5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024

Pemain baru PSG dan Lyon mengisi daftar

Intinya Sih...

  • PSG dan Lyon mendominasi bursa transfer Ligue 1 Prancis 2024/2025.
  • PSG membeli Joao Neves, Desire Doue, dan Willian Pacho dengan harga yang tinggi.
  • Lyon mendatangkan Moussa Niakhate dan Ernest Nuamah untuk memperbaiki performa klub.

Klub-klub Ligue 1 Prancis 2024/2025 cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2024. Namun, kebanyakan dari mereka mendatangkan pemain dengan harga yang tak begitu tinggi. Tak heran jika daftar lima pemain termahal yang dibeli klub Ligue 1 pada musim panas 2024 didominasi dua tim.

Tim tersebut adalah Paris Saint-Germain (PSG) dan Olympique Lyon. Keduanya terus memperbaiki skuad dengan tujuan berbeda. PSG berharap bisa mengejar Liga Champions Eropa, sedangkan Lyon ingin memperbaiki performa selepas tampil buruk musim lalu. Lantas, siapa sajakah lima transfer masuk termahal klub Ligue 1 pada musim panas 2024?

1. Joao Neves (59,92 juta euro) jadi pembelian termahal klub Ligue 1 Prancis

5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024Joao Neves (en.psg.fr)

Paris Saint-Germain (PSG) terus berbenah demi mendapatkan skuad yang sempurna. Selain mendatangkan pemain berpengalaman, mereka juga tidak lupa mendatangkan pemain muda untuk masa depan klub. Kedatangan Joao Neves dari SL Benfica pada musim panas 2024 menjadi salah satu langkah mereka.

Gelandang bertahan muda asal Portugal ini dibeli PSG dengan harga 59,92 juta euro (Rp1,042 triliun). Dengan mahar yang besar, Neves pun mendapatkan predikat sebagai pembelian termahal klub Ligue 1 pada musim panas 2024. Meski mahal, bakat dan performanya sejauh ini cukup menjanjikan.

2. Desire Doue ditebus PSG dengan biaya 50 juta euro

5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024Desire Doue (psg.fr)

Paris Saint-Germain (PSG) memang serius dalam membangun masa depan klub. Itu terbukti ketika mereka mendatangkan Desire Doue dair Stade Rennes. Winger berkebangsaan Prancis ini dianggap sebagai salah satu pemain muda paling potensial di Prancis saat ini.

Namun, ia belum begitu terbukti di level senior. Namanya masih cukup asing pada musim lalu. Meski begitu, PSG tetap berani mengamankan jasanya dengan banderol 50 juta euro (Rp865 miliar).

Baca Juga: 6 Transfer yang Pernah Terjadi antara Manchester United dan PSG

3. Willian Pacho diboyong PSG dari Eintracht Frankfurt seharga 40 juta euro

5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024Willian Pacho (en.psg.fr)

Pemain PSG lain yang masuk ke daftar ini ialah Willian Pacho. Bek asal Ekuador tersebut dibeli PSG dari Eintracht Frankfurt seharga 40 juta euro (Rp695 miliar). Uang tersebut tampaknya cukup sepadan dengan performa yang telah ia tunjukkan pada musim lalu.

Meski datang sebagai pemain yang mahal, Pacho tak boleh lengah di PSG. Sebab, ia memiliki saingan yang berat untuk menjadi pilihan utama di posisi bek tengah. Apalagi, kebanyakan dari mereka lebih senior dari Pacho. Sebut saja Lucas Hernandez, Marquinhos, Milan Skriniar, Presnel Kimpembe, dan Danilo Pereira.

4. Moussa Niakhate (31,9 juta euro) disiapkan untuk memperbaiki lini belakang Olympique Lyon

5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024Moussa Niakhate (ol.fr)

Olympique Lyon benar-benar serius dalam memperbaiki performa mereka. Pada musim lalu, mereka cukup kesulitan dan sempat berada di papan bawah. Namun, pada 2024/2025, Lyon siap kembali ke papan atas dan mendominasi di kasta tertinggi sepak bola Prancis ini.

Untuk memperbaiki lini belakang, Lyon pun mendatangkan Moussa Niakhate dari Nottingham Forest. Bek berkebangsaan Spanyol itu dibeli dengan biaya 31,9 juta euro (Rp544 miliar). Hebatnya, Niakhate langsung nyetel di klub barunya ini. Hal tersebut terbukti kala dirinya tak pernah tergantikan selama tiga laga awal Ligue 1 2024/2025.

5. Ernest Nuamah dipermanenkan Olympique Lyon dengan biaya 28,5 juta euro

5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024Ernest Nuamah (ol.fr)

Selain mendatangkan pemain yang sudah matang seperti Moussa Niakhate, Olympique Lyon juga mendatangkan pemain muda. Pilihan mereka jatuh kepada Ernest Nuamah, seorang winger berkebangsaan Ghana yang masih berusia 22 tahun. Ia dipermanenkan dari RWD Molenbeek setelah semusim bermain untuk Lyon pada 2023/2024.

Nuamah sendiri adalah pemain potensial. Namun, ia belum sepenuhnya jadi pilihan utama Lyon. Sebab, pemain yang diboyong dengan banderol 28,5 juta euro (Rp486 miliar) ini masih kalah kualitas dari sejumlah pemain senior, seperti Said Benrahma, Wilfried Zaha, dan Ainsley Maitland-Niles.

Daftar ini diisi pemain Paris Saint-Germain (PSG) dan Olympique Lyon. Padahal, jika melihat ke bawah, sejumlah klub Prancis juga aktif pada bursa transfer kali ini. AS Monaco, Olympique Marseille, RC Strasbourg, dan Stade Rennes jadi beberapa klub yang dimaksud.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Gemilang pada Pekan Ketiga Ligue 1 2024/2025

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya