9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025

Ritsu Doan menjadi salah satu yang mentereng

Klub Bundesliga Jerman seperti menemani pertumbuhan para pesepak bola Jepang. Dari masa ke masa, kompetisi ini sering menjadi tempat bagi para pemain Jepang untuk berkembang dan memulai kiprahnya di Benua Eropa. Tak heran banyak legenda sepak bola Jepang yang tercatat pernah berkarier di liga ini.

Warisan para legenda tersebut kini dilanjutkan oleh sembilan pemain. Mereka memiliki posisi, peran, dan klub yang berbeda-beda. Lantas, siapa sajakah sembilan pemain yang dimaksud?

1. Ko Itakura menjadi andalan di Borussia Monchengladbach dan Timnas Jepang

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Ko Itakura (instagram.com/kouitakura)

Selain menjadi pemain andalan di Timnas Jepang, Ko Itakura juga mendapatkan peran yang sama di Borussia Monchengladbach. Bek tengah berusia 27 tahun ini memang memiliki atribut yang baik untuk dipilih sebagai pemain andalan. Ia kuat, cepat, dan pintar dalam membaca permainan lawan. Ia tak pernah tergantikan selama 4 laga yang telah dijalaninya hingga pekan ke-4 Bundesliga 2024/2025.

2. Shio Fukuda masih kalah saing di lini serang Borussia Monchengladbach

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Shio Fukuda (x.com/borussia_en)

Shio Fukuda memiliki nasib yang berbeda dengan Ko Itakura di Borussia Monchengladbach. Penyerang berusia 20 tahun ini belum bisa mencatatkan laga sejauh ini. Hal ini bisa terjadi karena ia kalah saing di lini serang timnya. Alessane Plea, Robin Hack, dan Tim Kliendienst menjadi beberapa pesaing terkuat Fukuda di Borussia Monchengladbach.

3. Kiprah Hiroki Ito di Bayern Munich masih dihambat cedera

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Hiroki Ito (fcbayern.com)

Hiroki Ito baru pindah dari VfB Stuttgart ke Bayern Munich pada musim panas 2024 lalu. Akan tetapi, ia belum tampil hingga akhir September 2024. Hal ini disebabkan oleh cedera yang menghambat kiprahnya. Hingga kini, kesembuhannya belum bisa diprediksi.

4. Ritsu Doan menjadi kunci permainan SC Freiburg

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Ritsu Doan (scfreiburg.com)

Salah satu pesepak bola Jepang terbaik yang berkarier di Bundesliga 2024/2025 adalah Ritsu DoanWinger berusia 26 tahun ini dianggap sebagai salah satu pemain kunci di SC Freiburg. Ia kerap dipilih sebagai pemain utama yang berguna untuk menusuk penyerangan lawan. Sejauh ini, ia telah mencatat 2 gol dari 4 laga di Bundesliga 2024/2025.

Baca Juga: 5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! 

5. Shuto Machino menampilkan performa yang efektif bersama Holstein Kiel

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Shuto Machino (instagram.com/machino9.30)

Shuto Machino sejatinya bukan pemain utama di Holstein Kiel. Namun, saat diberi menit bermain, ia mampu tampil mentereng. Penyerang asal Jepang ini tampil sangat efektif dalam hal menyerang. Ia mampu mencatat 2 gol dari 4 laga dengan rincian 256 menit sejauh ini.

6. Koji Miyoshi belum mendapatkan menit bermain yang layak

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Koji Miyoshi (x.com/VfLBochum1848EN)

Koji Miyoshi baru didatangkan VfL Bochum dari Birmingham pada musim panas 2024. Dengan statusnya sebagai pemain baru, ia tentu masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Hal tersebut berdampak kepada menit bermain yang ia dapatkan. Pemain yang berposisi sebagai pemain sayap ini perlu bekerja lebih keras agar mendapatkan menit bermain yang lebih layak.

7. Kaishu Sano langsung menjadi andalan Mainz 05

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Kaishu Sano (mainz05.de)

Serupa dengan Koji Miyoshi, Kaishu Sano juga berstatus sebagai pemain baru di Bundesliga 2024/2025. Namun, ia memiliki nasib yang berbeda. Gelandang bertahan berusia 23 tahun ini langsung mendapatkan kepercayaan sebagai pemain utama di Mainz 05. Sehingga, ia sudah memiliki menit bermain yang layak.

8. Masaya Okugawa

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Masaya Okugawa (fcaugsburg.de)

Masaya Okugawa merupakan salah satu pemain senior Jepang yang sudah lama berkiprah di Jerman. Namun, hal tersebut tak menjamin kiprahnya pada 2024/2025. Sebab, pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini belum bermain sekali pun bersama FC Augsburg musim ini.

9. Anrie Chase menarik perhatian bersama VfB Stuttgart

9 Pesepak Bola Jepang yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2024/2025Anrie Chase (vfb.de)

Anrie Chase merupakan bek tengah berkebangsaan Jepang yang baru promosi ke skuad utama VfB Stuttgart musim ini. Meski berstatus debutan, ia sanggup tampil hebat bahkan mampu menarik perhatian. Ia dipilih sebagai solusi untuk menggantikan Hiroki Ito dan Waldemar Anton yang hengkang pada musim panas lalu. Bek berusia 20 tahun ini diprediksi bisa bertahan lama di Bundesliga.

Sebelum 2024/2025, sejumlah pemain ternama asal Jepang pernah bermain di Bundesliga Jerman. Daichi Kamada, Shinji Kagawa, Naohiro Takahara, Yuya Osako, Wataru Endo, dan Makoto Hasebe merupakan beberapa di antaranya. Pemain-pemain tersebut memiliki kiprah yang dikenang di kompetisi ini.

Baca Juga: 6 Pembelian Termahal Klub Bundesliga Austria pada Musim Panas 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya