6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024

Olympiacos cetak sejarah

Intinya Sih...

  • Olympiakos juara Liga Konferensi Eropa 2023/2024 dengan skor tipis 1-0 atas ACF Fiorentina setelah babak tambahan.
  • Kostantinos Tzolakis, Panagiotis Retsos, dan David Carmo tampil gemilang di lini pertahanan Olympiacos dengan mencatat statistik yang mengesankan.
  • Ayoub El Kaabi menjadi penentu kemenangan berkat golnya pada menit ke-116

Olympiakos akhirnya keluar sebagai juara UEFA Europa Conference League 2023/2024, Kamis (30/5/2024). Pada babak final, klub asal Yunani ini berhasil menang dengan skor tipis 1-0 atas ACF Fiorentina. Pertandingan berjalan cukup lama karena berlanjut hingga ke babak tambahan.

Pada babak final, kedua tim bermain saling menyerang. Dengan permainan berintensitas tinggi, tak heran banyak pemain yang bermain sepenuh tenaga dan tampil gemilang. Dari puluhan pemain yang bermain pada babak final Liga Konferensi 2023/2024, inilah enam yang dinilai tampil paling gemilang.

1. Konstantinos Tzolakis selalu sigap menjaga gawang Olympiakos

6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024Kostantinos Tzolakis (olympiacos.org)

Fiorentina sebetulnya memiliki banyak peluang. Akan tetapi, kesempatan tersebut selalu gagal berbuah gol karena penampilan gemilang seorang Kostantinos Tzolakis. Kiper asal Yunani itu bermain sangat apik dengan mencatat 2 high claim dan 4 penyelamatan yang semuanya merupakan sepakan di dalam kotak penalti. Dari SofaScore, Tzolaksi mendapat nilai delapan.

2. Panagiotis Retsos mentereng pada babak final

6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024Panagiotis Retsos (instagram.com/panosretsos)

Kiprah Panagiotis Retsos sebetulnya tak terlalu gemilang dalam perjalanan Olympiakos meraih gelar juara Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Namun, penampilan apiknya pada babak final patut diacungi jempol. Bek tengah berkebangsaan Yunani ini tampil kokoh di lini pertahanan. Retsos mencatat 8 clearence, 2 intersep, 2 blok, 1 tekel, dan 62 persen kemenangan duel sepanjang final. Retsos pun mendapat nilai 7,7 dari SofaScore.

3. David Carmo konsisten dalam tampil kokoh bersama Olympiakos

6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024David Carmo (instagram.com/d__carmo16)

Masih dari lini pertahanan Olympiakos, kali ini ada nama David Carmo. Bek asal Angola ini tampil konsisten untuk tampil kokoh di lini pertahanan Olympiacos. Hal tersebut juga ia tunjukkan pada babak final kala berhadapan dengan ACF Fiorentina. Carmo mencatat 4  clearence, 1 intersep, 2 blok, 1 tekel, dan 70 persen kemenangan duel. Carmo pun diberi nilai 7,8 dari SofaScore.

Baca Juga: Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024

4. Ayoub El Kaabi jadi penentu kemenangan Olympiakos

6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024Ayoub El Kaabi (olympiacos.org)

Sebagai satu-satunya pencetak gol pada pertandingan ini, Ayoub El Kaabi sangat pantas mengisi satu tempat dalam daftar. Penyerang asal Maroko ini menjadi penentu kemenangan Olympiakos berkat gol yang ia cetak pada menit ke-116. Namun, El Kaabi tak banyak memiliki kesempatan untuk bergerak pada babak final. Sebab, ia dijaga ketat pertahanan ACF Fiorentina.

5. Nikola Milenkovic tampil disiplin di lini pertahanan Fiorentina

6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024Nikola Milenkovic (acffiorentina.com)

Salah satu pemain yang menjaga ketat Ayoub El Kaabi pada babak final ialah Nikola Milenkovic. Bek asal Serbia ini benar-benar tampil disiplin dalam menjaga pertahanan Fiorentina. Milenkovic mencatat 6 clearence, 2 tekel, dan memenangkan 14 dari 18 duel. Akan tetapi, penampilan apik Milenkovic tercoreng pada menit ke-116. Pasalnya, ia kecolongan sehingga satu-satunya gol Olympiakos bisa terjadi.

6. Christian Kouame sempat menyulitkan pertahanan ACF Fiorentina

6 Pemain Paling Gemilang di Final Liga Konferensi Eropa 2023/2024Christian Kouame (acffiorentina.com)

ACF Fiorentina cukup gencar dalam menyerang pada laga final kontra Olympiacos. Namun, klub asal Italia itu tetap tak sanggup mencetak gol. Salah satu pemain Fiorentina yang menyulitkan pertahanan Olympiakos adalah Christian Kouame. Ia bermain sangat cepat di sayap kiri hingga mampu mencatat 100 persen kesuksesan dribel, 1 tembakan, 34 sentuhan, 74 persen akurasi umpan, dan 1 umpan kunci. Itu sempat membuat pertahanan Olympiakos kewalahan.

Keberhasilan Olympiakos meraih gelar juara Liga Konferensi Eropa jelas membanggakan bagi mereka. Sebab, Olympiakos telah mencetak sejarah sebagai klub Yunani pertama yang meraih gelar juara di kompetisi besar Eropa. Namun, bagi ACF Fiorentina, ini merupakan kali kedua mereka gagal menang di babak final Liga Konferensi.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya