5 Transfer Masuk Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Deretan pemain dari Eropa didatangkan

Intinya Sih...

  • Moussa Diaby, winger berkualitas dari Aston Villa, menjadi pemain termahal yang didatangkan klub Saudi Pro League pada musim panas 2024 dengan biaya 60 juta euro.
  • Mohamed Simakan tiba-tiba berlabuh di Al Nassr dari RB Leipzig dengan biaya 35 juta euro, meskipun banyak pihak menyayangkan kepindahan tersebut.
  • Ivan Toney akhirnya berpisah dengan Brentford dan akan memulai perjalanan barunya di Arab Saudi bersama Al Ahli setelah ditebus seharga 40 juta euro.

Klub-klub Saudi Pro League sedang meningkatkan kualitas mereka. Salah satunya dengan mendatangkan sejumlah pemain dengan nama besar. Hal tersebut sebenarnya sudah mereka lakukan dalam beberapa bursa transfer, termasuk pada bursa transfer musim panas 2024.

Meski tak sementereng bursa transfer musim panas 2023, pembelian klub Saudi Pro League juga melibatkan uang yang besar tahun ini. Sumber yang melimpah itu mampu menarik perhatian banyak pemain ternama untuk datang ke Arab Saudi. Apalagi mereka dibayar mahal. Siapakah kiranya transfer masuk termahal klub Saudi Pro League pada musim panas 2024?

1. Moussa Diaby jadi yang termahal dengan banderol 60 juta euro

5 Transfer Masuk Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Moussa Diaby (spl.com.sa)

Baru semusim berseragam Aston Villa, Moussa Diaby langsung dijual Aston Villa pada musim panas 2024. Klub English Premier League tersebut menjualnya kepada Al Ittihad dengan biaya 60 juta euro (Rp1,031 triliun). Angka tersebut membuat Diaby menjadi pemain termahal yang didatangkan klub Saudi Pro League pada musim panas 2024.

Pria asal Prancis itu memang dikenal sebagai salah satu winger berkualitas. Kedatangannya ini diproyeksikan untuk mengganti posisi Jota yang tak terpakai Al Ittihad. Sejauh ini, ia sendiri telah memainkan dua laga secara penuh.

2. Mohamed Simakan ditebus Al Nassr dengan biaya 35 juta euro

5 Transfer Masuk Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Mohamed Simakan (instagram.com/alnassr)

Sebuah kejutan terjadi pada deadline transfer musim panas 2024 Saudi Pro League. Pada momen tersebut, Mohamed Simakan tiba-tiba berlabuh di Al Nassr dari RB Leipzig. Bek asal Prancis itu bergabung dengan biaya 35 juta euro (Rp601 miliar).

Sebetulnya, banyak pihak yang menyayangkan kepindahan Simakan ke Al Nassr. Sebab, ia dinilai masih terlalu muda dan masih sangat berpotensi untuk bermain di level teratas liga top Eropa. Namun, sang pemain lebih memilih untuk menentukan nasibnya sendiri. Ia akan diduetkan dengan Aymeric Laporte di posisi bek tengah Al Nassr.

Baca Juga: 7 Eks EPL yang Hijrah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

3. Ivan Toney (40 juta euro) berpisah dengan Brentford untuk bergabung dengan Al Ahli

5 Transfer Masuk Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Ivan Toney (instagram.com/ivantoney1)

Setelah 4 musim membela Brentford, Ivan Toney pun akhirnya berpisah dengan klub berlogo lebah tersebut. Penyerang asal Inggris ini akan memulai perjalanan barunya di Arab Saudi bersama Al Ahli. Untuk membawanya dari Brentofrd, Al Ahli perlu menebus Toney dengan banderol 40 juta euro (Rp683 miliar).

Kepindahannya ini jelas diharapkan untuk meningkatkan kualitas Al Ahli dalam penyerangan. Ia akan berkolaborasi dengan beberapa eks pemain liga top Eropa lain. Roberto Firmino, Riyad Mahrez, Gabri Veiga, dan Franck Kessie menjadi beberapa di antaranya.

4. Marcos Leonardo (40 juta euro) diboyong Al Hilal dari SL Benfica

5 Transfer Masuk Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Marcos Leonardo (instagram.com/alhilal)

Marcos Leonardo baru berseragam SL Benfica selama setengah musim. Namun, penampilannya sudah berhasil menarik perhatian banyak klub. Salah satunya ialah Al Hilal yang akhirnya memboyong penyerang asal Brasil ini dengan banderol 40 juta euro (Rp683 miliar) pada musim panas 2024.

Kedatangan Leonardo sebetulnya memiliki dua kemungkinan dalam taktik Al Hilal. Sebagai seorang penyerang tengah, ia berpotensi untuk menjadi pelapis dari Aleksandar Mitrovic yang tampil sangat mentereng musim lalu. Di sisi lain, ia pun bisa mengubah taktik Al Hilal yang semulanya memasang 1 penyerang menjadi formasi dengan 2 penyerang.

5. Moteb Al-Harbi (28,95 juta euro) jadi pemain Arab Saudi termahal dalam sejarah

5 Transfer Masuk Termahal Klub Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Moteb Al Harbi (instagram.com/matta.14)

Sebuah rekor tercipta pada bursa transfer musim panas 2024 ketika Moteb Al Harbi pindah dari Al Shahab menuju Al Hilal. Pada momen tersebut, ia sukses memecahkan rekor sebagai pemain Arab Saudi termahal. Ia dibeli Al Hilal dengan banderol 28,95 juta euro (Rp497 miliar).

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini memang masih muda dan telah menunjukkan performa menjanjikan. Namun, jika dilihat dari harga pasarnya, harga Al Harbi ini dinilai terlalu mahal. Sebab, harga pasarannya hanya berada di angka 600 ribu euro (Rp10,3 miliar).

Uang yang besar memang menjadi daya tarik bagi banyak pemain untuk pindah ke Saudi Pro League. Meski begitu, klub Saudi Pro League sedang melakukan usaha untuk membangun kompetisinya. Selain meningkatkan kualitas, Saudi Pro League juga berharap jika penggemar sepak bola dunia bisa memprioritaskan mereka sebagai salah satu liga favorit.

Baca Juga: 4 Pemain Serie A Brasil yang Hijrah ke Saudi Pro League pada 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya