5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu Omorodion

Deretan pemain ternama

Intinya Sih...

  • Chelsea sepakat transfer Samu Omorodion
  • Sejarah pemain Spanyol di Chelsea
  • Kehadiran Marc Guiu sebagai opsi penyerang

Menurut laporan jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, Chelsea dan Atletico Madrid sudah sepakat mengenai transfer Samu Omorodion pada Selasa (6/8/2024). Penyerang muda asal Spanyol itu siap menjadi pemain Chelsea dan akan menjalani tes medis dalam waktu dekat. Untuk mendapatkan pemain tersebut, Chelsea harus membayar 35 juta euro (Rp617 miliar).

Omorodion sendiri bukan satu-satunya penyerang asal Spanyol yang pernah didatangkan Chelsea ke Stamford Bridge. Sebelum dirinya, tercatat ada lima pemain Negeri Matador yang pernah berseragam The Blues. Kelima pemain tersebut terhitung sebagai nama besar.

1. Performa Fernando Torres kurang sesuai harapan

5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu OmorodionFernando Torres (chelseafc.com)

Permainan apik Fernando Torres saat masih berseragam Liverpool benar-benar menarik perhatian. Chelsea menjadi salah satu tim yang kepincut dan akhirnya merealisasikan kedatangan Torres pada musim dingin 2011. Kedatangannya diproyeksikan untuk menggantikan peran Didier Drogba yang mulai tumpul kala itu.

Sayangnya, performa Torres di Chelsea kurang sesuai dengan harapan. Ia lebih sering berkutat dengan cedera dan hanya mampu mencetak 45 gol dan 31 assist dari 172 penampilan selama 3,5 musim. Padahal, banyak pihak yang berharap ia mampu bersinar bersama The Blues.

2. Emosi Diego Costa sempat menyulitkan Chelsea

5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu OmorodionDiego Costa (chelseafc.com)

Diego Costa diboyong Chelsea karena tampil luar biasa bersama Atletico Madrid. Kala itu, ia memiliki label sebagai penyerang yang bengal dan sulit diatur. Meski begitu, Chelsea tetap mengambil risiko untuk mendatangkannya pada musim panas 2014.

Kala berseragam Chelsea, Costa juga tampil sama baiknya seperti saat berseragam Atletico Madrid. Akan tetapi, emosinya kerap membuat ia mendapatkan kartu kala bertanding. Hal tersebut cukup menyulitkan tim. Secara keseluruhan, ia sukses mencetak 59 gol dan 23 assist dari 120 laga selama 3 musim.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pindah ke Atletico Madrid sebelum Gallagher

3. Pedro Rodriguez menghabiskan 5 tahun berseragam Chelsea

5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu OmorodionPedro Rodriguez Ledesma (premierleague.com)

Setelah menghabiskan 7 tahun karier profesionalnya bersama Barcelona, Pedro Rodriguez memilih untuk hengkang. Ia berlabuh ke Chelsea yang meminangnya pada musim panas 2015. Kala itu, ia langsung mendapatkan peran sebagai pemain utama.

Ia membela Chelsea selama 5 tahun, tepatnya pada 2015--2020. Ia berhasil menjadi pemain utama dalam 4 tahun pertama. Sedangkan, pada musim terakhir, ia hanya jadi pemain cadangan. Bermain sebagai pemain sayap, ia mencatatkan 206 pertandingan dengan torehan 43 gol dan 28 assist bersama The Blues.

4. Pembelian mahal Alvaro Morata tak sesuai ekspektasi

5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu OmorodionAlvaro Morata (chelseafc.com)

Alvaro Morata datang ke Chelsea dari Real Madrid pada musim panas 2017. Kala itu, ia datang dengan harga yang tinggi. Dengan uang yang besar, tentu eksepektasi tinggi menghinggapinya saat berseragam Chelsea.

Namun, ekspektasi tinggi penggemar dan manajemen Chelsea harus pupus. Pembelian mahal Morata jauh dari harapan. Morata hanya bisa mencetak 15 gol 48 laga kala berseragam The Blues. Morata sempat dipinjamkan ke Atletico Madrid pada 2019 sebelum akhirnya pindah secara permanen setahun berselang.

5. Marc Guiu baru didatangkan pada musim panas 2024

5 Penyerang Spanyol yang Membela Chelsea sebelum Samu OmorodionMarc Guiu (chelseafc.com)

Marc Guiu baru didatangkan Chelsea dari Barcelona pada musim panas 2024. Pemain berusia 18 tahun ini jelas masih minim pengalaman. Sebelumnya, ia baru bermain secara profesional selama setengah musim untuk Barcelona. 

Jika melihat pemain yang ada, Guiu belum disiapkan sebagai penyerang utama dalam waktu dekat. Namun, ia masih bisa menjadi opsi yang mumpuni sebagai pemain pelapis atau senjata rahasia Chelsea dalam mencetak gol. Meski begitu, ia masih memiliki peluang untuk ditarik sebagai pemain utama jika mampu tampil luar biasa.

Kehadiran Samu Omorodion bisa menjadi solusi jangka panjang bagi Chelsea yang mencari penyerang tajam. Kehadirannya juga membantu Chelsea untuk mengantisipasi kepergian Romelu Lukaku. Ia diyakini mampu bersinar jika bisa beradaptasi dengan cepat.

Baca Juga: Samu Omorodion, Striker Potensial Incaran Chelsea

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya