5 Pemain Vital di Skuad Turki Selama Euro 2024

Arda Guler paling mentereng #EURO2024

Intinya Sih...

  • Turki tersingkir dari Euro 2024 karena kalah 1-2 dari Belanda di babak delapan besar, namun penampilan mereka tak mengecewakan.
  • Pemain vital Turki selama Euro 2024 antara lain Merih Demiral yang menjadi Man of the Match, Ferdi Kadioglu dengan statistik bertahan dan menyerang mentereng, serta Mert Muldur yang tampil baik dari sisi sayap.
  • Kapten Hakan Calhanoglu menjadi kunci permainan di lini tengah Turki dengan kontribusi dalam mencetak gol dan statistik playmaking yang mentereng. Arda Guler juga mencetak gol ke gawang Georgia pada matchday pertama Euro 2024.

Sempat digadang-gadang akan membuat kejutan yang lebih besar, kiprah Turki di Euro 2024 justru terhenti pada babak delapan besar. Turki harus tersingkir dari Euro 2024 karena kalah dari Belanda dengan skor 1-2. Meski begitu, Euro 2024 tak begitu mengecewakan.

Permainan apik Turki selama Euro 2024 bisa terjadi karena peran kelima pemain ini. Mereka adalah pemain yang tampil apik sehingga layak disebut sebagai pemain vital Turki selama Euro 2024. Siapa sajakah mereka?

1. Merih Demiral punya peran besar meloloskan Turki ke babak delapan besar

5 Pemain Vital di Skuad Turki Selama Euro 2024Merih Demiral (instagram.com/merihdemiral)

Nama yang pertama ialah Merih Demiral. Meski memiliki pengalaman dan popularitas yang mentereng, Demiral tak sepenuhnya menjadi pemain inti Turki di Euro 2024. Ia masih sering bergantian dengan Samet Akaydin dan Abdulkarim Bardakci untuk mengawal posisi bek tengah.

Namun, permainan apik Demiral pada babak 16 besar kala Turki bertemu dengan Austria membuat ia layak masuk daftar ini. Pada laga tersebut, Demiral menjadi Man of the Match berkat torehan dua golnya. Torehan tersebut membuat Turki menang 2-1 dan berhak lolos ke babak delapan besar.

2. Meski tak mencetak gol atau assist, Ferdi Kadioglu paling mentereng soal statistik

5 Pemain Vital di Skuad Turki Selama Euro 2024Ferdi Kadioglu (instagram.com/ferdikadioglu)

Ferdi Kadioglu menjadi pemain Turki yang paling banyak diperbincangkan selama Euro 2024. Bek kiri Fenerbahce ini memang tak mencetak gol maupun assist selama Euro 2024. Namun, statistik dan peran aktifnya di sayap kiri membuat ia jadi sorotan.

Secara bertahan, Kadioglu mencatat rata-rata 2 clearence, 1,4 intersep, 3,6 tekel, 5 ball recovered, dan 73 persen kemenangan duel. Sedangkan, saat menyerang, Kadioglu cukup mentereng dengan menciptakan 2,4 peluang, 69,6 sentuhan, dan 86 persen akurasi umpan. Kadioglu juga menjadi 1 dari 2 pemain Turki yang bermain 450 menit selama Euro 2024.

Baca Juga: 3 Pemain Turki Termuda yang Mencetak Gol di Euro

3. Mert Muldur bermain sangat mobile di sisi kanan

5 Pemain Vital di Skuad Turki Selama Euro 2024Mert Muldur (instagram.com/mert.m99)

Tak jauh berbeda dengan Ferdi Kadioglu, Mert Muldur juga tampil mentereng dari sisi sayap. Muldur yang berposisi sebagai bek kanan sangat mobile saat Turki berlaga. Ia ikut dalam menyerang dan tak lupa bertahan.

Muldur juga sempat menyumbang satu gol kala Turki menang atas Georgia pada matchday pertama Euro 2024. Bicara soal statistik bertahan, Muldur mencatat rata-rata 2,5 clearence, 1,3 intersep, 1,8 tekel, 2,8 ball recovered, dan 63 persen kemenangan duel. Sedangkan saat membantu penyerangan, Muldur mencatat rata-rata 0,3 peluang, 56,5 sentuhan, dan 81 persen akurasi umpan.

4. Hakan Calhanoglu jadi jenderal lapangan tengah Turki

5 Pemain Vital di Skuad Turki Selama Euro 2024Hakan Calhanoglu (instagram.com/hakancalhanoglu)

Permainan apik Turki selama Euro 2024 tampaknya tak akan terwujud bila tak ada peran besar sang kapten, Hakan Calhanoglu. Gelandang Inter Milan itu benar-benar menjadi kunci permainan di lini tengah Turki. Ia memiliki tugas ganda sebagai penjegal dan penyalur bola di lapangan.

Calhanoglu juga ikut serta dalam mencetak satu gol, tepatnya di laga kontra Ceko pada fase grup. Calhanoglu juga memiliki statistik yang mentereng, khususnya dalam playmaking. Ia mencatat rata-rata 0,8 peluang, 75 sentuhan, 94 persen akurasi umpan, 50 persen keberhasilan drible, serta 41 persen kemenangan duel.

5. Arda Guler paling mentereng soal gol dan assist

5 Pemain Vital di Skuad Turki Selama Euro 2024Arda Guler (instagram.com/ardaguler)

Pemain Turki yang jadi sorotan utama selama Euro 2024 ialah Arda Guler. Pemain Real Madrid ini memang telah disorot sebelum turnamen dimulai. Saat Euro 2024 bergulir, Guler menunjukkan kualitasnya dengan mencetak gol ke gawang Georgiia pada matchday pertama. Gol tersebut membuat Guler menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Euro.

Secara keseluruhan, Guler mencetak 1 gol dan 2 assist selama Euro 2024. Itu merupakan torehan tertinggi dalam hal produktivitas. Catatan tersebut terkumpul dari 342 menit yang ia mainkan dalam 5 laga.

Lima pemain ini merupakan pemain yang dinilai tampil paling vital. Selain kelima nama ini, sejumlah pemain Turki lain juga layak mendapat apresiasi. Sebut saja Kaan Ayhan, Baris Alper Yilmaz, dan Cenk Tosun yang jadi penentu lolosnya Turki ke fase gugur.

Baca Juga: Rapor Turki di 5 Edisi Euro Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya