5 Negara yang Pernah Dibobol Dendy Sulistyawan, Turkmenistan Terbaru!

Tiga negara berasal dari luar Asia Tenggara

Timnas Indonesia berhasil menaklukkan perlawanan Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (8/9/2023) malam WIB. Kedua gol kemenangan Indonesia masing-masing diciptakan Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri. 

Bagi Dendy, satu golnya ke gawang Turkmenistan membuat dirinya kini mengoleksi lima gol bersama Timnas Indonesia. Gol sejumlah itu ia kemas dalam 13 laga sejak debut pada 24 September 2022.

Dari 5 gol yang dicetak, ada 5 negara berbeda yang menjadi korbannya. Termasuk Turkmenistan, berikut daftar negara yang pernah dibobol Dendy Sulistyawan bersama Timnas Indonesia.

1. Curacao menjadi korban pertama Dendy Sulistyawan

5 Negara yang Pernah Dibobol Dendy Sulistyawan, Turkmenistan Terbaru!Dendy Sulistyawan (instagram.com/dendy_22)

Dendy Sulistyawan melakukan debutnya bersama Timnas Indonesia saat berjumpa Curacao. Pertandingan berlangsung dengan tajuk laga uji coba FIFA Matchday. Indonesia kala itu berkesempatan bertanding dua kali melawan Curacao, masing-masing pada 24 September 2022 dan 27 September 2022.

Dendy memang gagal mencetak gol di laga debutnya. Namun, ia mampu membuktikan di laga keduanya melawan Curacao. Masuk sebagai pemain pengganti pada menit 66, striker berusia 26 tahun ini sukses mencetak gol pada menit 87. Gol Dendy menjadi penentu kemenangan Indonesia dengan skor 2-1.

2. Brunei Darussalam dibantai Indonesia dengan Dendy Sulistyawan menjadi salah satu aktornya

5 Negara yang Pernah Dibobol Dendy Sulistyawan, Turkmenistan Terbaru!Dendy Sulistyawan (instagram.com/dendy_22)

Piala AFF 2022 merupakan turnamen resmi pertama yang diikuti Dendy Sulistyawan bersama Timnas Indonesia. Ia tak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh sang pelatih, Shin Tae-yong. Dendy tampil dengan memberikan sumbangsih gol. 

Gol pertama Dendy di Piala AFF 2022 tercipta saat bertemu Brunei Darussalam dalam laga ke-2 grup A (26/12/2022). Bermain selama 74 menit, ia berhasil membukukan satu gol pada menit 41. Satu gol tersebut membantu skuad Garuda menang telak 7-0.

Baca Juga: Profil Dendy, Arek Lamongan yang Cetak Gol Ke Gawang Turkmenistan

3. Filipina tak bisa meredam agresivitas Dendy Sulistyawan

5 Negara yang Pernah Dibobol Dendy Sulistyawan, Turkmenistan Terbaru!Dendy Sulistyawan (instagram.com/dendy_22)

Brunei Darussalam bukanlah satu-satunya korban ketajaman Dendy Sulistyawan di Piala AFF 2022. Iakembali menyumbang gol untuk Timnas Indonesia. Gol itu terjadi saat bertemu Filipina dalam laga ke-4 grup A (2/1/2023). 

Dalam laga ini, Dendy diberi kesempatan bermain selama 84 menit. Ia sukses membuka keunggulan Indonesia pada menit 21. Satu gol tersebut sangat penting karena membawa Indonesia menang dengan skor 2-1.

4. Burundi tak mampu membendung Dendy Sulistyawan untuk mencetak gol

5 Negara yang Pernah Dibobol Dendy Sulistyawan, Turkmenistan Terbaru!Dendy Sulistyawan (instagram.com/dendy_22)

Timnas Indonesia berkesempatan menjajal kekuatan Burundi pada laga persahabatan FIFA Matchday. Laga kontra Burundi dihelat dua kali. Itu terjadi pada 25 Maret 2023 dan 28 Maret 2023. 

Dendy ikut serta dalam dua laga tersebut dan berhasil menciptakan satu gol. Satu golnya ke gawang Burundi terjadi di laga pertama. Waktu itu, ia mengemas gol pada menit 14 dari total 67 menit bermain. Pada akhir laga, Indonesia mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

5. Turkmenistan menjadi korban terbaru Dendy Sulistyawan

5 Negara yang Pernah Dibobol Dendy Sulistyawan, Turkmenistan Terbaru!Dendy Sulistyawan (instagram.com/dendy_22)

Timnas Turkmenistan menjadi korban terbaru Dendy Sulistyawan ketika bersua Indonesia dalam laga FIFA Matchday (8/9/2023). Dendy dalam laga ini tampil ngotot selama 90 menit bermain di lapangan. Striker milik Bhayangkara FC tersebut berhasil mencetak gol memukau dari luar kotak penalti pada menit 19.

Gol itu membuka keunggulan Indonesia. Satu gol Dendy ke gawang Turkmenistan turut mengantar Indonesia menang. Skor akhir 2-0 pun dibawa pulang.

Gol demi gol lainnya dari Dendy Sulistyawan tentu sangat dinantikan untuk membantu Timnas Indonesia meraih kesuksesan. Untuk bisa mewujudkan hal itu, tentu Dendy harus bekerja lebih keras agar bisa meningkatkan ketajamannya.

Baca Juga: Dendy Sulistyawan, Cah Lamongan yang Antar Timnas Kalahkan Curacao

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya