Rapor Keikutsertaan Rumania di 4 Edisi Euro Terakhir, Tak Konsisten

Selalu minim pemain bintang #EURO2024

Intinya Sih...

  • Rumania sering ikut Euro dan Piala Dunia, tapi tak konsisten
  • Kurangnya pemain bintang membuat Rumania kesulitan di turnamen
  • Rumania berhasil lolos dari fase grup di Euro 2000 dan 2024

Timnas Rumania sering kali ikut serta sebagai peserta Piala Dunia maupun Euro. Akan tetapi, Rumania tak pernah memiliki kiprah dan performa yang konsisten pada dua turnamen mayor tersebut.

Hal ini boleh jadi lantaran Rumania jarang memiliki pemain bintang. Jika ada, kualitasnya akan cukup jauh dari rekan setimnya yang lain. Hal tersebut membuat Rumania kerap gagal mencapai babak akhir ketika mengikuti sebuah turnamen.

Bicara soal performa, Rumania juga tak memiliki kiprah yang mentereng. Hal ini bisa dilihat dari empat edisi terakhir Euro yang mereka ikuti. Seperti apa kiprah Rumania pada empat edisi Euro terakhir mereka?

1. Rumania terhenti di babak delapan besar Euro 2000

Rapor Keikutsertaan Rumania di 4 Edisi Euro Terakhir, Tak KonsistenGheorghe Hagi (twitter.com/EURO2024)

Pada Euro 2000, Rumania tergabung di grup neraka bersama Portugal, Inggris, dan Jerman. Hebatnya, Rumania justru mampu membuat kejutan di fase grup dengan meraih empat poin dan finis di posisi kedua Grup A. Hal tersebut membuat Rumania berhak lolos ke babak delapan besar. 

Pada babak ini, Rumania harus berhadapan dengan Italia yang dihuni oleh sejumlah pemain legendaris. Meski Rumania dihuni oleh sejumlah nama besar, seperti Adrian Mutu, Cristian Chivu, Ioan Lupescu, dan Gheorge Hagi, Rumania tetap tak bisa membendung Italia. Rumania kalah dengan skor 0-2 dari Italia dan akhirnya harus tersingkir dari Euro 2000.

Baca Juga: 3 Hattrick Terakhir di Euro, Kapan Terjadi Lagi?

2. Rumania tergabung di grup neraka Euro 2008

Rapor Keikutsertaan Rumania di 4 Edisi Euro Terakhir, Tak KonsistenAdrian Mutu (x.com/EURO2024)

Sempat absen di Euro 2004, Rumania kembali ke Euro pada edisi 2008. Pada edisi kali ini, Rumania kembali tergabung di grup neraka bersama Belanda, Italia, dan Prancis. Grup ini jelas sangat sulit bagi Rumania.

Pada fase grup, Rumania sempat menahan imbang Prancis dan Italia. Namun, mereka kalah dari Belanda pada pertandingan kedua. Hal tersebut membuat Rumania harus tersingkir karena hanya mampu mendapat dua poin dan bertengger di posisi ketiga. Pada Euro 2008, Adrian Mutu, Cristian Chivu, Florentin Petre, dan Stefan Radu jadi tulang punggung utama Timnas Rumania.

3. Rumania tampil mengecewakan di Euro 2016

Rapor Keikutsertaan Rumania di 4 Edisi Euro Terakhir, Tak KonsistenBogdan Stancu (frf.ro)

Dalam empat edisi terakhir Euro yang Rumania ikuti, Euro 2016 tampaknya menjadi yang terburuk bagi mereka. Pasalnya, Rumania hanya mampu mengumpulkan satu poin di Grup A. Hal itu membuat Rumania menjadi juru kunci grup di bawah Prancis, Swiss, dan Albania.

Terpuruknya Rumania di Euro 2016 disebabkan oleh buruknya materi pemain yang mereka miliki saat itu. Sebab, tak ada nama besar yang mampu mengangkat moral skuad atau setidaknya meningkatkan kualitas. Florin Andone, Bogdan Stancu, Vlad Chiriche, dan Ciprian Tatarusanu menjadi segelintir nama yang bisa diperhitungkan.

4. Rumania dibungkam Belanda di babak 16 besar Euro 2024

Rapor Keikutsertaan Rumania di 4 Edisi Euro Terakhir, Tak KonsistenRadu Dragusin (instagram.com/radudragusin5)

Prestasi Rumania di Euro 2024 jauh lebih baik ketimbang perjalanan mereka di Euro 2016. Pada edisi paling anyar ini, Rumania sanggup berjaya dan menjadi pemimpin klasemen di Grup E. Rumania bahkan mengungguli Belgia, Slovakia, dan Ukraina di grup tersebut. Mereka pun berhak lolos ke babak 16 besar. 

Sialnya, Rumania harus berhadapan dengan Belanda yang berstatus sebagai tim unggulan. Pada laga ini, Rumania dibungkam dengan skor 0-3. Skuad yang dihuni oleh Radu Dragusin, Dennis Man, Nicolae Stanciu, dan Razvan Marin ini pun tersingkir di babak 16 besar Euro 2024.

Meski cukup sering mengikuti turnamen mayor, Rumania belum memiliki kualitas yang baik di sepak bola. Sebab, Rumania tak mampu konsisten dalam hal performa dan prestasi. Ini menjadi bahan evaluasi besar bagi federasi sepak bola Rumania jika memiliki tujuan untuk memajukan kualitas sepak bola negara mereka.

Baca Juga: 5 Museum di Dortmund—Jerman yang Bisa Kamu Kunjungi saat Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya