9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024

Pemain Kroasia gagal eksekusi dua penalti #EURO2024

Cukup banyak momen menarik yang terjadi selama fase grup Euro 2024. Dari kalahnya tim raksasa, merajalelanya gol bunuh diri, banyaknya penalti yang tercipta, hingga munculnya tim-tim kuda hitam. Hal itulah yang menambah keseruan Euro 2024.

Selama fase grup Euro 2024 ada sembilan penalti yang diberikan oleh wasit. Namun, tak semuanya berhasil berbuah gol. Lantas, seperti apa momen yang terjadi dari sembilan penalti tersebut?

1. Kai Havertz (Jerman) sukses tuntaskan penalti pertama di Euro 2024

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Kai Havertz (instagram.com/arsenal)

Kai Havertz menjadi pemain pertama yang mencetak gol melalui tendangan penalti di Euro 2024. Penyerang Timnas Jerman ini melakukannya pada laga pertama Euro 2024 ketika Jerman menghadapi Skotlandia di Grup A. Havertz dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti setelah Ilkay Guendogan dilanggar oleh pemain Skotlandia, Ryan Porteous. Eksekusi Havertz sukses menjebol gawang Skotlandia dan mengubah skor menjadi 3-0. Jerman sendiri menang dengan skor 5-1 atas Skotlandia pada pertandingan tersebut.

Baca Juga: 5 Penyerang Peraih Poin Tertinggi di Euro Fantasy Fase Grup Euro 2024

2. Bruno Petkovic (Kroasia) gagal mencetak gol lewat penalti saat berhadapan dengan Spanyol

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Bruno Petkovic (instagram.com/brunopetkovicofficial)

Kroasia yang tertinggal 0-3 dari Spanyol berusaha mengejar ketertinggalan pada laga pertama Grup B. Mereka pun mendapatkan kesempatan penalti setelah Bruno Petkovic dilanggar oleh Rodri pada menit ke-71. Petkovic pun mengambil sendiri kesempatan penalti tersebut. Akan tetapi, Petkovic justru gagal mengeksekusi bola tersebut karena sepakannya ditepis oleh Unai Simon dari Spanyol. Alhasil, Kroasia tak mampu mencetak gol pada pertandingan tersebut.

3. Gol penalti Marko Arnautovic (Austria) membenamkan Polandia

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Marko Arnautovic (instagram.com/m.arnautovic7)

Marko Arnautovic dipercaya sebagai eksekutor penalti Austria ketika berhadapan dengan Polandia pada matchday kedua Grup D. Ia pun sukses menjalankan tugasnya dengan mencetak penalti ke gawang Polandia pada menit ke-78. Gol Arnautovic tersebut semakin membenamkan Polandia dan membuat skor berubah jadi 3-1 untuk Austria. Gol tersebut juga membuat Polandia tersingkir dari Euro 2024.

4. Georges Mikautadze sempat membawa Georgia unggul atas Ceko

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Selama fase grup Euro 2024, Georges Mikautadze sukses mencetak tiga gol. Dua dari tiga gol Mikautadze tersebut dicetak lewat titik penalti. Salah satunya terjadi ketika Georgia ditahan imbang Ceko dengan skor 1-1 pada matchday kedua Grup F. Mikautadze dipercaya sebagai eksekutor penalti setelah Khvica Kvaratskhelia dijatuhkan di kotak penalti pada menit 45+2. Mikautadze pun sukses mengeksekusi penalti yang membuat Georgia sempat unggul 1-0.

5. Luka Modric (Kroasia) gagal cetak gol ke gawang Italia

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Luka Modric (x.com/EURO2024)

Setelah Bruno Petkovic, kini giliran Luka Modric yang gagal mengeksekusi penalti. Momen tersebut terjadi pada matchday ketiga Grup B ketika Kroasia berhadapan dengan Italia pada laga penentuan. Kala itu, Andrej Kramaric dijatuhkan di kotak penalti pada menit 54. Akan tetapi, Modric gagal mengeksekusi kesempatan emas tersebut karena bola sepakannya ditepis Gianluigi Donnarumma. Meski begitu, Modric mampu membalas kesalahan tersebut dengan mencetak gol melalui situasi open play pada menit 55.

6. Kylian Mbappe sempat membawa Prancis unggul atas Polandia

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Kylian Mbappé (instagram.com/ k.mbappe)

Setelah gagal mencetak gol pada dua matchday awal, Kylian Mbappe akhirnya sukses mencetak gol untuk Prancis pada matchday ketiga. Pada laga kontra Polandia itu, Mbappe mendapatkan golnya lewat titik penalti. Ia pun sukses mengeksekusi kesempatan tersebut dan sempat membawa Prancis unggul 1-0 atas Polandia pada menit 56. Ini sekaligus menjadi catatan gol pertama Mbappe selama beraksi di Euro.

7. Robert Lewandowski (Polandia) membalas gol Kylian Mbappe lewat penalti

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Robert Lewandowski (twitter.com/euro2024)

Polandia yang tertinggal 0-1 dari Prancis akhirnya mampu membalas pada menit 79. Gol Prancis yang dicetak lewat penalti itu kembali dibalas Polandia melalui cara yang sama. Bermula dari aksi Karol Swiderski yang dihentikan Dayot Upamecano, Polandia pun mendapatkan penalti. Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Robert Lewandowski untuk mencetak gol dan mengubah skor menjadi 1-1.

8. Georges Mikautadze bulatkan kemenangan Georgia atas Portugal

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze kembali mencetak gol melalui titik penalti pada matchday ketiga kontra Portugal. Pada laga ini, Mikautadze mencetak golnya pada menit 57. Penalti tersebut tercipta dari aksi Luka Lochoshvili yang dijatuhkan Antonio Silva. Tambahan gol dari Mikautadze ini membuat Georgia membulatkan kemenangan menjadi 2-0 atas Portugal.

9. Razvan Marin bawa Rumania puncaki Grup E

9 Penalti selama Fase Grup Euro 2024Razvan Marin (instagram.com/razvanmarin)

Rumania keluar sebagai juara Grup E dengan koleksi empat poin. Keberhasilan itu bisa didapat karena Razvan Marin sukses membawa Rumania menyamakan kedudukan menjadi 1-1 kala bertemu Slovakia pada matchday terakhir Grup E. Marin sukses mengeksekusi penalti pada menit 37. Ia memanfaatkan penalti yang didapat dari aksi Iannis Hagi.

Serupa denga gol bunuh diri, gol dari penalti juga cukup meramaikan fase grup Euro 2024. Dari 9 penalti yang terjadi, hanya 2 yang gagal berbuah gol. Sialnya, kedua kegagalan penalti itu didapat oleh pemain Kroasia, Bruno Petkovic dan Luka Modric.

Baca Juga: 3 Negara yang Kalah di Final Euro saat Jadi Tuan Rumah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya