6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024

Babak 16 besar adalah prestasi tertinggi Slovakia #EURO2024

Slovakia resmi tersingkir dari persaingan Euro 2024. Negara yang beribu kota di Bratislava ini kalah dari Inggris dengan skor 1-2 pada babak 16 besar. Slovakia sempat unggul 1-0 dan hampir memenangkan laga. Namun, gol dari Jude Bellingham memaksa laga berlanjut ke extra time sebelum akhirnya Harry Kane mencetak gol penentu untuk Inggris.

Sebagai negara nonunggulan, perjalanan Slovakia di Euro 2024 terhitung cukup baik. Sejumlah pemain Slovakia juga menarik perhatian berkat performa apiknya. Dari 26 pemain di skuad Slovakia, inilah 6 pemain dengan performa terbaik pada Euro 2024.

1. Martin Dubravka amankan gawang Slovakia

6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024Martin Dubravka (newcastleunited.com)

Martin Dubravka tak pernah semenit pun digantikan selama Euro 2024. Padahal, ada Marek Rodak dan Henrich Rivas yang kualitasnya tak jauh berbeda dengannya. Namun, pengalaman jadi alasan utama mengapa kiper kedua Newcastle United ini menjadi pilihan utama di Slovakia. Dari 4 laga yang ia jalani, Dubravka cukup baik dalam mengamankan gawang negaranya. Ia mencatat 12 penyelamatan, 8 pukulan, 1 high claim, dan 11 clearence

2. David Hancko rela berganti posisi demi taktik

6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024David Hancko (instagram.com/davidhancko)

David Hancko sebetulnya berposisi sebagai bek tengah. Demi memenuhi taktik pelatih Slovakia, Francesco Calzona, Hancko pun rela digeser ke posisi bek kiri untuk Euro 2024. Meski bermain di luar posisi aslinya, Hancko tetap tampil gemilang. Secara statistik, Hancko mencatat rata-rata 2,3 clearence, 0,6 intersep, 2,5 tekel, 4,3 ball recovered, dan 45 persen kemenangan duel. 

3. Milan Skriniar punya kepercayaan besar di skuad Slovakia

6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024Milan Skriniar (psg.fr)

Sebagai seorang kapten dan pemain ternama, Milan Skriniar tentu sangat dipercaya oleh rekan, staff, dan penggemar Slovakia. Skriniar pun sanggup memenuhi kepercayaan tersebut dengan menampilkan performa yang apik. Ia tampil hebat di lini pertahanan dan tak pernah tergantikan semenit pun, termasuk pada babak extra time kontra Inggris di fase 16 besar. Ia mencatat rata-rata 4,3 clearence, 0,5 tekel, 0,8 intersep, 3,8, ball recovered, dan persentase kemenangan duel sebesar 57 persen. Skriniar benar-benar layak untuk diandalkan.

Baca Juga: Rapor Keikutsertaan Timnas Slovakia di Euro, Mentok 16 Besar

4. Stanislav Lobotka dapatkan dua Man of the Match

6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024Stanislav Lobotka saat membela Timnas Slovakia. (instagram.com/stanleylobotka37)

Stanislav Lobotka layak disebut sebagai pemain terbaik Slovakia selama Euro 2024. Meski tak mencetak gol maupun assist, Lobotka sukses meraih dua penghargaan Man of the Match selama turnamen ini. Itu didapatkan ketika Lobotka dan Slovakia bermain di fase grup. Jika melihat gaya bermain yang ia tunjukkan, Lobotka memang sangat layak mendapatkan penghargaan tersebut. Pasalnya, ia merupakan seorang pekerja keras yang tanpa henti berlari di lini tengah.

5. Ondrej Duda mencetak gol krusial

6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024Ondrej Duda (instagram.com/hellasveronafc)

Selama Euro 2024, hanya ada dua pemain Slovakia yang berhasil mencetak gol. Salah satunya ialah Ondrej Duda, pemain senior yang beroperasi di lini tengah. Duda sendiri mencetak golnya itu kala Slovakia bermain melawan Rumania di fase grup. Golnya itu terrhitung krusial. Jika Duda tak mencetak gol pada laga kontra Rumania, Slovakia akan kalah pada matchday ketiga dan tak akan lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

6. Ivan Schranz jadi sumber utama gol Slovakia

6 Pemain Terpenting Timnas Slovakia selama Euro 2024Ivan Schranz (instagram.com/schranzi26)

Pemain lain yang mencetak gol untuk Slovakia selama Euro 2024 ialah Ivan Schranz. Winger berusia 30 tahun ini terbukti menjadi sumber utama dari gol-gol Slovakia. Pasalnya, Schranz mencetak 3 dari 4 gol Slovakia pada turnamen ini. Torehannya itu jelas sangat membantu Slovakia berjaya di Euro 2024.

Dengan materi pemain yang terhitung biasa saja, Slovakia patut berbangga bisa menembus babak 16 besar. Ini bukan prestasi yang hebat, tetapi masih cukup bergengsi bagi mereka. Prestasi terbesar Slovakia di Euro sendiri hanya sampai babak ini.

Baca Juga: Slovakia Sentil Inggris: Takut Mainnya!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya