5 Pemain Timnas Belanda dengan Performa Terbaik di Euro 2024

Didominasi pemain bertahan #EURO2024

Belanda berhasil mencapai semifinal Euro 2024. Meski lolos ke babak gugur lewat jalur tim ketiga terbaik pada fase grup, mereka mampu mengadang lawannya kemudian. Belanda sampai ke semifinal setelah mengalahkan Rumania dan Turki. Sayangnya, mereka tumbang di tangan Inggris.

Dari 26 pemain di skuad Belanda, 5 pemain ini lantas dinilai sebagai yang terbaik. Mereka menunjukkan kemampuan agar Belanda dapat ke semifinal. Kebanyakan dari pemain itu beroperasi sebagai pemain bertahan. Siapa sajakah pemain Timnas Belanda dengan performa terbaik di Euro 2024 yang dimaksud?

1. Bart Verbruggen terbukti mampu diandalkan

5 Pemain Timnas Belanda dengan Performa Terbaik di Euro 2024Bart Verbruggen (instagram.com/bartverbruggen1)

Ronald Koeman membawa tiga kiper untuk Euro 2024, yakni Bart Verbruggen, Justin Bijlow, dan Mark Flekken. Dari ketiga nama tersebut, Koeman justru memilih kiper termuda, yaitu Verbruggen. Meski awalnya diragukan karena minim pengalaman, Verbruggen justru mampu tampil bersinar dan diandalkan.

Verbruggen tak pernah tergantikan semenit pun selama Euro 2024. Secara statistik, Verbruggen mencatat 18 penyelamatan, 3 pukulan, 5 high claim, dan 8 clearence. Ia layak menempati posisi kiper utama Belanda untuk masa yang akan datang,

2. Virgil van Dijk jadi kunci di lini pertahanan

5 Pemain Timnas Belanda dengan Performa Terbaik di Euro 2024Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Pemain lain yang tak pernah tergantikan di setiap menit yang dijalani Belanda di Euro 2024 ialah Virgin van Dijk. Bek Liverpool ini memiliki peran yang sangat besar sebagai pemimpin tim. Di samping itu, Van Dijk juga punya kualitas yang membuatnya jadi kunci di lini pertahanan.

Secara statistik, Van Dijk juga memiliki torehan yang mentereng. Ia mencatat rata-rata 6 clearence, 0,3 intersep, 0,7 tekel, 2,3 ball recovered, dan 63 persen kemenangan duel. Penampilan apiknya itu membawa Belanda hingga semifinal dengan torehan dua nirbobol.

Baca Juga: Rapor Keikutsertaan Belanda pada 5 Edisi Euro Terakhir

3. Nathan Ake tampil sebagai pemain versatile

5 Pemain Timnas Belanda dengan Performa Terbaik di Euro 2024Nathan Ake (instagram.com/nathanake)

Meski berposisi asli sebagai bek tengah, Nathan Ake tampaknya sudah sangat cakap menjalani peran sebagai bek kiri. Peran tersebut juga ia jalani saat membela Timnas Belanda di Euro 2024. Hebatnya lagi, Ake mampu memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang hebat.

Ake bermain 6 laga dengan rincian 474 menit bermain. Dalam kurun waktu tersebut ia mencatat rata-rata 2 clearence, 1 intersep, 1,2 tekel, 1,8 ball recovered, dan 52 persen kemenangan duel. Di samping itu, Ake juga menyumbang dua assist. 

4. Xavi Simons menciptakan assist terbanyak di skuad Belanda

5 Pemain Timnas Belanda dengan Performa Terbaik di Euro 2024Xavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons ternyata mampu menularkan permainan apiknya di klub saat membela Timnas Belanda. Bersama negaranya, Simons tampil sangat kreatif sebagai sumber utama assist. Ia mampu menciptakan hal tersebut dengan bermain sebagai winger dan gelandang serang.

Simons sendiri mencatat 1 gol dan 3 assist dari 6 laga di Euro 2024. Simons tak selalu bermain selama 90 menit sehingga ia hanya menjalani 457 menit. Meski begitu, kontribusinya untuk Belanda sangat besar.

5. Cody Gakpo paling bersinar di Euro 2024

5 Pemain Timnas Belanda dengan Performa Terbaik di Euro 2024Cody Gakpo (fifa.com)

Cody Gakpo menjadi pemain Belanda yang paling bersinar di Euro 2024. Pemain Liverpool ini menjadi yang paling tajam di antara 26 pemain di skuad Belanda. Ia mencatat 3 gol dan 1 assist sebagai seorang winger kiri.

Kehebatan Gakpo ini diakui dengan dua penghargaan Man of the Match yang ia dapatkan. Penghargaan tersebut diraihnya pada matchday pertama kontra Polandia dan pada babak 16 besar kontra Rumania. Bahkan sejauh ini, Gakpo masih menjadi top scorer sementara Euro dengan koleksi 3 gol bersama 5 pemain lainnya.

Prestasi Belanda di Euro 2024 patut diacungi jempol. De Oranje mampu menembus semifinal dengan permainan yang jauh dari kata mengecewakan. Belanda tampil kolektif sebagai sebuah tim dan sejumlah pemain mampu tampil menonjol sebagai seorang individu.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Termuda Belanda di Euro sejak 1976

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya