3 Pemain Kelahiran Navarre yang Membela Spanyol di Euro 2024

Nico WIlliams jadi salah satu nama yang melejit #EURO2024

Intinya Sih...

  • Alex Remiro, kiper Timnas Spanyol di Euro 2024, lahir di Kota Cascante, Navarre
  • Mikel Merino, gelandang jempolan Spanyol, lahir di Pamplona dan berhasil cetak gol penting
  • Nico Williams, bintang baru La Furia Roja, lahir di Pamplona dan akrab dengan Basque

Navarre merupakan sebuah wilayah di Spanyol yang memiliki ibu kota di Pamplona. Wilayah ini terletak di utara Spanyol yang langsung berbatasan dengan Prancis. Dari wilayah ini, sejumlah pemain ternama lahir dan memberikan kontribusinya untuk TImnas Spanyol.

Di Euro 2024, ada tiga pemain kelahiran Navarre di skuad Timnas Spanyol. Ketiga pemain ini memiliki kiprah yang berbeda-beda. Ada yang jadi pilihan utama, pelapis, bahkan belum dimainkan semenit pun. Untuk mengetahui ketiga pemain yang dimaksud, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Alex Remiro belum tampil semenit pun

3 Pemain Kelahiran Navarre yang Membela Spanyol di Euro 2024Alex Remiro (instagram.com/alexremiro1)

Alex Remiro lahir Kota Cascante, Navarre, salah satu kota yang berbatasan langsung dengan wilayah Prancis. Saat masih muda, Remiro sempat menimba ilmu di tim akademi lokal bernama CD Aluvion. Bakat hebatnya itu berhasil dicium oleh akademi Athletic Bilbao pada 2009. Alhasil, Remiro pindah ke wilayah Basque.

Akan tetapi, Remiro justru tak besar bersama Athletic Bilbao. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini justru besar bersama Real Sociedad, sebuah klub yang notabene jadi musuh bebuyutan Athletic Bilbao. Bersama klub ini, Remiro mendapat kesuksesan hingga akhirnya dipanggil oleh Timnas Spanyol.

Remiro menjadi salah satu pemain yang dibawa Luis De la Fuente ke Euro 2024. Akan tetapi, posisinya hanya menjadi kiper ketiga di bawah Unai Simon dan David Raya. Dengan posisi yang tak menguntungkan, Remiro sangat sulit untuk unjuk gigi, bahkan belum mencatat menit bermain sekalipun hingga kompetisi berakhir.

Baca Juga: 4 Negara Top yang Gagal Juara Euro usai Singkirkan Jerman

2. Mikel Merino jadi penentu kemenangan Spanyol atas Jerman

3 Pemain Kelahiran Navarre yang Membela Spanyol di Euro 2024Mikel Merino (instagram.com/mikelmerino)

Mikel Merino lahir di ibu kota wilayah Navarre, tepatnya di Kota Pamplona. Merino besar bersama salah satu tim akademi kuat di Navarre, yakni akademi Osasuna. Setelah itu, Merino berkelana membela klub di Spanyol, Jerman, hingga Inggris.

Sejak 2018, Merino pindah ke Real Sociedad yang berlokasi di Basque. Bersama klub ini, Merino melesat sebagai salah satu gelandang jempolan. Bahkan, ia menjadi salah satu pemain rotasi yang penting untuk Timnas Spanyol di Euro 2024.

Pada ajang tersebut, Merino tak pernah absen di enam laga yang dijalani La Furia Roja. Salah satu laga terbaik yang telah dijalani Merino di Euro 2024 sejauh ini ialah kala berhadapan dengan Jerman pada babak delapan besar. Gol yang ia cetak pada menit 119 berhasil membawa Spanyol menang sekaligus melaju ke semifinal Euro 2024.

3. Nico Williams jadi bintang baru Timnas Spanyol

3 Pemain Kelahiran Navarre yang Membela Spanyol di Euro 2024Nico Williams (twitter.com/EURO2024)

Nico Williams menjadi bintang baru di skuad La Furia Roja. Duetnya bersama Lamine Yamal di sisi sayap Spanyol benar-benar menyulitkan benteng pertahanan lawan. Kehebatannya ini membuat Williams jadi sorotan dan perbincangan publik.

Williams berstatus sebagai pemain utama dan selalu dipasang sebagai starter. Ia telah mencetak 2 gol dan 1 assist sejauh ini. Bahkan, ia turut menaruh namanya di papan skor saat Spanyol membekuk Inggris di final Euro 2024, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. 

Meski lahir di Pamplona, Williams lebih akrab dengan Basque. Sebab, ia besar bersama tim akademi dan tim senior Athletic Bilbao. Padahal, Williams juga pernah membela dua tim akademi asal wilayah Navarre, yakni CD Pamplona (2010--2012) dan Osasuna (2012--2013).

Meski lahir di wilayah Navarre, ketiga pemain ini justru besar bersama tim dari wilayah Basque. Alex Remiro dan Mikel Merino besar bersama Real Sociedad. Sedangkan, Nico Williams besar bersama Atheltic Bilbao. Hal ini bisa terjadi karena Navarre dan Basque memiliki kedekatan dalam hal geografis.

Baca Juga: 7 Negara yang Gagal Meraih Poin pada Fase Grup Euro

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya