6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de Ligt

Nomor 4 sering dipakai bek

Untuk memperkuat lini pertahanan, Manchester United akhirnya membeli Matthijs de Ligt dari Bayern Munich. Uang besar harus dikeluarkan untuk memboyong bek tangguh asal Belanda ini. Namun, hal tersebut sebetulnya sepadan dengan kualitas yang dijanjikannya.

Saat diperkenalkan, De Ligt telah memilih nomor punggung 4 sebagai nomor punggung barunya di Manchester United. Nomor tersebut adalah nomor favoritnya dan sering ia gunakan kala membela klub-klub lain. Namun, ia belum bisa mengenakannya kala membela Timnas Belanda.

Nomor 4 juga cukup keramat di Manchester United dan sering dipakai oleh bek tengah. Sebelum De Ligt terdapat beberapa nama besar yang pernah memakainya. Sebagai gambaran, yuk, simak ulasan mengenai 6 pemilik nomor punggung 4 Manchester United sebelum De Ligt!

1. Gabriel Heinze 3 musim mengenakan nomor 4 di Manchester United

6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de LigtGabriel Heinze (manutd.com)

Nama yang pertama ialah Gabriel Heinze, bek asal Argentina yang bermain untuk Manchester United dari 2004--2007. Dalam 3 musim tersebut, ia selalu mengenakan nomor punggung 4. Selama berseragam The Red Devils, ia tampil sangat solid di lini pertahanan. Namun, ia sempat mengalami kesulitan pada musim kedua akibat cedera. Meski begitu, ia masih bisa mencatat 83 laga dengan torehan 4 gol dan 3 assist.

2. Nomor punggung 4 jadi nomor pertama Jonny Evans di Manchester United

6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de LigtJonny Evans (manutd.com)

Jonny Evans merupakan pemain yang berasal dari akademi Manchester United. Ia pertama kali promosi ke tim utama pada 2006/2007. Kala itu, ia cukup berani dengan mengambil nomor punggung 4 yang notabene untuk pemain tim senior. Akan tetapi, ia tak bertahan lama dengan nomor punggung tersebut.

3. Nemanja Vidic lebih identik dengan nomor punggung 15

6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de LigtNemanja Vidic (x.com/ManUtd)

Nemanja Vidic lebih akrab dengan nomor punggung 15 ketika membela Manchester United. Hal ini cukup wajar mengingat bek asal Serbia ini mengenakannya lebih dari 8 tahun. Namun, banyak yang tak tahu bahwa Vidic pernah mengenakan nomor punggung 4 di Manchester United.

Momen tersebut terjadi pada paruh kedua 2007/2008. Bicara soal performa, ia jelas merupakan seorang legenda di Setan Merah dengan segala kemampuannya menjaga lini pertahanan.

Baca Juga: 5 Bek Belanda yang Membela Manchester United sebelum Matthijs de Ligt

4. Karier Owen Hargreaves rusak akibat cedera

6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de LigtOwen Hargreaves (manutd.com)

Owen Hargreaves mengenakan nomor punggung 4 selama berseragam Manchester United. Momen tersebut terjadi selama 4 tahun, tepatnya pada 2007--2011. Akan tetapi, karier gelandang asal Inggris ini benar-benar hancur akibat cedera bersama The Red Devils. Sebab, ia hanya mampu mencatat 39 laga dengan torehan 2 gol dan 2 assist.

5. Performa Phil Jones jauh dari ekspektasi

6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de LigtPhil Jones (premierleague.com)

Phil Jones bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2011. Kala itu, Sir Alex Ferguson menyebut jika Jones bisa menjadi bek masa depan Manchester United. Akan tetapi, cedera membuat performanya meredup dan jarang dimainkan bersama Manchester United. Selama 12 tahun mengenakan nomor punggung 4, ia memainkan 229 laga dengan sumbangan 6 gol dan 8 assist. Ia pun dilepas secara gratis pada musim panas 2023.

6. Sofyan Amrabat hanya jadi pemain pinjaman selama semusim

6 Pemilik Nomor 4 Manchester United sebelum Matthijs de LigtSofyan Amrabat (manutd.com)

Pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung 4 sebelum Matthijs De Ligt adalah Sofyan Amrabat. Gelandang asal Maroko ini dipinjam Manchester United dari Fiorentina untuk 2023/2024. Selama semusim, ia mencatat 30 pertandingan. Akan tetapi, penampilannya dinilai kurang memuaskan untuk dipermanenkan.

Harapan besar manajemen dan penggemar Manchester United jelas sangat besar untuk Matthijs De Ligt. Sebab, pemain berkebangsaan Belanda ini sudah dikenal memiliki kualitas yang mumpuni. Itu sangat diperlukan untuk memperkuat lini pertahanan Setan Merah.

Baca Juga: MU Ogah Permanenkan Amrabat, Fiorentina Siap Turunkan Harga

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya