5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024

Georges Mikautadze paling bersinar #EURO2024

Kiprah Timnas Georgia di Euro 2024 terhenti di babak 16 besar. Mereka dibantai oleh Spanyol pada babak tersebut dengan skor 1-4. Meski begitu, Jvarosnebi, julukan Georgia, patut berbangga lantaran berhasil menggapai babak gugur pada keikutsertaan pertamanya di Euro.

Capaian mengesankan Georgia di Euro 2024 tentunya merupakan buah dari kerja keras para pemain. Sederet pemain juga memiliki catatan baru yang menandai sejarah Georgia di Euro. Berikut lima pemain Timnas Georgia dengan catatan istimewa di Euro 2024.

1. Georges Mikautadze tercatat sebagai pemain Georgia paling subur di Euro

5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze sukses bersinar terang bersama Timnas Georgia di Euro 2024. Ia tampil produktif sebagai ujung tombak utama Jvarosnebi dengan menorehkan 3 gol dan 1 assist dari 4 penampilan. Striker yang baru berusia 23 tahun tersebut pun menyandang status raja pendulang gol Georgia di Euro.

Gol pertama Georgia di Euro juga lahir dari kaki Mikautadze. Berkat torehan golnya di Euro 2024, penyerang milik FC Metz itu sekarang hanya tertinggal tiga gol dari Khvicha Kvaratskhelia sebagai pemain aktif Georgia paling subur. Mikautadze total mengoleksi 13 gol dalam 29 penampilan.

2. Pencetak assist pertama Georgia di Euro dicatatkan oleh Giorgi Kochorashvili

5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024Giorgi Kochorashvili (instagram.com/g.kochora14)

Giorgi Kochorashvili merupakan jenderal lapangan tengah andalan Georgia. Perannya tak tergantikan dalam empat laga yang dilalui di Euro 2024. Namanya turut tercatat dalam sejarah sebagai pencetak assist pertama Georgia dalam gelaran Euro.

Assist yang dimaksud diberikan kepada Georges Mikautadze saat bentrok dengan Turki di pekan pertama grup F. Selain assist, gelandang milik Levante berusia 25 tahun tersebut tentu saja memberikan kontribusi penting lainnya di lini tengah Georgia. Jika ditotal, Kochorashvili kini sudah mengemas 12 caps bersama Jvarosnebi.

Baca Juga: Spanyol Menang Telak 4-1 dari Georgia

3. Giorgi Mamardashvili dicap sebagai kiper pertama Georgia dengan raihan clean sheet di Euro

5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Giorgi Mamardashvili adalah sosok tangguh di bawah mistar gawang Georgia. Ia berhasil menciptakan satu clean sheet dari empat kali bertanding. Kiper muda berusia 23 tahun tersebut sementara juga merajai daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di Euro 2024, yakni sebanyak 29 penyelamatan.

Apa yang dipertunjukkan Mamardashvili di Euro 2024 patut diapresiasi. Ia kini menjadi kiper Georgia pertama yang memiliki torehan clean sheet di Euro. Tambahan clean sheet di Euro 2024 turut menambah koleksinya menjadi 7 clean sheet dari 21 penampilan bersama Georgia.

4. Pencetak caps termuda Georgia di Euro ditorehkan oleh Anzor Mekvabishvili

5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024Anzor Mekvabishvili (instagram.com/mekvabishvili15)

Anzor Mekvabishvili mendampingi Giorgi Kochorashvili di lini tengah Georgia. Sayangnya, ia harus absen di 16 besar akibat akumulasi kartu kuning. Mekvabishvili memiliki capaian istimewa sebagai pemain termuda Georgia yang pernah berlaga di Euro. 

Penampilan pertama Mekvabishvili di Euro 2024 terjadi saat berusia 23 tahun 13 hari. Sejatinya masih ada Gabriel Sigua, gelandang berusia 19 tahun yang juga ikut dibawa Georgia ke Euro 2024. Namun, pemain tersebut tak sedetik pun mencicipi pertandingan.

5. Guram Kashia menjadi pemain tertua Georgia yang tampil di Euro

5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024Guram Kashia (instagram.com/nakrebi)

Jika ada pemain termuda, tak lengkap apabila tidak menyebut pemain paling senior. Georgia membawa Giorgi Loria yang sudah berumur 38 tahun ke Euro 2024. Sayangnya, pemain berposisi kiper tersebut hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Pemain tertua Georgia yang merumput di Euro pada akhirnya dicatatkan oleh Guram Kashia. Ia menjadi bek tengah tak tergantikan sekaligus mengemban tugas sebagai kapten di usianya yang menginjak 36 tahun 11 bulan 26 hari. Bek yang kini berkiprah di liga tertinggi Slovakia tersebut juga sudah kenyang pengalaman bersama Georgia dengan 117 caps.

Kelima pemain di atas mengawali catatan-catatan bersejarah Timnas Georgia di Euro. Bukan tidak mungkin akan ada rekor baru yang tercipta apabila Jvarosnebi kembali mentas di Euro empat tahun mendatang. Patut kita nantikan sepak terjang Georgia ke depannya.

Baca Juga: 4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Menulis dimainkan dengan otak, jari jemari hanyalah alat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya