6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum Artem Dovbyk

Rata-rata sulit bersinar

Intinya Sih...

  • Artem Dovbyk resmi gabung AS Roma seharga 30,5 juta euro dari Girona.
  • Beberapa pemain AS Roma dari Spanyol sebelumnya tak banyak bersinar, seperti Steven Nzonzi dan Carles Perez.
  • Peluang besar bagi Dovbyk untuk bersinar, tapi harus bersaing dengan Tammy Abraham dan Eldor Shomurodov.

AS Roma resmi memperkenalkan Artem Dovbyk sebagai salah satu rekrutan anyar mereka pada Jumat (2/8/2024). Top scorer LaLiga Primera Spanyol 2023/2024 ini diboyong dari Girona seharga 30,5 juta euro (Rp528 miliar). Padahal, sang pemain baru semusim berseragam Girona.

AS Roma sendiri memang sangat sering mendatangkan pemain dari tim Spanyol. Sebelum Dovbyk, terdapat sejumlah pemain yang melakukan hal tersebut. Sayangnya, mereka tak banyak yang bersinar. Sebagai gambaran mengenai performa pemain AS Roma yang diboyong dari tim Spanyol, inilah ulasan mengenai enam pemain di antaranya.

1. Steven Nzonzi gagal bersinar di AS Roma

6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum  Artem DovbykSteven Nzonzi (asroma.com)

Steven Nzonzi diboyong AS Roma dari Sevilla pada musim panas 2018 karena menunjukkan permainan mentereng di Piala Dunia 2018. Akan tetapi, gelandang berkebangsaan Prancis ini justru tak begitu bersinar bersama I Giallorossi. Ia hanya mampu bertahan selama semusim dengan torehan 39 penampilan dengan sumbangan 1 gol. Nzonzi juga sempat dipinjamkan ke Galatasaray dan Stade Rennes sebelum dilepas ke Al Rayyan pada musim panas 2021.

2. Nikola Kalinic terhambat cedera

6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum  Artem DovbykNikola Kalinic (asroma.com)

Nikola Kalinic didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Penyerang asal Kroasia sebetulnya berpotensi untuk memberikan torehan hebat bersama AS Roma. Sayangnya, ia mengalami cedera patah tulang fibula ketika berseragam tim ini. Oleh karena itu, ia hanya mampu mencatat 5 gol dan 2 assist dari 19 laga.

3. Pau Lopez sempat jadi andalan AS Roma selama 2 musim

6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum  Artem DovbykPau Lopez (asroma.com)

Pau Lopez didatangkan dari Real Betis pada musim panas 2019. Kiper berkebangsaan Spanyol ini sempat tampil baik dan dipilih sebagai kiper utama AS Roma. Namun, ia mulai tergantikan seiring datangnya Jose Mourinho yang turut membawa Rui Patricio sebagai kiper anyar. Oleh karena itu, ia hengkang ke Olympique Marseille pada 2021. Total 76 laga dengan torehan 17 nirbobol berhasil ia bukukan.

Baca Juga: 4 Winger Argentina yang Bermain di AS Roma sebelum Matias Soule

4. Gonzalo Villar tak begitu istimewa bersama AS Roma

6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum  Artem DovbykGonzalo Villar (asroma.com)

Gonzalo Villar didatangkan AS Roma dari Elche pada musim dingin 2020. Dari 3 tahunnya bersama AS Roma, ia hanya efektif bermain selama 2 tahun. Sebab, pada musim ketiganya, ia dipinjamkan ke Getafe dan Sampdoria. Selama berseragam I Giallorossi, ia tampil biasa saja dan tak begitu istimewa dengan torehan 1 assist dari 64 laga sebagai seorang gelandang. Setelah berseragam AS Roma, Villar pun pindah ke Granada pada musim panas 2023.

5. Carles Perez hanya jadi pelengkap di AS Roma

6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum  Artem DovbykCarles Perez (asroma.com)

Carles Perez awalnya datang sebagai pemain pinjaman dari Barcelona pada musim dingin 2020. Pada akhir musim tersebut, ia pun dipermanenkan. Akan tetapi, performanya tak begitu istimewa di AS Roma. Ia lebih sering jadi pemain cadangan yang terkesan jadi pelengkap tim. Tak heran ia hanya mampu mencatat 6 gol dan 7 assist dari 76 laga sebagai seorang winger.

6. Borja Mayoral dipinjam AS Roma selama 2 musim dari Real Madrid

6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum  Artem DovbykBorja Mayoral (asroma.com)

Borja Mayoral didatangkan dari Real Madrid pada musim panas 2020 untuk memperkuat lini serang. Ia dipinjam dengan durasi 2 tahun. Penyerang asal Spanyol ini sebetulnya bermain cukup baik. Namun, kedatangan Tammy Abraham membuat ia kehilangan posisi sebagai penyerang utama. Oleh karena itu, ia hanya mampu mencatat 18 gol dan 8 assist dari 55 pertandingan.

Artem Dovbyk sebetulnya memiliki peluang yang sangat besar untuk bersinar bersama AS Roma. Hal ini mengingat penampilan apiknya di Girona yang bisa berlanjut musim depan. Namun, ia juga harus waspada dengan Tammy Abraham dan Eldor Shomurodov yang justru bisa melesat musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pindah dari Juventus ke AS Roma dalam 20 Tahun Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya