5 Pemain Penting Portugal di Euro 2024

Cristiano Ronaldo masuk daftar #EURO2024

Langkah Portugal di Euro 2024 terhenti pada babak delapan besar. Pada fase tersebut, Portugal harus kalah lewat adu penalti setelah Joao Felix gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil, Portugal harus tersingkir dan pulang lebih cepat dari Euro 2024.

Portugal yang memiliki deretan pemain bintang justru tampil membosankan dan hanya bisa mencetak tiga gol selama Euro 2024. Hal ini jelas sangat mengecewakan khususnya bagi penggemar dan warga negara Portugal. Meski begitu, sejumlah pemain layak mendapat apresiasi berkat penampilannya. Siapa sajakah mereka?

1. Diogo Costa jadi satu-satunya pemain Portugal yang tak tergantikan

5 Pemain Penting Portugal di Euro 2024Diogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Diogo Costa menjadi satu-satunya pemain Portugal yang tak tergantikan selama Euro 2024. Pemain yang berposisi sebagai kiper itu sanggup menunjukkan permainan yang memuaskan, baik pada waktu normal maupun adu penalti. Hal tersebut membuat Rui Patricio dan Jose Sa tak mencicipi satu menit pun Euro 2024.

Salah satu momen terbaik Costa terjadi pada babak 16 besar, tepatnya pada adu penalti. Pada laga melawan Slovenia tersebut, Costa mampu menepis semua algojo penalti Slovenia. Hal tersebut membuat Portugal menang dan lolos ke babak delapan besar. Pada akhir laga, Costa pun mendapat penghargaan Man of the Match.

2. Pepe unjuk gigi meski tak lagi muda

5 Pemain Penting Portugal di Euro 2024Pepe (twitter.com/officialpepe)

Dengan penampilannya di Euro 2024, Pepe resmi menjadi pemain tertua dalam sejarah Euro. Meski tak lagi muda, Pepe sanggup memberikan performa jempolan bagi Timnas Portugal. Dari 4 laga yang ia jalani, Pepe mencatat 410 menit.

Dalam kurun waktu tersebut, Pepe mencatat rata-rata 116,5 sentuhan, 6 clearence, 1,3 intersep, 2,3 tekel, dan 6,5 ball recovered dengan persentase kemenangan duel sebesar 66 persen. Catatan tersebut lebih baik ketimbang beberapa bek tengah yang lebih muda darinya. Sebut saja Ruben Dias, Goncalo Inacio, maupun Antonio Silva.

Baca Juga: Kiprah Portugal di 5 Edisi Euro Terakhir

3. Nuno Mendes hebat dalam bertahan dan menyerang

5 Pemain Penting Portugal di Euro 2024Nuno Mendes (en.psg.fr)

Dari posisi bek sayap, Nuno Mendes tampaknya menjadi yang paling gemilang. Hal itu bisa dilihat dari catatan statistiknya. Ia mencatat rata-rata 2,3 clearence, 1,3 intersep, 3 tekel, dan 3,5 ball recovered dengan 50 persen kemenangan duel. 

Statistik Mendes saat menyerang juga tak jauh berbeda dengan statistiknya saat bertahan. Mendes sanggup mengumpulkan rata-rata 114,3 sentuhan, 0,8 peluang, dan 91 persen akurasi umpan. Mendes menjadi salah satu nyawa Portugal di Euro 2024.

4. Bernardo Silva jalani peran sebagai pengatur serangan

5 Pemain Penting Portugal di Euro 2024Bernardo Silva (x.com/EURO2024)

Dari beberapa playmaker yang dimiliki Timnas Portugal, Bernardo Silva menjadi yang paling mentereng. Meski lebih sering dipasang sebagai sayap kanan, Silva menjalani perannya sebagai pengatur serangan dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari rata-rata statistiknya di mana ia menciptakan 2,5 peluang, 94 persen akurasi umpan, dan 60 kesuksesan dribel.

Di samping itu, Silva juga pernah mencetak satu gol untuk Portugal. Momen tersebut terjadi pada matchday ketiga Euro 2024 ketika Portugal menang atas Turki dengan skor 3-0. Pada laga tersebut, penampilan Silva diganjar penghargaan Man of the Match.

5. Cristiano Ronaldo jadi satu-satunya pencetak assist bagi Portugal di Euro 2024

5 Pemain Penting Portugal di Euro 2024Cristiano Ronaldo (fifa.com)

Bila dibandingkan dengan beberapa edisi Euro yang pernah ia jalani, Euro 2024 mungkin menjadi yang terburuk bagi Cristiano Ronaldo. Sebab, Ronaldo gagal mencetak satu pun gol pada edisi kali ini. Meski begitu, Ronaldo tetap memegang peran penting di skuad Portugal.

Pemain Al Nassr ini menjadi satu-satunya pencetak assist bagi Portugal di Euro 2024. Momen tersebut terjadi saat ia Portugal menang atas Turki pada fase grup. Kala itu, Ronaldo yang sudah bebas lebih memilih untuk memberikan umpan kepada Bruno Fernandes. Beruntung, Fernandes mampu menuntaskan peluang tersebut menjadi gol.

Portugal memang sangat tumpul selama Euro 2024. Dari 5 gol yang diciptakan Portugal pada waktu normal, 2 di antaranya merupakan gol bunuh diri. Sedangkan tiga gol lain, masing-masing dicatatkan oleh Fransisco Conceicao, Bernardo Silva, dan Bruno Fernandes. Portugal harus berbenah jika ingin memanfaatkan kualitas pemainnya dengan baik.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern Munich

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya