5 Pemain Spanyol yang Bela West Ham United sebelum Carlos Soler

Carlos Soler dipinjam dari PSG

Intinya Sih...

  • West Ham United meminjam Carlos Soler dari PSG sebagai pengganti James Ward-Prowse.
  • Sejumlah pemain Spanyol seperti Adrian, Alvaro Arbeloa, Lucas Perez, Roberto Jimenez Gago, dan Pablo Fornals pernah bermain untuk West Ham United.
  • Soler akan diandalkan oleh manajer Julen Lopetegui untuk mengisi posisi gelandang serang meskipun bukan posisi aslinya.

Kepergian James Ward-Prowse ke Nottingham Forest memberikan efek domino bagi West Ham United. Untuk menggantikan peran Ward-Prowse, The Hammers pun mendatangkan Carlos Soler. Ia dipinjam selama semusim dari Paris Saint-Germain dengan opsi pembelian pada akhir musim.

Dalam sejarahnya, West Ham memang cukup sering diperkuat pemain asal Spanyol. Soler sendiri menjadi pesepak bola Spanyol ke-11 yang membela The Hammers. Sebagai gambaran tentang performa para pemain Spanyol di West Ham, beginilah ulasan lima pemain Spanyol terakhir yang membela The Hammers sebelum Soler.

1. Adrian San Miguel pernah jadi kiper utama West Ham United

5 Pemain Spanyol yang Bela West Ham United sebelum Carlos SolerAdrian (whufc.com)

Adrian berlabuh di West Ham United pada musim panas 2013 dari Real Betis. Saat didatangkan, kiper berkebangsaan Spanyol ini tak langsung jadi kiper utama. Ia harus memulainya sebagai kiper rotasi terlebih dahulu dengan bersaing bersama Jussi Jaaskelainen.

Barulah pada 2014/2015, Adrian mengambil alih posisi kiper utama. Hal tersebut bertahan selama 2 musim. Selama berseragam West Ham, ia tergolong tampil cukup impresif. Ada total 150 laga dengan torehan 43 nirbobol yang ia jalani selama 6 musim berseragam The Hammers.

2. Alvaro Arbeloa pensiun bersama West Ham United

5 Pemain Spanyol yang Bela West Ham United sebelum Carlos SolerAlvaro Arbeloa (whufc.com)

Alvaro Arbeloa kembali ke English Premier League setelah 7 musim membela Real Madrid. Mantan pemain Liverpool ini bergabung dengan West Ham United pada awal musim 2016/2017. Pengalamannya jelas sangat dibutuhkan kala itu.

Akan tetapi, Arbeloa tak mampu bersinar bersama The Hammers. Ia hanya mencatatkan empat pertandingan pada musim tersebut. Setelah 2016/2017 berakhir, bek kanan asal Spanyol itu pun pensiun dan melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan.

Baca Juga: 5 Pemain MU yang Pindah ke West Ham Sebelum Wan-Bissaka

3. Lucas Perez hanya semusim berseragam West Ham United

5 Pemain Spanyol yang Bela West Ham United sebelum Carlos SolerLucas Perez (arsenal.com)

Lucas Perez diboyong dari Arsenal pada musim panas 2018. Saat itu, West Ham United memang sedang memiliki deretan penyerang ternama. Sebut saja Andy Carroll, Michail Antonio, Javier Hernandez, dan Marko Arnautovic.

Dengan persaingan yang sulit, penyerang asal Spanyol ini cukup kesulitan mendapatkan menit bermain yang pantas. Sebab, ia lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti di tengah laga. Merasa tak dibutuhkan, ia pun hengkang ke Deportivo Alaves pada musim panas 2019. Ia mencatat 6 gol dari 19 laga selama berseragam The Hammers.

4. Roberto punya masa yang singkat

5 Pemain Spanyol yang Bela West Ham United sebelum Carlos SolerRoberto (whufc.com)

Roberto Jimenez Gago atau yang kerap disapa dengan nama Roberto didatangkan dari Espanyol secara gratis pada musim panas 2019. Saat itu, ia ditugaskan untuk melapisi Lukasz Fabianski yang sedang panas bersama The Hammers. Akan tetapi, ia tampaknya masih ingin jadi kiper utama.

Oleh sebab itu, Roberto memilih hengkang dari West Ham dengan cepat. Ia pindah ke Deportivo Alaves pada musim dingin 2020. Hal tersebut menutup catatan penampilannya yang mencapai 10 laga dengan torehan 1 nirbobol selama setengah musim.

5. Pablo Fornals sempat jadi pemain penting The Hammers

5 Pemain Spanyol yang Bela West Ham United sebelum Carlos SolerPablo Fornals (whufc.com)

Pablo Fornals sempat menjadi pemain penting di skuad West Ham United. Ia didatangkan dari Villarreal pada musim panas 2019. Hebatnya, ia langsung nyetel dengan The Hammers dan jadi andalan baru di klub tersebut.

Peran tersebut terus berlanjut meski sejumlah pemain baru berdatangan. Perannya hanya sedikit digeser dari pemain andalan menuju pemain rotasi yang masih memiliki menit bermain yang cukup memuaskan. Fornals pun baru pindah dari West Ham pada musim dingin 2024. Selama membela klub ini, ia sukses mencatat 23 gol dan 18 assist dari 203 laga.

Julen Lopetegui, manajer West Ham United, lebih sering menduetkan 2 gelandang bertahan dan 1 gelandang serang dari komposisinya di lini tengah. Ketiga posisi tersebut sebetulnya bukan posisi asli Carlos Soler. Meski begitu, mantan pemain Valencia itu masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan tim.

Baca Juga: 5 Striker Senior West Ham United sebelum Niclas Fuellkrug

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya