Indonesia Imbang Lawan Australia, Jokowi: Patut Kita Syukuri

Indonesia dapat 1 poin lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia menahan imbang Australia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (10/9/2024) malam. Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyaksikan langsung pertandingan tersebut mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil imbang tersebut, mengingat Australia adalah tim kuat dengan peringkat FIFA yang jauh di atas Indonesia.

"Ya patut kita syukuri, alhamdulillah kita dapat 1 poin lagi setelah kemarin dengan Arab Saudi dapat satu poin, ini juga Australia dapat satu poin lagi," ujar Jokowi usai pertandingan, Selasa.

Jokowi mengatakan, meskipun hasil imbang, poin yang diperoleh sangat penting bagi perjalanan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia berharap poin-poin ini bisa menjadi bekal untuk meraih kemenangan di pertandingan berikutnya.

"Karena memang untuk mencapai ke sana itu paling tidak 15 poin. Kita harapkan dengan tabungan satu poin-satu poin, mungkin nanti bisa tiga poin, ini yang kita harapkan," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memuji perjuangan para pemain yang telah bermain dengan semangat tinggi, terutama penjaga gawang Timnas Indonesia, Marteen Paes yang dinilainya tampil luar biasa. Menurutnya, kerja keras seluruh pemain di lapangan patut diapresiasi.

"Saya kira permainan yang luar biasa dengan perjuangan kerja keras seluruh pemain, terutama kiper," ucap Jokowi.

Ketika ditanya mengenai evaluasi untuk dua laga tandang mendatang, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih Shin Tae-yong. Menurutnya, tugasnya hanyalah menyaksikan pertandingan dan mendukung timnas.

"Itu bagian pelatih, coach Shin Tae-yong, jangan saya. Saya bagian nonton dan menang dapat poin, itu saja," ujar dia.

Jokowi yang hadir bersama cucunya Jan Ethes dan La Lembah Manah di stadion, mengungkapkan bahwa membawa keluarga ke pertandingan adalah hal yang biasa ia lakukan. Menurutnya, menonton pertandingan sepak bola di stadion memberikan pengalaman seru dan antusias.

"Saya mengajak cucu, biasa itu," ucap dia.

Secara keseluruhan, Jokowi merasa puas dengan penampilan timnas, terutama mengingat perbedaan peringkat yang cukup jauh antara Indonesia dan Australia. Menurutnya, hasil imbang melawan tim peringkat 24 dunia adalah pencapaian yang patut dibanggakan.

"Ya kalau kita bisa melihat sendiri, ini hati-hati loh, Australia peringkat 24, kita 131, lihat di situ dong, 131 lawan peringkat 24 dan bisa menahan imbang, dapat satu poin," imbuhnya.

Baca Juga: 3 Catatan dari Hasil Imbang Timnas Indonesia Lawan Australia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya