6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024

Tim raksasa mendominasi

Intinya Sih...

  • Liga Turki menutup bursa transfer musim panas 2024 pada 13 September, dengan lebih dari 200 pemain berpindah klub.
  • Fenerbahce memecahkan rekor transfer dengan membeli Youssef En-Nesyri seharga 19,5 juta euro, sementara Galatasaray mendatangkan Gabriel Sara dengan banderol 18 juta euro.
  • Galatasaray juga mendatangkan Elias Jelert seharga 9 juta euro, sementara Fenerbahce mempermanenkan Caglar Soyuncu dan Allan Saint-Maximin setelah masa peminjaman.

Jika kebanyakan liga sepak bola di Eropa mengakhiri bursa transfer musim panas pada 1 atau 2 September, Liga Turki memiliki kebijakan yang berbeda. Mereka baru menutup bursa transfer musim panas 2024 pada 13 September 2024.

Sepanjang bursa transfer musim panas 2024, klub dari kasta tertinggi Liga Turki atau Super Lig sendiri cukup banyak berbelanja. Lebih dari 200 pemain hilir mudik di liga ini. Namun, siapa sajakah yang menjadi pembelian termahal klub Super Lig Turki pada bursa transfer musim panas 2024? Yuk, ketahui jawabannya lewat ulasan berikut inI!

1. Youssef En Nesyri (19,5 juta euro) memecahkan rekor transfer Fenerbahce

6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024Youssef En Nesyri (instagram.com/ennesyri15)

Youssef En-Nesyri menjadi pemain termahal yang dibeli klub Super Lig pada bursa transfer musim panas 2024. Penyerang asal Maroko ini dibeli Fenerbahce dari Sevilla dengan banderol 19,5 juta euro (Rp343 miliar). Angka tersebut membuat ia memecahkan rekor transfer yang pernah dilakukan Fenerbahce. Meski berharga mahal, ia dipercaya regenerasi yang baik bagi lini serang Fenerbahce yang kini dihuni penyerang veteran semacam Edin Dzeko dan Cenk Tosun.

2. Gabriel Sara diboyong Galatasaray dari Norwich City seharga 18 juta euro

6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024Gabriel Sara (x.com/GalatasaraySK)

Untuk memperkuat lini tengah, Galatasaray mendatangkan seorang gelandang berkebangsaan Brasil pada musim panas 2024. Sosok yang dimaksud adalah Gabriel Sara. Ia didatangkan dengan banderol 18 juta euro (Rp307 miliar) dari Norwich City. Di Galatasaray, Sara sebetulnya sudah dijanjikan tempat sebagai pemain utama. Namun, ia memiliki sejumlah saingan yang siap menggesernya.

3. Moatasem Al-Musrati dipermanenkan Besiktas dari Braga

6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024Moatesem Al Musrati (x.com/MoatasemMusrati)

Moatasem Al-Musrati telah dipinjam Besiktas sejak musim dingin 2024. Permainannya cukup memuaskan sehingga membuat ia dipermanenkan. Gelandang bertahan asal Libya ini akhirnya dibeli dari Braga dengan biaya 11 juta euro (Rp188 miliar). Al-Musrati sudah mendapatkan tempat utama di Besiktas sejak musim lalu. Peran tersebut diprediksi akan ia lanjutkan pada 2024/2025.

Baca Juga: 3 Transfer dari Ligue 1 ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

4. Galatasaray menebus Elias Jelert dengan banderol 9 juta euro

6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024Elias Jelert (x.com/Galatasaray)

Elias Jelert menunjukkan potensi besar ketika masih berseragam FC Copenhagen. Oleh karena itu, Galatasaray kepincut mendatangkannya pada musim panas 2024. Ia pun ditebus dengan bandeorl 9 juta euro (Rp153 miliar). Kehadirannya ini sangat diharapkan untuk mengisi kekosongan setelah kepergian Leo Dubois di posisi bek kanan Galatasaray.

5. Caglar Soyuncu dipermanenkan dari Atletico Madrid seharga 8,5 juta euro

6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024Caglar Soyuncu (x.com/Fenerbahce)

Caglar Soyuncu gagal bersinar ketika berseragam Atletico Madrid. Namun, saat dipinjamkan ke Fenerbahce, bek asal Turki ini justru mampu menunjukkan keterampilannya. Ia pun dipermanenkan oleh Fenerbahce dengan biaya 8,5 juta euro (Rp145 miliar) pada musim panas 2024. Dengan kualitas dan pengalamannya yang sudah teruji, Soyuncu sudah bisa menempati posisi bek utama dengan nyaman. Namun, masalah cedera tetap menghantuinya saat ini.

6. Allan Saint-Maximin dipinjam dengan biaya 8 juta euro

6 Transfer Masuk Termahal Klub Super Lig pada Musim Panas 2024Allan Saint Maximin (x.com/asaintmaximin)

Allan Saint-Maximin sejatinya merupakan pemain pinjaman yang dipinjamkan Al Ahli kepada Fenerbahce. Namun, dalam transaksinya, peminjaman ini melibatkan uang yang cukup besar. Dalam hal ini, Fenerbahce harus membayar 8 juta euro (Rp136 miliar) untuk meminjam pemain asal Prancis itu. Barulah pada akhir peminjaman, Fenerbahce diberikan kesempatan untuk memermanenkannya.

Deretan enam pembelian termahal didominasi pembelian dari tiga klub terbesar Super Lig Turki. Mereka adalah Fenerbahce, Galatasaray, dan Besiktas. Ini sedikit menunjukkan dominasi mereka sebagai klub raksasa di negaranya.

Baca Juga: 4 Transfer dari Spanyol ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya