6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024

Mayoritas gelandang #EURO2024

Intinya Sih...

  • Spanyol juara Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris 2-1 di final.
  • Unai Simon, Rodri, Fabian Ruiz, Dani Olmo, Lamine Yamal, dan Nico Williams menjadi pahlawan Spanyol dengan kontribusi gemilang selama turnamen.
  • Pemain muda seperti Lamine Yamal dan Nico Williams juga turut menyumbang gol dan assist penting bagi kemenangan Spanyol.

Spanyol akhirnya keluar sebagai juara Euro 2024. Kepastian tersebut didapat setelah mereka berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 pada babak final yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman. Ini menjadi gelar juara Euro keempat bagi La Furia Roja.

Keberhasilan meraih juara Euro 2024 tentu memberikan rasa bangga bagi masyarakat dan penggemar Spanyol. Mereka patutnya berterima kasih kepada enam pemain ini yang telah menunjukkan performa baik selama Euro 2024. Untuk mengetahui pemain yang dimaksud, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Unai Simon tampil gemilang di bawah mistar La Furia Roja

6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024Unai Simon (instagram.com/sefutbol)

Unai Simon memang layak ditunjuk sebagai kiper utama Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Kiper Athletic Bilbao ini layak untuk dipercaya guna memberi rasa aman karena memiliki performa yang gemilang. Sepanjang Euro 2024, Simon mencatat 6 penampilan dengan koleksi 2 nirbobol. Secara statistik, Simon mencatat rata-rata 15 penyelamatan, 4 high claim, dan 3 clearence.

2. Rodri jadi Player of the Tournament Euro 2024

6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024Rodri (mancity.com)

Rodri memegang peranan penting dalam menjaga alur bola di lini tengah Spanyol. Sebagai gelandang bertahan, Rodri tampil ciamik dalam mengalirkan bola dan menjegal penyerangan lawan. Ia benar-benar sulit untuk tergantikan. Dari 6 laga yang ia jalani di Euro 2024, Rodri ikut mencetak 1 gol. Berkat permainan apiknya ini, Rodri pun diberi penghargaan Player of the Tournament Euro 2024.

3. Fabian Ruiz dominan di lini tengah

6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024Fabian Ruiz (instagram.com/fabianruiz52)

Berkat penampilan apik Rodri, Fabian Ruiz pun mampu menjalankan tugasnya sebagai playmaker dengan bebas. Ruiz tampil sangat dominan dalam hal membagi bola, mengatur ritme permainan, dan mengambil keputusan. Kebanyakan gol yang dicetak Spanyol di Euro 2024 berasal dari Ruiz. Bicara soal torehan pribadi, Ruiz juga cukup mentereng. Ia mencetak 2 gol dan 2 assist dari 6 laga selama Euro 2024.

Baca Juga: Gila, Spanyol Ternyata Digdaya di Timnas dan Klub

4. Dani Olmo mampu memanfaatkan momen dengan baik

6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024Dani Olmo (fifa.com)

Pada awalnya, Dani Olmo diplot sebagai pemain pelapis di Euro 2024. Namun, cederanya Pedri membuat Olmo mendapatkan peluang menjadi pemain utama. Olmo pun tak menyia-nyiakan peluang tersebut. Alhasil, ia mampu menjadi pemain utama Spanyol, terhitung dari fase gugur. Olmo sendiri sukses mencetak 3 gol dan 2 assist dari 6 laga yang membuatnya terpilih sebagai top scorer Euro 2024.

5. Lamine Yamal jadi sorotan sepanjang turnamen

6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024Lamine Yamal (instagram.com/lamineyamal)

Dengan kualitas dan performa apik yang ia tampilkan, Lamine Yamal menjadi sorotan utama Timnas Spanyol di Euro 2024. Pemain Barcelona ini sukses mencatat rekor sebagai pencetak gol, assist, dan pemain termuda dalam sejarah Euro pada Euro 2024. Bicara soal penampilan, Yamal pun cukup memuaskan. Ia mencetak 1 gol dan 4 assist sepanjang turnamen.

6. Nico Williams raih dua penghargaan Man of the Match

6 Pemain Terpenting yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024Nico Williams (twitter.com/EURO2024)

Nico Williams juga layak masuk daftar ini. Pasalnya, Williams tampil tak jauh berbeda dengan Lamine Yamal. Bahkan, Williams jadi pahlawan Spanyol pada babak final karena torehan golnya yang sempat membuka keunggulan. Selama Euro 2024, ia sukses meraih dua penghargaan Man of the Match. Selain itu, Williams juga mencatat 2 gol dan 1 assist dari 6 laga.

Spanyol memang sangat layak menjadi juara Euro 2024. Generasi baru yang dibangun Luis de la Fuente ini benar-benar menyuguhkan permainan yang menghibur dengan kombinasi pemain muda dan senior yang cukup padu. Dari 26 pemain yang ada, 6 pemain inilah yang layak mendapatkan apresiasi lebih.

Baca Juga: 3 Pemain Kelahiran Navarre yang Membela Spanyol di Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya