4 Pemain Ternama Jerman yang Bermain di MLS sebelum Marco Reus

Banyak yang pensiun di MLS

Setelah 12 tahun mengabdi, Marco Reus akhirnya berpisah dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2024. Mantan pemain Timnas Jerman ini pun memilih Los Angeles Galaxy sebagai pelabuhan terbarunya. Ia akan dikontrak selama 1,5 musim hingga Desember 2025.

Reus sendiri bukan satu-satunya pemain ternama asal Jerman yang pernah bergabung dengan klub Major League Soccer (MLS). Sebelum Reus, setidaknya ada empat pemain top Jerman yang pernah berseragam kompetisi tertinggi sepak bola Amerika Serikat ini. Siapa saja?

1. Lothar Matthaus jadi pemain Jerman pertama yang bermain di MLS

4 Pemain Ternama Jerman yang Bermain di MLS sebelum Marco ReusLothar Matthaus (mlssoccer.com)

Kapten Timnas Jerman saat menjadi juara Piala Dunia 1990, Lothar Matthaus, tercatat sebagai pemain Jerman pertama yang bermain di MLS. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini bergabung dengan MetroStars pada musim dingin 2000. Kala itu, ia dilepas oleh Bayern Munich secara gratis.

Matthaus hanya bertama selama setahun bersama klub tersebut. Ia hanya mencatat 21 pertandingan dengan menorehkan 1 assist. Saat ini, klub MetroStars yang dibela Matthaus telah tak ada dan sudah berganti nama menjadi New York Red Bulls.

2. Torsten Frings sempat menjadi kapten Toronto FC

4 Pemain Ternama Jerman yang Bermain di MLS sebelum Marco ReusTorsten Frings (mlssoccer.com)

Torsten Frings pernah menjadi bintang di Borussia Dortmund, Bayern Munich, dan Werder Bremen di Bundesliga Jerman. Ia juga menjadi salah satu pemain penting Timnas Jerman di Piala Dunia 2006. Dengan reputasi yang cukup baik, ia pun pindah ke Toronto FC pada musim panas 2011.

Saat membela klub asal Kanada tersebut, Frings sempat ditunjuk sebagai kapten tim. Ia bermain hingga Februari 2013 dengan mencatatkan 46 penampilan dengan torehan 2 gol dan 5 assist. Setelah membela Toronto FC, ia pun memutuskan untuk pensiun.

Baca Juga: Caleb Wiley, Wonderkid MLS yang Siap Bawa Chelsea Menuju Kejayaan

3. Arne Friedrich gantung sepatu bersama Chicago Fire

4 Pemain Ternama Jerman yang Bermain di MLS sebelum Marco ReusArne Friedrich (mlssoccer.com)

Arne Friedrich merupakan salah satu pemain langganan yang dipanggil oleh Timnas Jerman pada masanya. Ia tercatat memiliki 82 caps dan sering menjadi andalan Timnas Jerman di posisi bek kanan untuk turnamen besar. Sebut saja pada Piala Dunia 2006 dan 2010, serta Euro 2008.

Friedrich memutuskan untuk pindah ke MLS pada Maret 2012 untuk bergabung dengan Chicago Fire. Bersama klub tersebut, ia bertahan selama 1 tahun 4 bulan dengan masa efektif bermain selama 1 tahun. Oleh karena itu, ia hanya bisa mencatat 1 gol dan 24 penampilan. Friedrich sendiri memutuskan untuk gantung sepatu bersama Chicago Fire.

4. Bastian Schweinsteiger pernah jadi andalan Chicago Fire

4 Pemain Ternama Jerman yang Bermain di MLS sebelum Marco ReusBastian Schweinsteiger (whitecapsfc.com)

Kejutan datang pada Maret 2017 kala Bastian Schweinsteiger memutuskan untuk hijrah ke MLS, tepatnya ke Chicago Fire. Hal ini jelas menjadi sebuah keuntungan bagi Chicago Fire. Selain faktor pengalaman yang dimiliki mantan andalan Timnas Jerman itu, Schweinsteiger juga pindah secara gratis.

Schweinsteiger bermain selama 3 musim (2017--2020). Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatat 8 gol dan 11 assist dari 92 pertandingan. Setelah kontraknya usai bersama Chicago Fire, ia pun memutuskan untuk gantung sepatu.

Selain keempat nama di atas dan Marco Reus yang segera merumput bersama Los Angeles Galaxy, sebetulnya masih ada satu nama lain yang pernah bermain untuk tim Amerika Serikat. Dia adalah Franz Beckenbauer yang pernah bermain untuk New York Cosmos. Namun, klub yang dibela Der Kaiser itu tak pernah berlaga di Major League Soccer.

Baca Juga: 3 Pemain MLS yang Tampil untuk Panama di Copa America 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya