6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024

Penyerang Serbia tumpul #EURO2024

Meski dihuni oleh sejumlah pemain ternama, Timnas Serbia justru tak bisa melangkah jauh di Euro 2024. Serbia mengakhiri fase grup sebagai juru kunci di Grup C. Mereka berada di bawah Inggris, Denmark, dan Slovenia.

Pemain-pemain ternama andalan Serbia, seperti Dusan Vlahovic, Dusan Tadic, dan Aleksandar Mitrovic, justru gagal bersinar di Euro 2024. Bahkan, ketiga nama tersebut kalah apik dari enam pemain berikut. Keenam pemain ini layak disebut sebagai pemain Serbia dengan performa terbaik di Euro 2024.

1. Predrag Rajkovic sudah bekerja keras di bawah mistar

6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Predrag Rajkovic (instagram.com/rajkovicpredrag)

Predrag Rajkovic tak bisa disalahkan dari kegagalan Timnas Serbia melaju ke fase gugur. Sebab, kiper RCD Mallorca ini telah bekerja keras di bawah mistar Serbia dengan segala penyelamatan yang ia lakukan. Dari 3 laga yang ia jalani, Rajkovic mencatat 8 penyelamatan, 4 punch clearence, dan 4 high claim. Rajkovic pun hanya kebobolan 2 gol dan mampu mencatat 1 nirbobol. 

2. Nikola Milenkovic jadi raja clearence untuk Serbia

6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Nikola Milenkovic (twitter.com/FIFAcom)

Pelatih Serbia, Dragan Stojkovic, tak pernah mengganti bek tengah utama Serbia selama Euro 2024. Salah satu bek yang dimainkan Stojkovic itu adalah Nikola Milenkovic. Bek Fiorentina itu memang cukup sigap dalam menghalau serangan lawan. Ia menjadi pemain dengan jumlah clearence terbanyak di skuad Serbia pada turnamen ini. Dari 3 laga, Milenkovic mencatat 11 clearence, 2 blok, 2 intersep dan 3 tekel.

3. Strahinja Pavlovic jadi raja tekel untuk Serbia

6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Strahinja Pavlovic (instagram.com/pavlovic_strahinja3)

Bila Nikola Milenkovic merupakan raja clearence, Strahinja Pavlovic adalah raja tekel untuk Serbia di Euro 2024. Bek RB Salzburg ini mencatat 9 clearence, 4 intersep, dan 11 tekel. Pavlovic benar-benar menunjukkan potensi besar sebagai seorang bek yang agresif. Serupa dengan Rajkovic dan Milenkovic, Pavlovic juga bermain selama 270 menit dari 3 laga yang dijalani Serbia di Euro 2024.

Baca Juga: 8 Pemain VfL Wolfsburg yang Meramaikan Euro 2024

4. Milos Veljkovic tampil disiplin di lini pertahanan

6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Milos Veljkovic (instagram.com/mveljkovic5)

Pemain Serbia lain yang tak pernah digantikan Dragan Stojkovic ialah Milos Veljkovic. Bek Werder Bremen itu ditugaskan sebagai bek yang berfokus dalam bertahan ketimbang menyerang. Saat Nikola Milenkovic dan Strahinja Pavlovic ikut menyerang, Veljkovic justru diam di pertahanan. Veljkovic sendiri mencatat 6 clearence dan 2 tekel dari 3 laga untuk negaranya.

5. Luka Jovic jadi satu-satunya pencetak gol Serbia di Euro 2024

6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Luka Jovic (instagram.com/lukajovic)

Luka Jovic sebetulnya menjadi pelapis dari Dusan Vlahovic dan Aleksandar Mitrovic di lini serang Serbia. Ia hanya mencatat 102 menit dari 3 laga. Meski begitu, Jovic menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol untuk Serbia di Euro 2024. Momen tersebut terjadi saat Serbia menghadapi Slovenia pada matchday kedua.

6. Ivan Ilic jadi pengumpan untuk gol Luka Jovic

6 Pemain Timnas Serbia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Ivan Ilic (instagram.com/i.ilic14)

Luka Jovic tak akan bisa mencetak gol bila tak ada aliran bola dari Ivan ilic. Aksi Ilic membuat Jovic bisa mencetak gol penyama kedudukan kontra Slovenia. Dengan hal ini maka Ilic menjadi satu-satunya pemain Serbia yang mencetak assist di Euro 2024. Ilic sendiri bermain selama 202 menit dari 3 laga selama Euro 2024.

Tumpulnya lini serang Serbia menjadi alasan utama mereka gagal lolos ke fase gugur. Serbia hanya mampu mencetak 1 gol dari 3 laga di Grup C Euro 2024. Hal ini jelas menjadi evaluasi besar bagi Serbia yang sebetulnya memiliki materi penyerang hebat, seperti Dusa Vlahovic, Dusan Tadic, Aleksandar Mitrovic, Petar Ratkov, dan Luka Jovic.

Baca Juga: Barbarnya Suporter Serbia di Euro 2024, Baku Hantam Terus 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya