6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024

AS Roma borong dua pemain

Intinya Sih...

  • Riccardo Calafiori bergabung dengan Arsenal seharga 45 juta euro, menjadi transfer termahal pekan kelima bursa transfer musim panas 2024.
  • Atletico Madrid membeli Alexander Sorloth dari Villarreal seharga 32 juta euro untuk menggantikan posisi Alvaro Morata dan Memphis Depay.
  • AS Roma merekrut Artem Dovbyk seharga 30,5 juta euro dan Matias Soule seharga 25,6 juta euro untuk tambahan tenaga musim depan.

Tak terasa, bursa transfer musim panas telah melewati pekan kelima. Pada pekan yang terjadi pada 29 Juli--4 Agustus 2024 ini, sejumlah transfer besar terjadi. Beberapa tim lebih memilih untuk menyelesaikan transfernya pekan ini dibandingkan menunggu hingga akhir jendela transfer.

Bersamaan dengan hal tersebut, sejumlah transfer dengan biaya besar juga terjadi. Lantas, siapa sajakah pemain termahal yang pindah pada pekan kelima bursa transfer musim panas 2024? Untuk mengetahuinya, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Riccardo Calafiori jadi bek Italia termahal yang dibeli klub Premier League

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024Riccardo Calafiori (arsenal.com)

Riccardo Calafiori resmi berlabuh di Arsenal, Senin (29/7/2024). Bek asal Italia itu dibeli Arsenal dari Bologna dengan banderol 45 juta euro (Rp794 miliar). Angka tersebut menjadikannya sebagai transfer termahal pada pekan kelima bursa transfer musim panas 2024. Selain itu, ia juga memecahkan rekor sebagai bek Italia termahal yang pernah dibeli klub English Premier League.

2. Alexander Sorloth (32 juta euro) siap mengisi posisi utama penyerang Atletico Madrid

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024Alexander Sorloth (en.atleticodemadrid.com)

Atletico Madrid kehilangan dua penyerang, yakni Alvaro Morata dan Memphis Depay yang hengkang pada musim panas ini. Untuk menggantikan posisi mereka, Los Colchoneros pun mendatangkan Alexander Sorloth dari Villarreal pada Sabtu (3/8/2024). Untuk memuluskan transfer penyerang asal Norwegia itu, Atletico Madrid harus mengeluarkan uang sebesar 32 juta euro (Rp564 miliar). Jika melihat pengalaman yang dimilikinya, maka uang tersebut seharusnya cukup pantas.

3. Emile Smith Rowe (31,8 juta euro) hengkang secara permanen setelah 14 tahun membela Arsenal

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024Emile Smith Rowe (fulhamfc.com)

Setelah 14 tahun jadi bagian dari Arsenal, Emile Smith Rowe resmi hengkang secara permanen dari klub masa kecilnya tersebut. Gelandang serang berkebangsaan Inggris itu pindah ke Fulham pada Jumat (2/8/2024). Untuk memboyong Rowe, Fulham perlu mengeluarkan uang sebesar 31,8 juta euro (Rp561 miliar). Meski tampak mahal, kehadiran Rowe setidaknya bisa membantu Fulham tampil lebih garang musim depan.

Baca Juga: 4 Pemain Arsenal yang Pindah ke Fulham dalam 14 Tahun Terakhir

4. Artem Dovbyk diboyong AS Roma dengan biaya 30,5 juta euro

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024Artem Dovbyk (asroma.com)

Top scorer LaLiga Primera Spanyol 2023/2024, Artem Dovbyk, diboyong AS Roma pada Jumat (2/8/2024). Untuk memboyong penyerang asal Ukraina tersebut, AS Roma harus membayar uang sebesar 30,5 juta euro (Rp538 miliar) kepada Girona. Uang tersebut sebetulnya menjadi perjudian tersendiri bagi AS Roma. Pasalnya, Dovbyk bisa saja tampil hebat seperti musim lalu. Namun, tak menutup kemungkinan jika ia tampil melempem ketika berseragam I Giallorossi.

5. Crysencio Summerville dibeli West Ham United dengan biaya 29,3 juta euro

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024Crysencio Summerville (whufc.com)

West Ham United akhirnya menyelesaikan transfer Crysencio Summerville dari Leeds United pada Sabtu (3/8/2024). Pemain berkebangsaan Belanda ini akhirnya diboyong dengan banderol 29,3 juta euro (Rp517 miliar). Uang tersebut sebetulnya cukup besar bagi Summerville yang masih minim pengalaman. Namun, jika melihat potensinya, ia tampaknya layak mendapatkan hal tersebut.

6. Matias Soule berlabuh ke AS Roma dengan biaya 25,6 juta euro

6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024Matias Soule (twitter.com/ASRomaEN)

AS Roma mendapatkan tambahan tenaga untuk musim 2024/2025. Kali ini I Giallorossi mendatangkan Matias Soule pada Selasa (30/7/2024). Penyerang muda asal Argentina itu diboyong dari Juventus dengan banderol 25,6 juta euro (Rp451 miliar). Di AS Roma nanti, ia bisa dipasang sebagai penyerang tengah dan winger kanan. Namun, itu bukan jaminan baginya untuk bisa terus menjadi starter.

Selain enam nama dalam daftar ini, transfer pada pekan kelima juga jadi momen pindahnya beberapa pemain ternama. Sebut saja Yan Couto dan Pascal Gross ke Borussia Dortmund, Ismaila Sarr ke Crystal Palace, Filip Jorgensen ke Chelsea, dan Strahinja Pavlovic ke AC Milan. Pekan ini benar-benar luar biasa.

Baca Juga: 6 Pengguna Nomor 11 AS Roma sebelum Artem Dovbyk

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya