6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024

Luka Modric masuk daftar #EURO2024

Intinya Sih...

  • Kroasia gagal lolos fase grup Euro 2024, menempati peringkat ketiga di Grup B
  • Dominik Livakovic mencatat 11 penyelamatan, 2 pukulan, dan 3 high claim selama turnamen
  • Luka Modric masih berperan penting meski usianya 38 tahun, sementara Mateo Kovacic tampil dominan di lini tengah tanpa mencetak gol

Sebagai salah satu negara yang mulai diperhitungkan, gagal menembus fase grup menjadi sebuah hal yang memalukan bagi Kroasia. Itulah yang mereka alami di Euro 2024. Kroasia gagal menembus fase grup lantaran hanya menduduki peringkat ketiga di Grup B, di bawah Spanyol dan Italia.

Penampilan Kroasia memang cukup mengecewakan pada Euro 2024. Namun, sejumlah nama layak mendapatkan apresiasi berkat penampilan apiknya. Dari 26 pemain yang ada di skuad Kroasia pada Euro 2024, inilah 6 pemain yang paling menonjol soal performa.

1. Aksi Dominik Livakovic di bawah mistar patut diapresiasi

6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Dominik Livakovic (twitter.com/hns_cff)

Selama fase grup Euro 2024, Dominik Livakovic kebobolan enam gol. Meski begitu, aksi Livakovic di bawah mistar Kroasia patut diapresiasi. Sebab, Livakovic cukup sigap dalam melakukan penyelamatan dalam tiga pertandingan yang ia jalani. Jika ditotal, maka Livakovic mencatat 11 penyelamatan, 2 pukulan, dan 3 high claim.

2. Josip Sutalo paling disiplin di lini pertahanan Kroasia

6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Josip Sutalo saat berseragam Timnas Kroasia. (instagram.com/josip.sutalo)

Josip Sutalo sangat layak untuk disorot selama fase grup Euro 2024. Bek Kroasia ini tampil sangat hebat dengan disiplin tingkat tinggi dalam hal mengawal lini pertahanan negaranya. Sutalo mencatat 7 clearence, 5 blok, 13 intersep, dan 6 tekel. Selain itu, ia juga memenangkan 59 persen duel. Catatan tersebut merupakan catatan terbaik dibandingkan seluruh bek Kroasia lain.

3. Josko Gvardiol tampil apik sebagai bek kiri dan bek tengah

6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Josko Gvardiol (twitter.com/HNS_CFF)

Bek lain yang patut mendapatkan apresiasi dari penampilannya bersama Timnas Kroasia di Euro 2024 ialah Josko Gvardiol. Pemain Manchester City ini cukup versatile karena bisa bermain sebagai bek tengah dan bek kiri. Dari 3 laga yang ia jalani, Gvardiol 2 kali bermain sebagai bek kiri dan 1 kali sebagai bek tengah. Namun, jika bicara soal statistik, Gvardiol masih kalah dari Josip Sutalo. Gvardiol hanya mencatat 2 clearence, 1 blok, 5 intersep, dan 5 tekel, serta 44 persen kemenangan duel.

Baca Juga: Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih Aktif

4. Luka Modric masih memegang nyawa di lini tengah Kroasia

6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Luka Modric (twitter.com/HNS_CFF)

Luka Modric seharusnya sudah mulai digantikan karena telah berusia 38 tahun. Namun, Kroasia tampaknya belum menemukan gelandang yang sepadan untuk menggantikan sosok Modric. Oleh karena itu, Modric masih memegang peranan penting di lini tengah Kroasia. Pada fase grup Euro 2024, Modric sempat menjadi sorotan karena kegagalannya mengeksekusi penalti. Namun di sisi lain, Modric juga masih dianggap sebagai pahlawan negara bagi Kroasia dan juga mampu menyumbang satu gol.

5. Mateo Kovacic cukup dominan di lini tengah Kroasia

6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Mateo Kovacic (twitter.com/HNS_CFF)

Mateo Kovacic mungkin menjadi pemain yang mampu menyaingi kualitas Luka Modric di lini tengah Kroasia. Gelandang Manchester City ini tampil cukup dominan di lini tengah, meski tak mencetak gol maupun assist selama Euro 2024. Bicara soal statistik, Kovacic sanggup mencatat rata-rata 1,3 peluang dan 93 persen akurasi umpan per laga. Di samping itu, Kovacic juga cukup piawai dalam hal bertahan. Ia mencatat rata-rata 1 intersep, 2,7 tekel, dan 60 persen kemenangan duel per laga.

6. Andrej Kramaric paling gemilang di lini serang

6 Pemain Kroasia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Andrej Kramaric saat berseragam Timnas Kroasia, (instagram.com/andrejkramaric)

Dari beberapa penyerang yang dibawa Zlatko Dalic ke skuad Kroasia untuk Euro 2024, Andrej Kramaric menjadi yang paling gemilang. Penyerang dari klub TSG Hoffenheim ini bisa ditempatkan sebagai sayap kiri dan penyerang tengah. Hal itulah yang membuat Kramaric bisa disesuaikan dengan taktik yang ada. Timnas Kroasia sendiri hanya mampu mencetak dua gol di Euro 2024. Salah satunya ditorehkan oleh Kramaric.

Meski bukan prestasi yang membanggakan, keenam pemain ini patut berbangga karena penampilan apiknya ini. Bagi Kroasia, Euro 2024 akan menjadi bahan evaluasi yang besar. Terlebih lagi, Kroasia harus bersiap untuk melakukan regenerasi mengingat pemain yang ada sudah mulai menua.

Baca Juga: 6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya