6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 

Deadline berjalan seru

Tanggal 2 September 2023 menjadi pertanda resmi berakhirnya bursa transfer musim panas 2023 bagi mayoritas liga di Eropa. Pada pekan terakhir yang terlaksana dari 26 Agustus--1 September 2023 ini, berbagai transfer besar yang melibatkan uang besar terjadi.

Hal ini sebetulnya telah menjadi tradisi selama bertahun-tahun. Pasalnya, menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2023, tim-tim ini makin gencar mencari pemain yang dibutuhkan. Tak heran jika banyak kejutan dan transfer dengan harga fantastis terjadi pada pekan ini.

Lalu, siapa sajakah pemain termahal pada pekan terakhir bursa transfer musim panas 2023? Berikut inilah daftar dan ulasannya!

1. Paris Saint-Germain pulangkan Randal Kolo Muani ke Prancis

6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 Randal Kolo Muani (en.psg.fr)

Paris Saint-Germain cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023, Jumat (1/9/2023), PSG memulangkan Randal Kolo Muani untuk bermain di Prancis. Untuk memulangkan penyerang berusia 24 tahun ini, PSG harus mengeluarkan biaya sebesar 95 juta euro (Rp1,5 triliun) kepada Eintracht Frankfurt. Kolo Muani tentu akan menjadi komoditas yang meyakinkan untuk masa depan tim asal ibu kota Prancis ini.

2. Matheus Nunes tambah stok gelandang Manchester City

6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 Matheus Nunes (mancity.com)

Manchester City resmi menambah stok gelandang pada Jumat (1/9/2023). Tim berjuluk The Cityzens ini mendatangkan Matheus Nunes dari Wolverhampton Wanderers dengan harga 62 juta euro (Rp1,018 triliun). Transfer ini tentu sangat menguntungkan bagi Wolves, sebab mereka sukses mendapatkan laba sebesar 17 juta euro (Rp279 miliar) hanya dalam kurun waktu semusim. Bagi Manchester City, kehadiran Nunes akan menambah banyak stok gelandang yang mereka miliki.

3. Brennan Johnson jadi pengganti Harry Kane

6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 Brennan Johnson (tottenhamhotspur.com)

Tottenham Hotspur akhirnya merekrut Brennan Johnson untuk menggantikan Harry Kane yang hengkang ke Bayern Munich. Pemain berkebangsaan Wales ini merupakan pemain yang versatile. Ia bisa bermain secara apik sebagai penyerang, gelandang serang, serta winger yang bermain di dua sisi. Tak heran jika Nottingham Forest mematok harga 55 juta euro (Rp903 miliar) saat melepas Johnson ke Tottenham Hotspur pada Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: 6 Transfer Termahal sebelum Bursa Transfer Musim Panas 2023 Dibuka

4. Cole Palmer jadi bagian dari masa depan Chelsea

6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 Cole Palmer (chelseafc.com)

Chelsea kembali melanjutkan proyek masa depan tim. Pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023, Jumat (1/9/2023), Chelsea mendatangkan Cole Palmer dari Manchester City. Hal ini tentu mengejutkan karena Palmer pernah disebut-sebut sebagai bagian dari rencana besar Pep Guardiola di Manchester City. Namun, uang sebesar 47 juta euro (Rp772 miliar) akhirnya meluluhkan Manchester City untuk melepas Palmer.

5. PSG bajak Bradley Barcola dari Olympique Lyon

6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 Bradley Barcola (en.psg.fr)

PSG sukses membajak pemain muda berbakat dari Olympique Lyon pada Kamis (31/8/2023). Sosok tersebut ialah Bradley Barcola, pemain Prancis keturunan Togo yang saat ini berusia 21 tahun. Untuk mendatangkan Barcola, PSG harus mengeluarkan uang sebesar 45 juta euro (Rp739 miliar). Pemain ini sangat berpotensi sehingga PSG mengikatnya kontrak selama 5 tahun.

6. Mohamed Kudus akhirnya berlabuh di West Ham United

6 Pemain Termahal pada Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2023 Mohamed Kudus (whufc.com)

Setelah sempat dikaitkan dengan beberapa tim besar Eropa, Mohammed Kudus akhirnya menentukan masa depan dengan bergabung bersama West Ham United. Transfer Kudus dari Ajax Amsterdam ini terjadi pada Minggu (27/8/2023). Uang sebesar 43 juta euro (Rp706 miliar) menjadi mahar dalam transfer ini. Bergabungnya Kudus ke skuad The Hammers dipercaya akan memperkuat aliran bola di lini tengah ke lini serang.  

Cukup banyak transfer mengejutkan pada pekan terakhir bursa transfer musim panas 2023. Ansu Fati yang dipinjam Brighton Hove & Albion, Ryan Gravenberch yang pindah ke Liverpool, serta Leonardo Bonucci yang akhirnya berpisah dengan Juventus menjadi beberapa di antaranya. Dengan ini, bursa transfer musim panas 2023 mayoritas liga Eropa telah berakhir. Lantas, siapakah transfer favoritmu?

Baca Juga: 6 Pemain asal Ghana yang Bermain di EPL, Kudus Jadi yang Terbaru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya