6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024

Gagal di Euro 2024 jadi bahan evaluasi #EURO2024

Intinya Sih...

  • Hungaria tersingkir di Euro 2024 setelah kalah agresif dari Slovenia dalam perebutan peringkat tiga terbaik.
  • Pemain-pemain seperti Peter Gulacsi, Willi Orban, Dominik Szoboszlai, Roland Sallai, Barnabas Varga, dan Andras Schafer patut mendapatkan apresiasi.
  • Hasil Euro 2024 bisa menjadi bahan evaluasi bagi Hungaria untuk menciptakan ekosistem sepak bola yang lebih baik di masa depan.

Hungaria menjadi salah satu kontestan yang tersingkir pada fase grup Euro 2024. Hungaria sebetulnya bisa saja lolos sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup A. Namun, hasil di Grup C, D, E, dan F, memaksa mereka pulang lebih awal.

Hungaria kalah agresif dari Slovenia dari Grup C dalam hal perebutan peringkat tiga terbaik. Padahal, keduanya sama-sama mencatat tiga poin. Dengan tersingkirnya Hungaria, berakhir pulalah perjalanan mereka di Euro 2024.

Selama Euro 2024, tak ada kejutan yang dibuat Hungaria. Meski begitu, sejumlah pemain mereka patut mendapatkan apresiasi berkat permainan cemerlang. Dari 26 pemain yang ada di skuad Hungaria di Euro 2024, inilah 6 pemain terpentingnya.

1. Peter Gulacsi tak tergantikan di posisi kiper

6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024Peter Gulacsi (instagram.com/petergulacsi)

Sebagai kiper utama Hungaria yang tak tergantikan, Peter Gulacsi sangat layak masuk dalam daftar. Gulacsi tampil cukup baik di bawah mistar Hungaria meski kebobolan lima gol. Sepanjang turnamen, Gulacsi bermain dalam 3 pertandingan dengan mencatatkan 1 nirbobol, 9 penyelamatan, 1 pukulan, 1 high claim, dan 4 clearence.

2. Willi Orban paling menonjol di pertahanan

6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024Willi Orban (instagram.com/williorban4)

Sebagai mantan kapten dan pemain senior di Timnas Hungaria, Willi Orban tentu ingin memberikan peran yang besar bagi negaranya. Orban tampil sangat meyakinkan dalam 270 menit yang ia jalani dalam 3 pertandingan. Dalam kurun waktu tersebut, Orban mencatat rata-rata 3 clearence, 0,3 intersep, 2,3 tekel, 5,7 ball recovered, dan 58 persen kemenangan duel per laga. Hal tersebut membuat Orban menjadi sosok yang paling menonjol ketimbang bek Hungaria lain.

3. Dominik Szoboszlai berperan penting sebagai kapten dan playmaker

6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024Dominik Szoboszlai (instagram.com/szoboszlaidominik)

Dominik Szoboszlai ditunjuk sebagai kapten Hungaria di Euro 2024. Peran tersebut mendorong Szoboszlai menjadi pemimpin sekaligus pentolan di negaranya. Di samping itu, Szoboszlai juga tak lupa dengan tugasnya sebagai playmaker. Ia cukup kreatif dengan mencetak satu assist. Selain itu, Szoboszlai juga mencatat rata-rata 65 sentuhan, 2,3 peluang, dan persentase umpan yang mencapai 82 persen.

Baca Juga: 3 Pemain Arsenal yang Bela Timnas Inggris di Euro 2024 

4. Roland Sallai jadi satu-satunya pemain Hungaria yang mendapat Man of the Match

6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024Rolland Sallai (instagram.com/rollandsallai)

Sama dengan Dominik Szoboszlai, Roland Sallai juga sukses mencetak satu assist untuk Hungaria di Euro 2024. Perbedaannya, terletak di penghargaan yang mereka dapatkan. Sallai yang berposisi sebagai winger kiri ini pernah mendapatkan satu penghargaan Man of the Match. Momen tersebut terjadi ketika Hungaria berhadapan dengan Skotlandia pada matchday ketiga fase grup.

5. Barnabas Varga paling mentereng di lini serang

6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024Barnabas Varga (.fradi.hu)

Untuk posisi penyerang, Barnabas Varga menjadi yang paling mentereng. Varga sukses mencetak 1 gol dari 3 laga yang ia jalani di Euro 2024. Secara rincian, Varga mencatat 251 menit bermain. Catatan tersebut lebih banyak dari penyerang dan winger Hungaria lain.

6. Andras Schafer tampil dengan etos kerja tinggi

6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024Andras Schafer (instagram.com/andras_schafer)

Pemain terakhir yang tak pernah tergantikan di skuad Hungaria selama Euro 2024 adalah Andras Schafer. Gelandang Union Berlin ini tampil dengan etos kerja yang tinggi. Ia menjalankan tugasnya sebagai pengatur permainan dengan baik dan tak lupa membantu pertahanan. Bicara soal statistik, Schafer juga mentereng. Ia mencatat rata-rata 1 clearence, 0,3 intersep, 2 tekel, 2,3 ball recovered, 58,3 sentuhan, 43 persen kemenangan duel, serta 87 persen akurasi umpan setiap laga.

Euro 2024 memang tak berakhir indah bagi Hungaria. Namun, edisi kali ini bisa menjadi bahan evaluasi besar bagi Hungaria untuk menciptkan ekosistem sepak bola yang hebat. Sebab, Hungaria memiliki sejarah yang cukup baik dengan menempatkan mereka sebagai salah satu negara unggulan di sepak bola.

Baca Juga: Spalletti Tetap Jadi Pelatih Italia Walau Gagal di Euro 2024!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya