6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF Fiorentina

Vincenzo Italiano resmi pindah ke Bologna

Intinya Sih...

  • Vincenzo Italiano resmi menjadi suksesor Thiago Motta di Bologna setelah tidak diperpanjang kontraknya.
  • Italiano sebelumnya berhasil membawa ACF Fiorentina ke babak final Liga Konferensi Eropa selama 2 musim berturut-turut.
  • Beberapa pemain andalan Fiorentina yang paling diandalkan Italiano antara lain Cristiano Biraghi, Nikola Milenkovic, Pietro Terracciano, Giacomo Bonaventura, Nicolas Gonzalez, dan Jonathan Ikone.

Thiago Motta resmi tak perpanjang kontrak di Bologna. Santer kabar bahwa ia bakal menjadi suksesor Massimiliano Allegri di Juventus. Momen perpindahan ini ternyata memberikan efek domino.

Bologna pun akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Vicenzo Italiano untuk menggantikan Thiago Motta. Vincenzo Italiano sendiri merupakan manajer asal Italia yang sebelumnya menukangi ACF Fiorentina selama 3 tahun.

Bersama La Viola, Italiano sanggup memberikan performa mengesankan. Bahkan, Italiano sukses membawa Fiorentina ke babak final Liga Konferensi Eropa selama 2 musim berturut-turut meski gagal menjadi juara pada dua kesempatan itu.

Keberhasilan Vicenzo Italiano di Fiorenitan tak terlepas dari kontribusi sejumlah anak asuhnya di Fiorentina. Beberapa di antaranya tergolong sebagai pemain andalan karena sering dimainkan. Dari puluhan pemain yang pernah diturunkan Vicenzo Italiano di Fiorentina, inilah enam pemain yang paling ia andalkan.

1. Cristiano Biraghi berperan (140 laga) sebagai pemimpin tim

6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF FiorentinaCristiano Biraghi (acffiorentina.com)

Cristiano Biraghi merupakan kapten ACF Fiorentina pada era kepelatihan Vincenzo Italiano. Selain menjadi pemimpin tim, Biraghi juga memiliki permainan yang mentereng. Meski bermain sebagai bek kiri, Biraghi juga cukup sering menyerang. Torehan 11 gol dan 23 assist dari 140 pertandingan di bawah asuhan Italiano menjadi buktinya.

Baca Juga: 4 Pemain Juventus di Skuad Timnas Italia Euro 2024

2. Nikola Milenkovic mengawal lini pertahanan sebanyak 131 laga

6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF FiorentinaNikola Milenkovic (acffiorentina.com)

Vincenzo Italiano memiliki cukup banyak opsi untuk posisi bek tengah Fiorentina. Dari sekian banyak nama, Nikola Milenkovic menjadi pemain yang paling sering dimainkan. Bukan tanpa alasan, Milenkovic memang sedang berada dalam permainan terbaiknya sebagai seorang bek tangguh. Dengan catatan 131 penampilan, Milenkovic turut menyumbang 6 gol dan 4 assist di bawah arahan Italiano.

3. Pietro Terracciano (127 laga) dipilih jadi kiper utama ACF Fioretina

6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF FiorentinaPietro Terracciano (acffiorentina.com)

Sebelum kedatangan Vincenzo Italiano, Pietro Terracciano masih berstatus sebagai kiper pelapis. Namun, sejak Italiano datang, Terracciano mulai dipercaya sebagai kiper utama I Viola. Tak heran jika Terraciano mampu mencatat 127 penampilan untuk Fiorentina dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Hal tersebut juga didukung dengan performa Terracciano yang semakin matang.

4. Giacomo Bonaventura (127 laga) merupakan sosok yang versatile

6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF FiorentinaGiacomo Bonaventura (acffiorentina.com)

Serupa dengan Pietro Terracciano, Giacomo Bonaventura juga mencatat 127 penampilan di bawah arahan Vincenzo Italiano. Dalam kurun waktu tersebut, Bonaventura mencatat 19 gol dan 19 assist. Bonaventura sendiri layak untuk diandalkan karena pemain asal Italia ini merupakan pemain yang serba bisa. Ia mampu bermain di semua posisi gelandang serta posisi sayap, baik kiri maupun kanan.

5. Nicolas Gonzalez jadi yang paling tajam dari 125 pertandingan

6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF FiorentinaNicolas Gonzalez (acffiorentina.com)

Nicolas Gonzalez menjadi pemain paling tajam selama Vincenzo Italiano membesut Fiorentina. Winger berkebangsaan Argentina itu mencetak 38 gol dan 20 assist dari 125 pertandingan. Tak heran jika selama dilatih Italiano, Gonzalez mendapatkan banyak sorotan. Selain itu, ia juga jadi makin rutin dipanggil memerkuat Timnas Argentina dan menarik perhatian klub-klub raksasa Eropa.

6. Jonathan Ikone berperan sebagai pemain rotasi dalam 115 laga

6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF FiorentinaJonathan Ikone (twitter.com/acffiorentinaen)

Jonathan Ikone dinobatkan sebagai pemain rotasi yang paling diandalkan Vincenzo Italiano di Fiorentina. Winger berkebangsaan Prancis ini mencatat 115 pertandingan. Ia pernah datang sebagai pemain pengganti sebanyak 47 kali dan pernah diganti sebanyak 48 kali. Itu artinya, Ikone hanya bermain 90 menit dalam 20 pertandingan. Dalam kurun waktu tersebut, Ikone mencatat 12 gol dan 13 assist.

Selepas kepergian Vincenzo Italiano ke Bologna, ACF Fiorentina sendiri juga langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti. Pilihan tersebut jatuh kepada Raffaelle Palladino yang sebelumnya menukangi AC Monza. Pergantian manajer di Serie A Italia pada akhir musim 2023/2024 ini benar-benar memberikan efek domino yang bikin gelaran musim depan jadi lebih menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: 3 Pahlawan Final Euro yang Cetak Gol Tunggal sejak Edisi 2004

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya