6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair Mazraoui

Sering dipakai oleh bek sayap

Intinya Sih...

  • Noussair Mazraoui dipilih sebagai pemain dengan nomor punggung 3 terbaru di Manchester United
  • Sebelumnya, 6 pemain lain seperti Lee Sharpe dan Patrice Evra pernah memakai nomor punggung yang sama
  • Meski tidak ada beban besar, Mazraoui harus bermain baik untuk memenuhi harapan penggemar dan manajemen klub

Bersamaan dengan datangnya Matthijs de Ligt, Manchester United juga mendatangkan Noussair Mazraoui dari Bayern Munich. Pemain asal Maroko ini diperkenalkan tanpa nomor punggung. Namun, beberapa hari kemudian, ia memilih nomor 3 sebagai nomor punggung barunya di The Red Devils.

Nomor punggung tersebut memang sangat cocok digunakan oleh seorang bek sayap seperti Mazraoui. Di Manchester United, nomor tersebut kerap digunakan oleh seorang bek. Akan tambah menarik kalau kita mengetahui kiprah enam pemilik nomor 3 Manchester United sebelum Noussair Mazraoui.

1. Lee Sharpe sangat sering berganti nomor punggung

6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair MazraouiLee Sharpe (manutd.com)

Lee Sharpe membela Manchester United selama 8 tahun (1988--1996). Selama berseragam The Red Devils, ia kerap kali bergonta-ganti nomor punggung. Salah satu nomor punggung yang ia gunakan adalah nomor punggung 3. Ketika membela Manchester United, pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini cukup andal. Ia mencatat 182 pertandingan dengan torehan 26 gol dan 28 assist.

2. Phil Neville konsisten mengenakan nomor punggung 3 dalam 3 musim terakhirnya

6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair MazraouiPhil Neville (twitter.com/ManUtd)

Serupa dengan Lee Sharpe, Phil Neville juga sangat sering berganti nomor punggung di Manchester United. Namun, pada 3 musim terakhirnya di klub ini (2002--2005), ia konsisten mengenakan nomor punggung 3. Bicara soal performa, ia tampil cukup mentereng di Manchester United. Bersama sang kakak, Gary Neville, ia tampil sebagai pilihan utama untuk posisi bek sayap. Ada total 8 gol dan 19 assist yang ia ciptakan di Manchester United.

3. Patrice Evra mengenakan nomor punggung 3 selama 9 tahun

6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair MazraouiPatrice Evra (manutd.com)

Patrice Evra menjadi salah satu bagian dari masa keemasan Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Kombinasinya bersama Gary Neville, Nemanja Vidic, dan Rio Ferdinand membuat lini pertahanan The Red Devils aman. Bek asal Prancis ini membela Manchester United selama 9 tahun (2005--2014) dan setia mengenakan nomor punggung 3. Dalam kurun waktu tersebut, ia menorehkan 10 gol dan 40 assist dari 379 laga.

Baca Juga: 9 Rekor EPL yang Masih Dipegang Manchester United

4. John O'Shea lebih ikonis dengan nomor punggung 22

6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair MazraouiJohn O'Shea (instagram.com/bcfc)

Meski berperan sebagai pemain cadangan, John O'Shea sangat setia di Manchester United. Ia bertahan selama 12 tahun (1999--2011) di klub ini. Selama pengabdiannya, ia lebih akrab dengan nomor punggung 22. Namun, banyak yang tak tahu jika pemain asal Republik Irlandia ini pernah mengenakan nomor punggung 3. Momen tersebut terjadi pada 2007/2008.

5. Nomor punggung 3 jadi nomor pertama Luke Shaw di Manchester United

6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair MazraouiLuke Shaw (manutd.com)

Luke Shaw bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2014. Saat pertama kali bergabung dengan The Red Devils, ia lebih dahulu mengenakan nomor punggung 3. Namun, pada musim keduanya, ia mengganti nomor punggungnya dari 3 menjadi 23. Hingga kini, Shaw masih berseragam Manchester United dan jadi salah satu pemain andalan.

6. Eric Bailly sempat apik saat debut sebelum menghilang

6 Pemilik Nomor 3 Manchester United sebelum Noussair MazraouiEric Bailly (premierleague.com)

Eric Bailly bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2016 dengan nomor punggung 3. Pemain asal Pantai Gading ini sempat bermain apik pada musim pertamanya. Akan tetapi, penampilan apik itu hilang pada 5 musim setelahnya. Hal ini bisa terjadi karena cedera yang keran ia derita. Alhasil, Bailly hanya bisa mencatat 113 penampilan selama 6 musim berseragam The Red Devils.

Sebetulnya tak ada beban besar bagi Noussair Mazraoui dalam mengakuisisi nomor punggung 3 di Manchester United. Namun, ia tetap harus bermain baik bersama klub ini. Sebab, penggemar dan manajemen Manchester United tentu menyimpan harapan besar baginya.

Baca Juga: 3 Pemain Belanda yang Cetak Gol Debut Bersama Manchester United di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya