4 Transfer dari Championship ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Mayoritas bergabung dengan klub medioker

Klub Saudi Pro League tak hanya mendatangkan pemain baru dari klub kasta tertinggi Liga Inggris ata English Premier League. Mereka juga mendatangkan beberapa pemain dari kasta kedua Liga Inggris atau EFL Championship.

Dari liga ini, terdapat empat pemain yang pindah ke Saudi Pro League pada musim panas 2024. Namun, keempat pemain itu pindah ke klub medioker Saudi Pro League. Tak ada satu pun yang bergabung dengan klub elite, semacam Al-Nassr, Al-Hilal, Al-Ahli, maupun Al-Ittihad.

Siapa sajakah keempat pemain yang dimaksud dan ke mana mereka pindah?

1. Wesley Hoedt berlabuh ke Al-Shabab dari Watford

4 Transfer dari Championship ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Wesley Hoedt (instagram.com/alshababsaudifc)

Wesley Hoedt baru semusim berseragam Watford FC (2023--2024). Pada musim panas 2024, bek berkebangsaan Belanda ini sudah dilepas ke klub Saudi Pro League. Klub yang dimaksud ialah Al Shabab.

Dengan pengalaman dan kualitas yang dimilikinya, Hoedt dipercaya langsung jadi pemain utama di klub barunya. Ia bukan satu-satunya eks pemain liga top Eropa yang kini membela Al-Shabab. Ia akan berada satu tim dan bekerja sama dengan Daniel Podence, Yannick Carrasco, dan Giacomo Bonaventura.

2. Jean Michael Seri pindah ke klub promosi

4 Transfer dari Championship ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Jean Michel Seri (instagram.com/alorobah_fc)

Setelah membela beberapa klub besar di Eropa, Jean Michael Seri akhirnya berlabuh ke Saudi Pro League. Gelandang bertahan berkebangsaan Pantai Gading itu bergabung dengan Al-Orobah dari Hull City. Al-Orobah sendiri merupakan salah satu klub promosi di Saudi Pro League 2024/2025.

Serupa dengan Wesley Hoedt, Seri pun langsung diplot sebagai pemain andalan. Ia juga akan satu klub dengan sejumlah nama besar. Sebut saja Kurt Zouma, Cristian Tello, dan Johann Berg Gudmundsson.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Merumput di Saudi Pro League 2024/2025

3. Johann Berg Gudmundsson sudah mencatatkan assist untuk Al-Orobah

4 Transfer dari Championship ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Johan Berg Gudmundsson (instagram.com/alorobah_fc)

Pemain EFL Championship lain yang pindah ke Al-Orobah pada bursa transfer musim panas 2024 adalah Johann Berg Gudmundsson. Pemain asal Islandia ini berpisah dengan Burnley setelah 6 tahun mengabdi. Ia pindah secara gratis ke Al-Orobah.

Gudmundsson telah bermain untuk dua pertandingan bersama klub barunya. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini ternyata sukses menunjukkan sinarnya. Ia telah mencetak 1 assist dari 2 laga yang telah dijalaninya sejauh ini.

4. Juninho Bacuna bergabung dengan Al-Wehda dari Birmingham City

4 Transfer dari Championship ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Juninho Bacuna (instagram.com/jbacuna07)

Pemain terakhir yang pindah dari EFL Championship ke Saudi Pro League pada bursa transfer musim panas 2024 adalah Juninho Bacuna. Pemain asal Curacao ini pindah dari Birmingham City ke Al-Wehda. Ia baru pindah menjelang bursa transfer musim panas 2024 ditutup.

Di klub barunya ini, ia juga akan bertemu dengan beberapa eks pemain Liga Inggris lain. Sebut saja Odion Ighalo yang pernah berseragam Manchester United dan Watford. Bacuna dan Ighalo diprediksi akan menjadi kekuatan utama Al-Wehda pada 2024/2025.

Klub-klub medioker Saudi Pro League juga tak mau kalah kualitas dari klub elitenya. Mendatangkan pemain dari kasta kedua Liga Inggris menjadi salah satu opsi terbaik untuk meningkatkan kualitas dengan harga yang lebih murah. Mampukah para pemain ini meningkatkan kualitas klub barunya?

Baca Juga: 6 Transfer dari Italia ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya