6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024

Pemain bertahan lebih menonjol #EURO2024

Euro 2024 merupakan Euro kedua yang pernah diikuti oleh Slovenia. Jika dibandingkan dengan keikutsertaannya pada Euro 2000, keikutsertaan Slovenia pada edisi kali ini bisa dibilang lebih baik. Pasalnya, Slovenia sukses menembus babak 16 besar sebelum akhirnya kalah dari Portugal lewat adu penalti. Pada Euro 2000, Slovenia gugur di fase grup.

Pencapaian ini jelas menjadi yang terbaik bagi Slovenia dalam kiprahnya di Euro. Masyarakat dan penggemar Slovenia patutnya berterima kasih kepada keenam pemain ini. Sebab, mereka adalah deretan pemain yang menunjukkan performa paling baik dari 26 pemain yang ada. Siapa sajakah nama yang dimaksud?

1. Jaka Bijol tampil sangat disiplin di lini pertahanan

6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Jaka Bijol (instagram.com/jakabijol)

Kiprah pemain bertahan Slovenia lebih menonjol ketimbang para penyerangnya di Euro 2024. Pasalnya, atribut bertahan Slovenia lebih baik ketimbang menyerangnya pada edisi kali ini. Oleh karena itu, pemain bertahan lebih mendominasi daftar. Salah satu pemain bertahan yang memiliki performa terbaik adalah Jaka Bijol. Bek Udinese ini tampil sangat disiplin dengan mencatat rata-rata 9,5 clearence, 1,5 intersep, 2,8 tekel, 2,3 ball recovered, dan 56 persen kemenangan duel dari 4 laga yang ia jalani dalam 390 menit.

2. Vanja Drkusic jadi duet yang sepadan dari Jaka Bijol

6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Vanja Drkusic (instagram.com/pfcsochi)

Duet dari Jaka Bijol di posisi bek tengah Slovenia, Vanja Drkusic, juga layak masuk ke dalam daftar ini. Drkusic sama-sama tampil disiplin dalam menjaga gawang Slovenia. Ia benar-benar menjadi duet yang sepadan dari Bijol. Bicara soal statistik, Drkusic menorehkan rata-rata 4 clearence, 0,3 intersep, 3 tekel, 3,3 ball recovered, dan 59 persen kemenangan duel. Sama seperti Bijol, Drkusic juga tak pernah tergantikan di Euro 2024.

3. Erik Janza selamatkan Slovenia dari kekalahan kontra Denmark

6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Erik Janza (nzs.si)

Hanya ada dua pemain yang sukses mencetak gol untuk Slovenia di Euro 2024. Kedua pemain tersebut sama-sama berposisi sebagai bek sayap. Salah satunya ialah Erik Janza yang mencetak gol kala berhadapan dengan Denmark. Gol yang ia cetak pada menit 77 itu berhasil menyelamatkan Slovenia dari kekalahan dan memaksa laga berakhir dengan skor 1-1. Selama Euro 2024, bek kiri berusia 31 tahun ini memang lebih mentereng dalam hal menyerang ketimbang bertahan.

Baca Juga: 3 Fakta Portugal Singkirkan Slovenia, Ronaldo Sempat Nangis

4. Zan Karnicnik cetak satu gol kala berhadapan dengan Serbia

6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Zan Karnicnik (instagram.com/nkcelje)

Pemain Slovenia lain yang mencetak gol pada Euro 2024 adalah Zan Karnicnik. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu mencetak golnya pada laga kontra Serbia yang berakhir dengan skor 1-1. Dibandingkan Erik Janza, Karnicnik memiliki gaya bermain yang lebih bertahan. Tak heran jika statistiknya dalam bertahan cukup mentereng. Ia mencatat rata-rata 2,5 clearence, 2 intersep, 2 tekel, 6,5 ball recovered, serta 42 persen kemenangan duel.

5. Timi Elsnik jadi satu-satunya pencetak assist Slovenia di Euro 2024

6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Timi Elsnik (instagram.com/timielsnik)

Satu-satunya pencetak assist bagi Slovenia di Euro 2024 ialah Timi Elsnik. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu melakukan aksinya pada laga kontra Serbia. Itu artinya, Elsnik mendistribusikan assist-nya untuk Zan Karnicnik. Secara statistik, Elsnik juga punya catatan bagus. Ia menorehkan rata-rata 41,8 sentuhan, 0,8 peluang, 74 persen akurasi umpan, dan 62 persen kemenangan duel.

6. Jan Oblak adalah bintang utama Slovenia di Euro 2024

6 Pemain Slovenia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Jan Oblak (instagram.com/oblakjan)

Dengan popularitas, kualitas, dan jabatan kapten yang ia emban, Jan Oblak dinilai sebagai bintang utama Slovenia di Euro 2024. Hal ini juga sejalan dengan performanya di Euro 2024. Dari 4 laga yang ia jalani, Oblak yang bermain sebagai kiper hanya kebobolan 2 gol pada waktu normal. Selain itu, ia mencatat 15 penyelamatan, 4 pukulan, 2 high claim,  dan 5 clearence, termasuk 1 penyelamatan penalti yang menahan kemenangan Portugal.

Slovenia tersingkir dengan cara yang cukup menyakitkan di babak 16 besar Euro 2024. Mereka telah menahan imbang Portugal selama 120 menit. Akan tetapi, aksi hebat dari Diogo Costa (kiper Portugal) yang menahan tiga tendangan penalti pemain mereka memaksa Slovenia pulang lebih awal dari turnamen ini.

Baca Juga: Arti Tangisan Cristiano Ronaldo saat Portugal vs Slovenia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya