5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024

Sempat membuat kejutan #EURO2024

Intinya Sih...

  • Austria membuat kejutan di Euro 2024 dengan keluar sebagai juara grup D.
  • Stefan Posch dan Nicolas Seiwald tampil impresif dengan statistik bertahan dan menyerang yang mentereng.
  • Marcel Sabitzer, Christoph Baumgartner, dan Alexander Prass juga berkontribusi besar dalam permainan Austria di Euro 2024.

Timnas Austria sempat membuat kejutan di Euro 2024. Tergabung di grup neraka bersama Prancis, Belanda, dan Polandia, Austria awalnya tak dijagokan untuk sekadar lolos dari fase grup. Namun, mereka sukses membuktikan diri dan keluar sebagai juara D dengan torehan enam poin.

Sayangnya, Austria langsung gugur pada babak 16 besar. Mereka kalah dari Turki dengan skor 1-2. Dengan hal tersebut maka perjalanan Austria di Euro 2024 berakhir. Dari empat laga yang dijalani Austria di Euro 2024 terdapat sejumlah pemain yang tampil bersinar dan inilah dia daftarnya!

1. Stefan Posch aktif dalam menyerang dan bertahan

5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024Stefan Posch (instagram.com/stefanposxx)

Pelatih Austria, Ralf Rangnick, selalu merotasi komposisi di lini pertahanan Austria. Namun, ia tak pernah mengganti seorang Stefan Posch dari komposisinya tersebut. Hal ini cukup masuk akal mengingat Posch memiliki peran yang cukup baik bagi Timnas Austria.

Sebagai seorang bek kanan, Posch sangat aktif dalam hal bertahan dan menyerang. Dalam bertahan, ia mencatat rata-rata 2 clearence, 1,5 intersep. 3,8 tekel, dan 3,5 ball recovered dengan persentase kemenangan duel sebesar 56 persen. Sedangkan, saat membantu penyerangan, Posch mencatat rata-rata 71,8 sentuhan, 1,8 peluang, dan 74 persen akurasi umpan. Ia juga menorehkan 1 assist dan membuat 3 peluang emas.

2. Nicolas Seiwald tak pernah tergantikan di tengah

5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024Nicolas Seiwald (instagram.com/nicolasseiwald)

Serupa dengan Stefan Posch, Nicolas Seiwald juga tak pernah tergantikan semenit pun di Euro 2024. Gelandang RB Leipzig ini memiliki peran besar sebagai penjegal aliran bola lawan. Perannya ini memudahkan Konrad Laimer atau Marcel Sabitzer untuk berkreasi.

Dalam hal bertahan, Seiwald memiliki statistik yang mentereng. Ia mencatat rata-rata 2 clearence, 1,5 intersep, 3,8 tekel, dan 6,3 ball recovered dengan 61 persen kemenangan duel. Sedangkan, sebagai playmaker, Seiwald mencatat rata-rata 71,5 sentuhan, 1,5 peluang, 88 persen akurasi umpan, dan 50 persen keberhasilan dribel.

Baca Juga: 4 Pemain yang Selalu Tampil pada Tiap Laga Spanyol di Euro 2024

3. Marcel Sabitzer jalani peran sebagai winger dengan baik

5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024Marcel Sabitzer (twitter.com/EURO2024)

Marcel Sabitzer biasanya bermain sebagai gelandang tengah di klub. Namun, di Timnas Austria, Sabitzer rela bermain di posisi winger demi membantu timnya. Ia pun sukses tampil mentereng dengan posisi tersebut.

Hal itu terbukti dari satu penghargaan Man of the Match yang didapatnya pada matchday ketiga ketika Austria menang atas Belanda. Hal tersebut diperkuat dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist yang ditorehkan Sabitzer. Pemain Borussia Dortmund ini layak disebut sebagai pemain terbaik Austria di Euro 2024.

4. Christoph Baumgartner mendapat penghargaan Man of the Match pada matchday kedua

5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024Christoph Baumgartner saat berseragam Timnas Austria. (instagram.com/baumi_14)

Pemain Austria lain yang sukses meraih penghargaan Man of the Match ialah Christopher Baumgartner. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini mendapatkannya pada matchday kedua. Kala itu, ia sukses membantu Austria menang atas Polandia dengan skor 3-1.

Baumgartner sendiri mencatat 1 gol dan 1 assist dari 4 laga yang dijalani di Euro 2024. Itu merupakan torehan paling produktif di Timnas Austria bersama Marcel Sabitzer. Sehingga tak heran jika Baumgartner layak masuk ke dalam daftar ini.

5. Alexander Prass paling efektif dalam menciptakan umpan

5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024Alexander Prass (instagram.com/alex__prass)

Alexander Prass bukan pemain utama di skuad Austria Euro 2024. Meski begitu, ia justru mampu memberikan kontribusi besar untuk kemajuan timnya di kompetisi ini. Prass tampil efektif dengan menciptakan 2 assist dari 168 menit dalam 4 laga.

Prass sendiri lebih sering berperan sebagai pemain pengganti selama Euro 2024. Ia kerap kalah saing dari Phillipp Mwene di posisi bek kiri. Namun, Prass justru lebih baik dalam urusan membantu penyerangan dibandingkan Mwene.

Penampilan Austria di Euro 2024 cukup memuaskan bila dilihat dari permainan. Ini merupakan sedikit kemajuan di dunia sepak bola Austria. Selain mampu tampil mengesankan, terhentinya Austria pada babak 16 besar merupakan prestasi tertinggi Austria di ajang ini.

Baca Juga: 4 Pemain Kelahiran Andalusia yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya