4 Pemain SC Freiburg yang Unjuk Gigi di Euro 2024

Hanya membela Austria dan Hungaria #EURO2024

SC Freiburg menjalani musim 2023/2024 tanpa kejutan. Klub asal Baden-Wurttemberg ini hanya bertengger di papan tengah klasemen Bundesliga Jerman 2023/2024 dengan koleksi 42 poin. Kendati demikian, pemain SC Freiburg masih banyak diminati negaranya untuk bermain di Euro 2024.

Di Euro 2024 ini, ada empat pemain Freiburg yang berlaga. Mereka membela dua negara berbeda dengan kekuatan dan peran yang berbeda. Lantas, siapa sajakah keempat nama yang dimaksud dan seperti apa kiprah negara yang mereka bela?

1. Attila Szalai jadi bek pelapis Timnas Hungaria

4 Pemain SC Freiburg yang Unjuk Gigi di Euro 2024Attila Szalai (instagram.com/szancso41)

Attila Szalai merupakan pemain pinjaman SC Freiburg dari TSG Hoffenheim pada paruh kedua musim 2023/2024. Meski tak gemilang bersama SC Freiburg, Szalai tetap dipanggil ke Timnas Hungaria untuk bermain di Euro 2024. Namun, posisinya hanya sebatas bek pelapis.

Pemain berusia 26 tahun ini berada di bawah bayang-bayang Willi Orban, Endre Botka, dan Marton Dardai yang jadi pilihan utama. Oleh karena itu, Szalai baru mencatat 95 menit dari 3 laga di fase grup. Szalai sendiri belum bisa mendapatkan kepastian tentang kiprahnya di Euro 2024. 

2. Rolland Sallai jadi pemain utama Hungaria

4 Pemain SC Freiburg yang Unjuk Gigi di Euro 2024Rolland Sallai (instagram.com/rollandsallai)

Berbeda dengan Attila Szalai yang jadi pelapis, Roland Sallai justru mendapatkan tempat utama di skuad Hungaria. Pemain yang berposisi sebagai sayap kanan ini tampil sebanyak 3 kali dengan rincian 267 menit. Dalam kurun waktu tersebut, Sallai menyumbang satu assist pada laga kontra Skotlandia.

Dengan status sebagai peringkat ketiga di grup A Euro 2024, Sallai dan Timnas Hungaria masih harap-harap cemas akan nasibnya. Sebab, mereka masih menunggu pertandingan lain dengan berharap lolos dengan status peringkat ketiga terbaik. Kini, Hungaria memiliki 3 poin yang jadi modal untuk lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga: Riccardo Calafiori, Perpaduan Bek Klasik dan Modern Italia di Euro

3. Philipp Lienhart berhasil membawa Austria jadi tim kuda hitam

4 Pemain SC Freiburg yang Unjuk Gigi di Euro 2024Phillipp Lienhart (instagram.com/philipp_lienhart)

Timnas Austria sebetulnya tak begitu dijagokan di Grup D Euro 2024. Namun, mereka sukses membalikkan keadaan dengan berkuasa di grup tersebut. Austria lolos sebagai juara Grup D dan berada di atas Prancis, Belanda, serta Polandia. Austria benar-benar menjadi tim kuda hitam untuk turnamen kali ini.

Keberhasilan itu tak terlepas dari kontribusi besar seorang Phillipp Lienhart. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini tampil sangat hebat sebagai bek tengah pada dua pertandingan terakhir Austria pada fase grup. Lienhart tampil selama 152 menit dan membawa Austria menang dalam 2 laga tersebut.

4. Michael Gregoritsch sudah tampil tiga laga sebagai pemain rotasi

4 Pemain SC Freiburg yang Unjuk Gigi di Euro 2024Michael Gregoritsch (twitter.com/EURO2024)

Sama seperti Phillipp Lienhart, Michael Gregoritsch juga ikut serta membawa Timnas Austria berjaya pada fase grup. Gregoritsch memang memiliki peran yang lebih kecil ketimbang Lienhart. Meski begitu, perannya masih tetap layak untuk diperhitungkan.

Dalam 3 pertandingan yang dijalani Austria, Gregoritsch tampil selama 80 menit. Gregoritsch hadir sebagai seorang pemain pelapis yang bisa diandalkan, khususnya untuk posisi penyerang. Perannya ini bisa saja makin berkembang jika Gregoritsch membuat sebuah kejutan pada babak 16 besar mendatang.

Tak semua pemain SC Freiburg memberikan hasil terbaik bagi timnya secara individu. Namun, keempat nama ini sukses membawa negaranya masing-masing berjaya. Apalagi Michael Gregoritsch dan Phillipp Lienhart yang sukses membawa Austria lolos ke fase gugur.

Baca Juga: 3 Pemain Mencetak Gol di 4 Edisi Euro Berbeda

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya