6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Eks pemain AS Roma mendominasi daftar

Intinya Sih...

  • Enam pemain dari klub Italia pindah ke Saudi Pro League musim panas 2024
  • Joao Costa, Chris Smalling, Houssem Aouar, Norbert Gyomber, Nahitan Nandez, Giacomo Bonaventura adalah beberapa di antaranya
  • Kedatangan pemain ini menjadi usaha besar untuk meningkatkan kualitas liga

Selama bursa transfer musim panas 2024, Saudi Pro League sangat aktif masuk berita. Sebab, klub-klub kasta tertinggi sepak bola Arab Saudi ini masih ramai mendatangkan pemain dari klub yang berada di negara besar Eropa. Salah satunya dari Liga Italia, baik dari Serie A, Serie B, bahkan Serie C.

Pada bursa transfer kali ini, sebanyak enam pemain pindah dari Italia ke Saudi Pro League. Tak hanya pemain medioker, beberapa di antaranya justru merupakan pemain besar berstatus bintang. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Baru 2 bulan promosi, Joao Costa langsung dijual AS Roma ke Al-Ettifaq

6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Joao Costa (asroma.com)

Joao Costa baru promosi ke klub utama AS Roma pada 1 Juli 2024. Baru 2 bulan promosi, winger asal Brasil ini sudah dijual kepada Al-Ettifaq untuk bermain di bawah arahan Steven Gerrard. Ia pindah dengan banderol 9 juta euro (Rp154 miliar). Di klub barunya, ia akan bekerja sama dengan sejumlah nama besar di lini serang. Sebut saja Moussa Dembele, Karl Toko Ekambi, dan Demarai Gray.

2. Chris Smalling siap jadi pemain utama Al-Fayha

6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Chris Smalling (asroma.com)

Chris Smalling tak mendapatkan tempat utama di strategi Daniele De Rossi di AS Roma. Pada akhirnya, ia hengkang pada musim panas 2024 ke Al-Fayha. Bek berkebangsaan Inggris ini sangat diharapkan untuk mendongkrak performa klub. Apalagi, ia terhitung sebagai satu-satunya nama besar di klub tersebut.

3. Houssem Aouar didatangkan Al-Ittihad untuk mempersolid lini tengah

6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Houssem Aouar (instagram.com/houssem_aouar)

Eks pemain AS Roma lain yang pindah ke klub Saudi Pro League pada musim panas 2024 adalah Houssem Aouar. Gelandang asal Aljazair ini didatangkan Al-Ittihad untuk mempersolid lini tengah. Harapan itu cukup masuk akal mengingat reputasinya yang baik sebagai seorang gelandang yang kreatif. Ia akan bekerja sama dengan Danilo Pereira, N'Golo Kante, dan Fabinho di lini tengah Al-Ittihad.

Baca Juga: 6 Transfer dari EPL ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

4. Norbert Gyomber bergabung dengan klub promosi, Al-Kholood

6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Norbert Gyomber (instagram.com/alkholoodclub)

Norbert Gyomber gagal mempertahankan posisi Salernitana di Serie A Italia 2023/2024. Pada musim panas 2024, bek asal Slovakia ini pun memilih untuk hengkang ke klub promosi Saudi Pro League 2024/2025. Klub yang dimaksud ialah Al-Kholood. Pengalaman bermainnya di sejumlah klub Eropa diharapkan bisa bermanfaat ketika membela klub ini.

5. Nahitan Nandez pindah ke Al Qadsiah setelah 5 tahun membela Cagliari

6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Nahitan Nandez (instagram.com/nahitannandez25)

Nahitan Nandez akhirnya berpisah dengan Cagliari, klub yang sudah dibelanya selama 5 tahun. Pemain berkebangsaan Uruguay ini pindah ke Al-Qadsiah secara gratis. Di klub barunya, ia akan bertemu dengan sejumlah nama besar yang juga baru pindah pada musim panas 2024. Mereka adalah Nacho Fernandez, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Koen Casteels.

6. Giacomo Bonaventura bergabung dengan Al-Shabab dari ACF Fiorentina

6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Giacomo Bonaventura (instagram.com/alshababsaudifc)

Pemain veteran berkebangsaan Italia, Giacomo Bonaventura, memilih untuk hengkang dari ACF Fiorentina pada musim panas 2024. Ia pun bergabung dengan Al-Shabab secara gratis. Kehadirannya diproyeksikan untuk mengganti posisi Ivan Rakitic yang hengkang. Bonaventura sendiri akan satu klub dengan Daniel Podence, Wesley Hoedt, dan Yannick Carrasco.

Kedatangan enam pemain ini menjadi bukti kecil dari usaha besar yang dilakukan klub Saudi Pro League untuk meningkatkan kualitas liga. Pemain ini sebetulnya diharapkan bisa bertahan lama di kompetisi tersebut. Namun, jika berkaca dari nama-nama sebelumnya, banyak pemain yang hanya bertahan 1--2 tahun di Saudi Pro League.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Merumput di Saudi Pro League 2024/2025

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya