5 Pemain Termahal yang Dibeli Tim Serie A pada Musim Panas 2024

Dari 244 transfer in Serie A

Intinya Sih...

  • Bursa transfer Serie A Italia musim panas 2024 ditutup pada 1 September 2024 setelah banyak pemain bergabung dan pergi.
  • Lima transfer termahal di Serie A Italia musim panas 2024 antara lain Teun Koopmeiners, Douglas Luiz, dan Alessandro Buongiorno.
  • AS Roma melepas tiga penyerangnya dan mendatangkan Artem Dovbyk, sementara Napoli memboyong Scott McTominay dari Manchester United.

Bursa transfer musim panas 2024 telah ditutup bagi sejumlah kompetisi di Eropa. Serie A Italia menjadi salah satu liga yang menutup bursa transfernya pada 1 September 2024. Selama bursa transfer kali ini, sangat banyak pemain yang datang dan pergi ke kasta tertinggi sepak bola Italia.

Jika dihitung secara keseluruhan, terdapat 244 transfer masuk, baik dari sesama klub Serie A maupun dari luar klub Serie A. Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa transfer yang mencuri perhatian. Termasuk lima transfer ini yang masuk ke daftar lima pemain termahal yang diboyong klub Serie A pada musim panas 2024.

1. Teun Koopmeiners (54,7 juta euro) bergabung dengan Juventus dari Atalanta Bergamo

5 Pemain Termahal yang Dibeli Tim Serie A pada Musim Panas 2024Teun Koopmeniers (juventus.com)

Teun Koopmeiners merupakan salah satu pemain yang diincar Juventus sejak lama. Namun, Bianconeri kerap kesulitan untuk mendatangkannya. Pada akhir bursa transfer musim panas 2024, Atalanta Bergamo akhirnya sepakat untuk melepas pemain asal Belanda itu ke Juventus. Uang sebesar 54,7 juta euro (Rp934 juta euro) jadi maharnya.

Koopmeiners menjadi salah satu projek jangka panjang dari kepelatihan Thiago Motta di Juventus. Ia akan dikolaborasikan dengan  Khepren Thuram dan Douglaz Luiz di lini tengah Juventus. Harapannya, ketiga pemain tersebut mampu membangun kombinasi yang baik, seperti saat Juventus memiliki Paul Pogba, Claudio Marchisio, dan Andrea Pirlo.

2. Douglas Luiz (50 juta euro) jadi rekrutan pertama Juventus pada era Thiago Motta

5 Pemain Termahal yang Dibeli Tim Serie A pada Musim Panas 2024Douglas Luiz (juventus.com)

Sebelum mendapatkan Teun Koopmeiners, Juventus terlebih dahulu mendapatkan Douglas Luiz. Gelandang bertahan asal Brasil ini diboyong dari Aston Villa pada awal bursa transfer musim panas 2024. Ia tercatat sebagai pemain pertama yang direkrut Juventus pada era kepelatihan Thiago Motta.

Luiz sendiri didatangkan dengan banderol sebesar 50 juta euro (Rp877 miliar). Uang tersebut tentu diharapkan tak sia-sia. Oleh karena itu, tanggung jawab besar untuk bermain bersinar bersama Juventus ada di benak pemain satu ini.

Baca Juga: 4 Pemain Inter Milan yang Mencetak 4 Gol dalam 3 Laga Awal Serie A

3. Alessandro Buongiorno (35 juta euro) memperkuat lini pertahanan Napoli

5 Pemain Termahal yang Dibeli Tim Serie A pada Musim Panas 2024Alessandro Buongiorno (instagram.com/seriea)

Pertahanan Napoli pada 2023/2024 sedikit menurun setelah hengkangnya Kim Min Jae. Untuk memperbaiki hal tersebut, klub asal Naples itu pun mendatangkan Alessandro Buongiorno pada musim panas 2024. Bek berkebangsaan Italia itu didatangkan dari Torino dengan biaya 35 juta euro (Rp597 miliar).

Dengan kualitas dan pengalaman yang dimilikinya, Buongiorno langsung jadi andalan Napoli. Ia telah dikombinasikan dengan Amir Rrahmani dan Giovani Di Lorenzo melalui taktik 3-4-2-1 buatan Antonio Conte. Hal tersebut telah ia lakukan pada tiga laga awal Serie A 2024/2025.

4. Artem Dovbyk diboyong AS Roma dengan biaya 30,5 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dibeli Tim Serie A pada Musim Panas 2024Artem Dovbyk (asroma.com)

AS Roma melakukan perombakan besar dalam sistem lini serang mereka. Pada musim panas 2024, I Giallorossi melepas tiga penyerangnya. Mereka adalah Ola Solbakken, Tammy Abraham, dan Andrea Belotti.

Sebagai gantinya, Artem Dovbyk yang berstatus sebagai top scorer LaLiga Spanyol 2023/2024 didatangkan ke Estadio Olimpico. Penyerang asal Ukraina itu diboyong dari Girona dengan biaya 30,5 juta euro (Rp521 miliar). Sayangnya, Dovbyk belum bisa unjuk gigi dalam dua laga yang telah dijalaninya di Serie A 2024/2025.

5. Scott McTominay (30,5 juta euro) meramaikan persaingan di lini tengah Napoli

5 Pemain Termahal yang Dibeli Tim Serie A pada Musim Panas 2024Scott McTominay (instagram.com/scottmctominay)

Scott McTominay terbuang dari Manchester United setelah kedatangan Manuel Ugarte. Napoli pun bergerak cepat dengan memboyongnya menjelang bursa transfer musim panas 2024 usai. Pemain asal Skotlandia ini dibanderol 30,5 juta euro (Rp520 miliar).

McTominay sendiri akan meramaikan persaingan di lini tengah Napoli. Sebab, ia memiliki posisi yang sama dengan Frank Zambo Anguissa dan Stanislav Lobotka sebagai gelandang bertahan. Namun, perlu diingat jika pemain satu ini merupakan pemain yang serbabisa. Ia bisa bermain di banyak posisi.

Di luar lima pemain ini, terdapat pula beberapa nama yang terhitung dibeli mahal klub Serie A Italia pada musim panas 2024. Mereka adalah Romelu Lukaku, Davide Frattesi, dan Khepren Thuram. Mereka siap meramaikan persaingan Serie A 2024/2025, terutama di papan atas.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester United Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya