6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024

Skotlandia kembali gagal ke fase grup #EURO2024

Intinya Sih...

  • Skotlandia finis di posisi keempat di grup A Euro 2024, di bawah Jerman, Swiss, dan Hungaria dengan koleksi satu poin.
  • Angus Gunn tampil heroik dengan 12 penyelamatan, Grant Hanley jadi bek Skotlandia paling disiplin, dan Scott McTominay mencetak satu-satunya gol bagi Skotlandia.
  • Andy Robertson konsisten sebagai kapten tim, Callum McGregor memberikan kontribusi besar meski bukan pemain utama, Skotlandia selalu gagal lolos dari fase grup pada setiap turnamen major.

Timnas Skotlandia resmi tersingkir dari Euro 2024. Negara yang beribu kota di Edinburgh ini harus puas finis di posisi keempat di Grup A Euro 2024. Mereka berada di bawah Jerman, Swiss, dan Hungaria dengan koleksi satu poin.

Meski gagal berprestasi pada edisi kali ini, credit point tetap layak diberikan kepada sejumlah nama. Mereka adalah pemain-pemain yang memiliki performa terbaik selama Skotlandia berkiprah di Euro 2024. Dari 26 pemain yang memperkuat Timnas Skotlandia di Euro 2024, inilah 6 pemain terpentingnya.

1. Angus Gunn tampil heroik di bawah mistar

6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024Angus Gunn (instagram.com/angusgunn01)

Angus Gunn memang tak pernah mencatat cleansheet dari tiga laga yang ia jalani di Euro 2024. Bahkan, ia kebobolan delapan gol sepanjang turnamen ini. Kendati demikian, Gunn tetap layak disebut sebagai pemain penting Skotlandia selama Euro 2024. Kiper Norwich City ini tampil heroik di bawah mistar Skotlandia dengan mencatat 12 penyelamatan, 4 pukulan, dan 2 high claim. Bila tak ada Gunn, Skotlandia mungkin akan kebobolan lebih banyak gol.

2. Grant Hanley jadi tembok kokoh bagi Skotlandia

6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024Grant Hanley (canaries.co.uk)

Untuk posisi bek tengah, Grant Hanley jadi bek Skotlandia paling disiplin. Pemain Norwich City ini bermain pada 3 laga dengan rincian 225 menit. Meski tak selalu bermain penuh, Hanley berhasil hadir sebagai tembok yang kokoh. Sepanjang Euro 2024, Hanley mencatat 11 clearence, 1 blok, 1 intersep, dan 2 tekel. Itulah yang membuat Hanley layak masuk daftar ini.

3. Scott McKenna jadi kreator gol bunuh diri Antonio Ruediger

6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024Scott McKenna (fck.dk)

Selama Euro 2024, Skotlandia hanya mencetak dua gol. Salah satu gol mereka dicatat pada laga kontra Jerman di matchday pertama. Gol tersebut tercipta berkat aksi Scott McKenna yang menyundul bola ke arah gawang Jerman. Namun, bola tersebut berbelok arah karena mengenai Antonio Ruediger. Dengan hal tersebut, aksi McKenna ini dihitung sebagai assist dan gol bunuh diri bagi Ruediger.

Baca Juga: 3 Pemain Kroasia Paling Tua yang Berlaga di Euro

4. Andrew Robertson selalu tampil konsisten selama tiga laga

6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024Andy Robertson (instagram.com/andyrobertson94)

Andy Robertson menjadi salah satu pemain yang paling konsisten di skuad Skotlandia pada Euro 2024. Berperan sebagai kapten, ia punya peran besar sebagai pemimpin tim. Selain itu, Robertson juga cukup disiplin dalam bertahan maupun aktif dalam menyerang. Sayangnya, ia tak mampu membawa rekan setimnya berprestasi di ajang ini.

5. Scott McTominay jadi satu-satunya pencetak gol Skotlandia di Euro 2024

6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024Scott McTominay (instagram.com/scottmctominay)

Satu-satunya pemain Skotlandia yang mencetak gol di Euro 2024 ialah Scott McTominay. Pemain Manchester United ini melakukan aksinya pada laga kontra Swiss pada matchday kedua. Akan tetapi, golnya tersebut dibalas Xherdan Shaqiri, sehingga laga berakhir dengan skor 1-1. Di samping golnya itu, McTominay memang tampil sangat konsisten sepanjang turnamen.

6. Callum McGregor distribusikan satu assist untuk gol Scott McTominay

6 Pemain Terpenting Skotlandia selama Euro 2024Callum McGregor (instagram.com/scotlandnationalteam)

Gol Scott McTominay pada laga kontra Swiss bisa tercipta berkat aksi Callum McGregor. Kapten Celtic FC ini jadi pemain Skotlandia kedua yang mencatat assist setelah Scott McKenna. Dengan kontribusinya ini, McGregor sangat layak untuk masuk daftar pemain terpenting Skotlandia di Euro 2024. Di sisi lain, McGregor bukanlah pemain utama di skuad Skotlandia. Namun, kehadirannya kerap memberikan perubahan besar di lini tengah.

Kegagalan Skotlandia di Euro 2024 bukanlah sebuah kegagalan besar. Sebab, mereka selalu melakukan hal yang sama dari turnamen ke turnamen. Faktanya, Skotlandia tak pernah lolos dari fase grup di tiap turnamen mayor yang mereka ikuti, baik di Euro maupun Piala Dunia.

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik Albania selama Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya