laga pun dari empat laga yang dijalani Gli Azzurri.

Bellanova belum mampu menggeser posisi seniornya, Giovanni Di Lorenzo, di lini kanan pertahanan Italia. Ia harus bekerja lebih keras agar kelak bisa jadi andalan. Bellanova sendiri sejauh ini baru memiliki dua dua caps sejak debut dalam laga uji coba kontra Ekuador pada 24 Maret 2024.

4. Alessandro Buongiorno tak sempat membuktikan kualitasnya sebagai seorang bek tengah

5 Pemain Italia yang Jadi Cadangan Mati di Euro 2024Alessandro Buongiorno (instagram.com/ale.bongio)

Alessandro Buongiorno adalah rekan satu tim Raoul Bellanova di Torino. Nasibnya pun sama di Euro 2024 dengan hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Buongiorno belum bisa meyakinkan Luciano Spalletti untuk memainkannya. 

Buongiorno telah mencatatkan debut bersama Timnas Italia pada 18 Juni 2023. Waktu itu, ia turut membantu Gli Azzurri mengalahkan Belanda untuk menyegel tempat ketiga UEFA Nations League 2022/2023. Bek tengah berumur 25 tahun tersebut kini sudah memiliki empat caps.

5. Federico Gatti tak mampu menembus persaingan di sektor tengah pertahanan Italia

5 Pemain Italia yang Jadi Cadangan Mati di Euro 2024Federico Gatti (instagram.com/federico_gatti2406)

Nama terakhir yang menyandang status cadangan mati Timnas Italia di Euro 2024 adalah Federico Gatti. Ia juga belum mampu menandingi kehebatan Alessandro Bastoni dan Riccardo Calafiori di jantung pertahanan Gli Azzurri. Alhasil, tak ada jatah sedetik pun baginya untuk turun ke lapangan. 

Nihil penampilan di Euro 2024 membuat jumlah laga Gatti bersama Italia tak bertambah. Bek tengah Juventus berusia 26 tahun itu baru mengemas tiga penampilan. Momen debutnya tercatat saat Italia bersua Inggris dalam laga Grup 3 UEFA Nations League 2022/2023, tepatnya 11 Juni 2022. 

Kelima pemain Italia tentu sangat disayangkan lantaran tak bisa unjuk gigi di pentas akbar Euro 2024. Mereka pun harus bersabar menunggu dan berusaha lebih keras sembari berharap Gli Azzurri berkesempatan kembali tampil pada Euro edisi selanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Federico Gatti, Eks Kuli Bangunan Kini Jadi Bintang Juventus

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Menulis dimainkan dengan otak, jari jemari hanyalah alat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya