Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023

Kebanyakan pindah ke English Premier League

Pada bursa transfer musim panas 2023, sejumlah klub Bundesliga Jerman tampaknya sibuk memanen uang. Mereka sukses menjual beberapa pemain dengan harga fantastis kepada klub luar Bundesliga. Padahal, modal yang mereka keluarkan tak begitu besar jika dilihat dari uang.

Dengan pembinaan yang baik, klub Bundesliga sukses meraih keuntungan yang besar. Itulah yang membuktikan mereka memang sangat piawai dalam mengembangkan pemain. Lalu, siapa sajakah pemain termahal yang dijual klub Bundesliga Jerman pada bursa transfer musim panas 2023 dan seperti apa performa di klub barunya?

1. Jude Bellingham jadi penjualan termahal klub Bundesliga

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Jude Bellingham (realmadrid.com)

Jude Bellingham menjadi pemain termahal yang dijual klub Bundesliga pada musim panas 2023. Gelandang asal Inggris ini dijual Borussia Dortmund ke Real Madrid seharga 103 juta euro (Rp1,68 triliun). Harga tinggi yang harus ditebus Real Madrid ternyata berbuah manis. Sebab, Bellingham tampil sangat hebat dan memenuhi ekspektasi. Hingga akhir September 2023, Bellingham telah mencetak 6 gol dan 1 assist dari 7 laga.

2. Randal Kolo Muani bergabung dengan PSG

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Randal Kolo Muani (en.psg.fr)

Randal Kolo Muani menjadi komoditas panas pada bursa transfer musim panas ini. Oleh karena itu, Eintracht Frankfurt mendapatkan berbagai tawaran dari klub besar Eropa. Paris Saint-Germain pun menjadi yang paling serius mendatangkan Kolo Muani dengan menebus penyerang tersebut seharga 95 juta euro (Rp1,55 triliun). Dengan daya saing yang ketat, Kolo Muani masih harus bekerja keras untuk mendapatkan posisi penyerang inti PSG saat ini. Namun, ia mampu berjuang keras dengan mencetak 4 gol dan 2 assist dari 7 laga sejauh ini.

3. Josko Gvardiol perkuat lini pertahanan Manchester City

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Josko Gvardiol (mancity.com)

Manchester City harus membayar 90 juta euro (Rp1,47 triliun) kepada RB Leipzig demi mendapatkan Josko Gvardiol. Mendatangkan bek asal Kroasia ini merupakan keputusan tepat yang diambil manajemen The Cityzens. Sebab, kehadiran Gvardiol sukses memperkuat lini pertahanan Manchester City. Dalam beberapa pertandingan terakhir, Gvardiol telah dipercaya untuk mengisi posisi utama di bagian bek tengah Manchester City. Total, telah ada enam laga yang dijalani Gvardiol bersama Manchester City hingga 26 September 2023.

4. Dominik Szoboszlai tampil meyakinkan untuk Liverpool

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Dominik Szoboszlai (liverpoolfc.com)

Pada bursa transfer musim panas 2023, Liverpool mendatangkan beberapa gelandang baru. Salah satunya ialah Dominik Szoboszlai yang diboyong dengan banderol 70 juta euro (Rp1,14 triliun) dari RB Leipzig. Dalam beberapa pertandingan awal bersama Liverpool, Szoboszlai tampil sangat hebat. Ia kerap menjadi pilihan utama dengan mencatat 7 laga dengan sumbangan 1 gol.

5. Christopher Nkunku belum bisa membuktikan diri kepada fans Chelsea

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Christopher Nkunku (chelseafc.com)

RB Leipzig menjual mantan top scorer mereka, Christopher Nkunku, kepada Chelsea. Pemain asal Prancis itu dilepas setelah klub London membayar 60 juta euro (Rp984 miliar). Akan tetapi, Nkunku belum bisa membuktikan diri kepada penggemar Chelsea. Pasalnya, ia mengalami cedera lutut yang mengharuskannya absen lama sejak Agustus 2023.

Baca Juga: Debut Indah Jude Bellingham Bersama Real Madrid di LaLiga

6. Moussa Diaby warnai skuad Aston Villa

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Moussa Diaby (avfc.co.uk)

Moussa Diaby sempat ditawar beberapa klub besar Eropa. Pada musim panas 2023, ia pun memutuskan masa depannya dengan bergabung dengan Aston Villa. Winger asal Prancis ini dibeli dari Bayer Leverkusen dengan banderol 55 juta euro (Rp902 miliar). Kehadirannya sangat membantu Aston Villa dalam memberi warna di skuad dan skema penyerangan klub asal kota Birmingham itu. Catatan 2 gol dan 2 assist dari 8 laga menjadi buktinya sejauh ini.

7. Lucas Hernandez pulang ke Prancis

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Lucas Hernandez (en.psg.fr)

Untuk pertama kalinya, Lucas Hernandez pulang untuk berkarier bersama klub asal Prancis. Selama kariernya, ia selalu membela klub asal Spanyol dan Jerman. Hal ini bisa terjadi karena Lucas dibeli  PSG dari Bayern Munich dengan banderol 45 juta euro (Rp738 miliar). Kehadiran Lucas di skuad PSG saat ini adalah solusi dari lemahnya lini tengah Les Parisiens pada beberapa musim lalu. Hal ini terbukti dari catatan tujuh laga yang telah dijalani Lucas hingga akhir September 2023 ini.

8. Liverpool tebus Ryan Gravenberch pada deadline transfer

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Ryan Gravenberch (liverpoolfc.com)

Pada tenggat transfer musim panas 2023, Liverpool menebus Ryan Gravenberch dari Bayern Munich. Gelandang asal Belanda ini ditebus dengan biaya 40 juta euro (Rp655 miliar). Kedatangan Gravenberch sudah sesuai dengan kebutuhan Liverpool yang memang mencari pemain muda yang mampu bermain apik di lini tengah. Sejauh ini, Gravenberch masih berada di tahap adaptasi sebagai pemain inti. Ia baru mencatat 4 laga dan 1 assist dengan menit bermain yang minim.

9. Micky van de Ven jadi duet baru Christian Romero

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Micky van de Ven (twitter.com/SpursOfficial)

Micky van de Ven pun dihargai 40 juta euro (Rp655 miliar) oleh Tottenham Hotspur. Bek asal Belanda ini dibeli setelah bermain apik bersama VfL Wolfsburg musim lalu. Di klub barunya, Van de Ven tampil cukup meyakinkan sebagai duet baru dari Christian Romero. Van de Ven memiliki tugas yang lebih condong dalam bertahan, ketimbang ikut menyerang seperti Romero. Oleh karena itu, Van de Ven selalu tampil penuh selama 90 menit dalam 7 laga yang telah ia jalani.

10. Benjamin Pavard belum mendapatkan tempat

Performa 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Bundesliga pada 2023Benjamin Pavard (inter.it)

Bayern Munich melepas Benjamin Pavard ke Inter Milan dengan biaya sebesar 30 juta euro (Rp491 miliar). Kedatangan Pavard sebetulnya merupakan keuntungan besar bagi Inter Milan. Sebab, ia merupakan pemain versatile yang bisa bermain apik sebagai bek tengah dan bek kanan. Namun, hingga akhir September 2023, Pavard baru mencatat tiga laga dan belum bisa menembus tempat utama.

Klub-klub EPL tampaknya menjadi konsumen utama dari pemain mahal yang dijual klub Bundesliga pada bursa transfer musim panas 2023. Pasalnya, 6 dari 10 nama dalam daftar ini berlabuh ke klub Inggris. Sedangkan empat lainnya, terbagi ke Serie A Italia, LaLiga Spanyol, dan Ligue 1 Prancis.

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Didapat Liverpool dari Seorang Dominik Szoboszlai

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya