Klopp Cetak Sejarah di Eropa Bareng Liverpool

Klopp manajer pertama Liverpool yang melakukannya

Jakarta, IDN Times - Kemenangan Liverpool atas wakil Austria, LASK, dengan skor 3-1 di Raiffeisen Arena dalam matchday 1 Liga Europa, Kamis malam WIB (21/9/2023), telah mengantarkan rekor baru buat Juergen Klopp. Karena kemenangan itu, Klopp kini menjadi manajer tersukses Liverpool di Eropa.

Dengan begitu, Klopp sudah meraih kemenangan ke-50 bersama Liverpool di pentas Eropa, baik dalam Liga Champions dan Liga Europa. Belum ada manajer lain yang berhasil menorehkan catatan tersebut, kecuali Klopp.

1. Bahkan, Bob Paisley dilewati

Rekor tiga manajer legendaris Liverpool seperti Bob Paisley, Bill Shankly, dan Joe Fagan, pun dilewati Klopp. Mereka memang belum menorehkan catatan kemenangan sebanyak itu.

Manajer yang juga sempat mengantarkan Liverpool juara Liga Champions 2005, Rafael Benitez, belum pernah menorehkan catatan itu.

Baca Juga: Liverpool Permalukan Lask Linz di Kandangnya

2. Liverpool sempat frustrasi di Austria

Klopp Cetak Sejarah di Eropa Bareng LiverpoolDarwin Nunez cetak gol untuk Liverpool di laga perdana Europa League 2023/24 (liverpoolfc.com)

Klopp mengakui Liverpool sebenarnya sempat frustrasi saat jumpa LASK di babak pertama. Mereka kehilangan kepercayaan diri usai Florian Flecker berhasil membobol gawang Liverpool pada menit ke-14.

Beruntung, mereka bisa bangkit usai jeda. The Reds langsung membalas gol Flecker lewat aksi Darwin Nunez (penalti), Luis Diaz, dan Mohamed Salah, yang masuk sebagai pemain pengganti.

"Saya cukup yakin para pemain akan berpikir babak pertama jelek mainnya, tapi itu tidak benar. Kami memiliki momen-momen bagus. Selain itu, saya katakan kepada mereka, harus menghilangkan rasa frustrasi dan mulai kembali bermain. Sebab, kami punya peluang bagus untuk membalikkan keadaan," ujar Klopp dilansir situs resmi Liverpool.

3. Liga Europa juga susah

Klopp Cetak Sejarah di Eropa Bareng LiverpoolLiverpool comeback di laga melawan LASK (liverpoolfc.com)

Liverpool jadi salah satu tiim yang jadi unggulan juara di Liga Europa musim ini. Meski begitu, Klopp menegaskan persaingan Liga Europa tidak mudah, sama seperti Liga Champions.

"Seperti yang saya katakan tentang keadaan dunia saat ini. Saya tahu orang-orang membayangkan kami pasti lolos melalui kompetisi ini. Itu tidak akan terjadi dengan mudah," ujar Klopp.

Baca Juga: 5 Momen Terakhir Liverpool Berlaga di Liga Europa, Sempat Hampir Juara

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya