5 Pemain Penting Swiss di Euro 2024

Swiss bermain secara kolektif #EURO2024

Intinya Sih...

  • Swiss bermain dengan kolektif dan memuaskan di Euro 2024
  • Akanji, Aebischer, dan Freuler menjadi pemain kunci Swiss
  • Vargas dan Embolo juga memberikan kontribusi penting bagi Swiss

Kiprah Swiss di Euro 2024 cukup memuaskan. Swiss bermain menghibur dan sanggup berjaya pada babak grup dan 16 besar. Sayangnya, Swiss gagal lolos ke semifinal karena kalah dari Inggris melalui adu penalti.

Kiprah Swiss di Euro tahun ini tak terlepas dari permainan apik lima pemain. Mereka layak disebut sebagai pemain terpenting Swiss di Euro 2024. Siapa sajakah pemain yang dimaksud? Untuk mengetahuinya, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Manuel Akanji paling menonjol di lini pertahanan

5 Pemain Penting Swiss di Euro 2024Manuel Akanji (twitter.com/euro2024)

Pelatih Swiss, Murat Yakin, tak pernah semenit pun mengganti komposisinya untuk posisi bek tengah. Ia selalu memainkan Fabian Schar, Manuel Akanji, dan Ricardo Rodriguez secara bersamaan. Dari ketiga pemain tersebut, Akanji menjadi yang paling menonjol.

Selain karena gaya bermainnya yang tegas dan disiplin, Akanji juga cukup menonjol secara statistik. Ia mencatat rata-rata 4,6 clearence, 1,8 intersep, 2 tekel, 3 ball recovered, dan 52 persen kemenangan duel. Catatan tersebut membuat Akanji lebih unggul ketimbang Schar dan Rodriguez. Akanji sendiri pernah mendapatkan Man of the Match pada laga Skotlandia vs Swiss.

2. Michel Aebischer jadi bintang Swiss pada matchday pertama

5 Pemain Penting Swiss di Euro 2024Michel Aebischer (instagram.com/michel.aebischer)

Swiss meraih kemenangan 3-1 atas Hungari pada matchday pertama Euro 2024. Keberhasilan tersebut tak lepas dari permainan gemilang seorang Michel Aebischer. Pada laga tersebut, Aebischer mencatat 1 gol dan 1 assist sebagai seorang sayap kiri. Padahal, Aebischer memiliki posisi asli sebagai gelandang tengah.

Kegemilangannya itu juga ia tunjukkan pada laga kontra Italia pada babak 16 besar. Pada laga tersebut, Aebischer menyumbang satu assist. Aebischer sendiri hanya absen selama 2 menit selama Swiss berlaga di Euro 2024.

Baca Juga: Rapor Keikutsertaan Belanda pada 5 Edisi Euro Terakhir

3. Remo Freuler punya peran penting di lini tengah

5 Pemain Penting Swiss di Euro 2024Remo Freuler (twitter.com/EURO2024DE)

Remo Freuler memegang peran penting dalam alur distribusi bola Timnas Swiss di Euro 2024. Pemain Bologna ini memiliki tugas ganda, yakni sebagai penjegal bola dan penyalur bola. Selain itu, Freuler juga tak lupa dalam hal menyerang.

Hal tersebut terbukti dari 1 gol dan 2 assist yang ia catat dari 5 laga di Euro 2024. Bicara soal statistik, Freuler pun cukup mentereng. Ia mencatat rata-rata 57 sentuhan, 0,6 peluang, 87 persen akurasi umpan, 2,2 ball recovered, dan 44 persen kemenangan duel.

4. Ruben Vargas jadi Man of the Match pada babak 16 besar

5 Pemain Penting Swiss di Euro 2024Ruben Vargas (instagram.com/iamrubenvargas

Swiss menghadapi lawan berat, Italia, pada babak 16 besar. Namun, Swiss memiliki sosok Ruben Vargas yang sukses tampil bersinar pada laga tersebut. Vargas mencatat 1 gol dan 1 assist yang membantu Swiss menang atas Italia dengan skor 2-0. Penampilan apik tersebut juga membawa Vargas terpilih sebagai Man of the Match.

Vargas sendiri memang jadi salah satu pemain andalan Murat Yakin di posisi winger kanan. Namun, Vargas tak selalu mendapatkan menit bermain penuh. Meski begitu, permainan Vargas cukup memuaskan.

5. Breel Embolo jadi yang paling tajam

5 Pemain Penting Swiss di Euro 2024Breel Embolo (twitter.com/euro2024)

Dalam daftar ini, Breel Embolo menjadi pemain dengan menit bermain paling sedikit. Penyerang AS Monaco ini hanya mencatat 297 menit dari 5 laga. Meski begitu, Embolo sukses menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penyerang. Sebab, ia sukses menjadi pemain paling tajam di skuad Swiss selama Euro 2024.

Embolo sendiri mencetak dua gol selama turnamen ini. Gol pertamanya dicetak di laga melawan Hungaria pada matchday pertama. Sedangkan, gol keduanya dicetak Embolo saat menghadapi Inggris pada babak delapan besar.

Swiss memiliki permainan yang sangat kolektif sebagai sebuah tim selama Euro 2024. Kelima nama ini hanyalah pemain yang menonjol soal performa, baik secara keseluruhan maupun beberapa momen penting. Selain kelima nama ini, Granit Xhaka, Dan Ndoye, Fabian Schar, Yann Sommer, dan Silvan Widmer juga layak mendapat apresiasi.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Paling Menonjol di Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya