Transfer dari Liga Top Eropa ke UAE Pro League pada Musim Panas 2024

Dua pemain bergabung dengan Al-Jazira

Uni Emirat Arab tampaknya tak mau kalah dari Arab Saudi dalam industri sepak bola. Ketika klub Saudi Pro League ramai mendatangkan pemain dari klub yang bermain di liga top Eropa, klub UAE Pro League juga melakukan hal serupa. Namun, klub-klub di sana masih kalah dalam hal kuantitas. Meski begitu, kualitasnya tak jauh berbeda.

Pada bursa transfer musim panas 2024, klub UAE Pro League mendatangkan sejumlah pemain dari liga lain. Tiga di antaranya datang dari klub yang berlaga di liga top Eropa. Siapa sajakah pemain yang datang dan dari mana mereka berasal? Untuk menjawabnya, yuk, simak ulasan berikut!

1. Nabil Fekir (Al-Jazira) menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi di UAE Pro League

Transfer dari Liga Top Eropa ke UAE Pro League pada Musim Panas 2024Nabil Fekir (instagram.com/al_jazira_fc)

Al Jazira merupakan salah satu klub ternama yang sering mendatangkan pemain top dari klub yang berlaga di liga top Eropa. Mereka pun mendatangkan dua pada bursa transfer musim panas 2024. Salah satunya ialah Nabil Fekir yang dibeli dari Real Betis seharga 5 juta euro (Rp85 miliar).

Meski dibeli dengan harga yang relatif murah, tetapi Fekir berhasil menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi di UAE Pro League saat ini. Ia memiliki harga pasar sebesar 10 juta euro (Rp170 miliar). Itu menjadikannya sebagai pemain paling berharga di kasta tertinggi sepak bola Uni Emirat Arab.

2. Mohamed Elneny pindah secara gratis ke Al-Jazira

Transfer dari Liga Top Eropa ke UAE Pro League pada Musim Panas 2024Mohamed Elneny (instagram.com/elnennym)

Setelah 7,5 musim jadi bagian dari Arsenal, Mohamed Elneny pun hengkang secara permanen. Ia pun memilih untuk menerima tawaran dari Al Jazira. Gelandang asal Mesir ini pindah secara gratis ke klub UAE Pro League tersebut pada musim panas 2024.

Dengan kualitas dan pengalamannya bermain di Eropa, Elneny siap menjadi pilihan utama di klub barunya. Hal ini terbukti ketika ia tak pernah absen semenit pun dari tiga laga yang ia jalani bersama Al Jazira. Ia tampaknya akan mendapatkan peran yang lebih baik ketimbang perannya saat dulu berseragam Arsenal.

Baca Juga: 4 Pemain Anyar Fenerbahce 2024/2025 yang Digaet dari Liga Top Eropa

3. Junior Flemmings bergabung dengan Al-Ajman dari FC Toulouse

Transfer dari Liga Top Eropa ke UAE Pro League pada Musim Panas 2024Junior Flemmings (facebook.com/goldcup)

Junior Flemmings sudah menjalani karier yang sulit bersama FC Toulouse dalam 2 musim terakhir. Ia tak mendapatkan menit bermain yang cukup, bahkan telah dipinjamkan ke klub lain dalam 1,5 musim terakhir. Oleh karena itu, ia pun memilih untuk hengkang dari klub asal Prancis itu pada musim panas 2024.

Kali ini, Al Ajman yang berlaga di UAE Pro League menjadi tujuannya. Pemain asal Jamaika tersebut pindah secara gratis. Hebatnya, ia langsung memberikan dampak instan dalam dua laga yang telah ia jalani. Torehan satu gol pada laga melawan Shabab Al Ahli menjadi buktinya.

4. Sardar Azmoun (Shabab Al-Ahli) terbuang dari Bayer Leverkusen

Transfer dari Liga Top Eropa ke UAE Pro League pada Musim Panas 2024Sardar Azmoun (instagram.com/sardar_azmoun)

Bayer Leverkusen makin maju berkat racikan Xabi Alonso. Manajer asal Spanyol itu mendatangkan pemain-pemain yang ia butuhkan demi memperkuat tim. Namun, di sisi lain, ia harus mengorbankan pemain lain untuk dibuang.

Salah satu pemain yang dibuang Alonso ialah Sardar Azmoun. Penyerang asal Iran ini sudah tak terpakai di Bayer Leverkusen. Ia pun dijual ke Shabab Al-Ahli pada musim panas 2024.

Kepindahan pemain dari klub liga top Eropa bukan hal yang baru di UAE Pro League. Sebelum bursa transfer musim panas 2024, terdapat beberapa pemain top yang pindah ke liga ini. Sebut saja, Paco Alcacer, Miralem Pjanic, Haris Seferovic, Moussa Marega, Allan, dan Kostas Manolas.

Baca Juga: 3 Pemain Sporting CP Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya