6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024

Harry Kane dan Bukayo Saka paling mentereng #EURO2024

Intinya Sih...

  • Bukayo Saka, Conor Gallagher, dan Harry Kane lahir dan besar di London.
  • Saka menjadi pemain utama dengan pengaruh positif, sementara Gallagher dan Kane berperan sebagai pemain pelapis.
  • Ezri Konsa, Eberechi Eze, dan Joe Gomez juga berasal dari London, namun berperan sebagai pemain pelapis yang minim mendapat menit bermain.

London bisa dibilang sebagai pusat sepak bola Inggris. Pasalnya, wilayah yang jadi ibu kota negara Inggris ini menjadi markas dari banyak klub besar, terutama yang bermain di English Premier League. Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, Fulham, dan Crystal Palace menjadi beberapa di antaranya.

Selain memiliki deretan klub besar, London juga melahirkan banyak pemain hebat. Beberapa di antaranya bahkan dipercaya membela Timnas Inggris yang sebentar lagi tampil melawan Spanyol pada final Euro 2024.

Siapa sajakah mereka dan seperti apa kiprahnya selama di Euro 2024? Untuk mengetahuinya, yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Bukayo Saka jadi pemain utama di sayap kanan

6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024Bukayo Saka (fifa.com)

Bukayo Saka lahir di Ealing, London, dari keluarga imigran asal Nigeria. Saka tumbuh besar bersama tim akademi Arsenal dan kini jadi tumpuan tim senior mereka. Ia pun dipanggil skuad Inggris untuk menghadapi Euro 2024. Dengan talenta dan kemampuannya, Saka terbukti mampu memberikan pengaruh positif untuk The Three Lions. Bahkan, ia sukses jadi pemain utama dan tak pernah absen hingga Inggris menembus final Euro 2024.

2. Conor Gallagher jadi pelapis di lini tengah

6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024Connor Gallagher (instagram.com/connorgallagher92)

Conor Gallagher lahir di Epsom yang berada 22 km dari wilayah pusat London Selatan. Saat masih muda, Gallagher besar bersama tim akademi asal London, Epsom Eagles dan Chelsea. Saat memasuki usia senior, Gallagher membela Chelsea dan jadi langganan panggilan Timnas Inggris. Akan tetapi, Gallagher masih di tahap sebagai pemain pelapis. Peran itulah yang kini ia jalani di Euro 2024.

3. Ezri Konsa juga berperan sebagai pelapis

6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024Ezri Konsa (avfc.co.uk)

Tak jauh berbeda dengan Conor Gallagher, Ezri Konsa juga berperan sebagai pelapis di skuad Inggris untuk Euro 2024. Pemain kelahiran Newham, London, ini selalu berada di bawah bayang-bayang bek utama Inggris, seperti John Stones, Marc Guehi, dan Kyle Walker. Konsa bahkan baru mendapatkan menit bermain pada fase gugur. Itu pun tak pernah penuh selama 90 menit.

Baca Juga: Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024

4. Harry Kane terbilang andal dalam mencetak gol

6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024Harry Kane (premierleague.com)

Harry Kane lahir dan besar di London, tepatnya di Walthamstow. Saat masih muda, Kane juga beberapa kali menimba ilmu di tim akademi asal London. Saat ini, ia menjadi penyerang andalan Inggris. Meski sempat seret gol, Kane kembali bersinar dan mampu mencetak banyak gol. Sejauh ini, Kane telah mencetak 3 gol dari 6 laga.

5. Eberechi Eze kalah saing dari nama besar

6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024Eberechi Eze (instagram.com/eze)

Eberechi Eze sangat sering berpindah-pindah tim akademi saat masih kecil. Uniknya, semua tim akademi dan tim senior yang pernah ia bela semuanya berasal dari London. Hal ini sebetulnya wajar mengingat Eze lahir di Greenwich, sebuah kota di pusat wilayah London. Eze sendiri ikut serta di Euro 2024 sebagai pemain pelapis. Dengan pengalaman yang minim, ia masih kalah saing dalam hal menit bermain dari beberapa nama besar.

6. Joe Gomez belum mendapat menit bermain

6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024Joe Gomez (instagram.com/joegomez5)

Joe Gomez menjadi satu-satunya pemain kelahiran London yang tak pernah bermain 1 menit pun di Euro 2024. Meski serbabisa, pemain kelahiran Catford ini tetap tak mendapat menit bermain. Hal ini bisa terjadi karena Gomez dinilai kalah saing dari beberapa nama besar yang biasa menghuni skuad Inggris. Pada final melawan Spanyol nanti, Gomez memiliki peluang yang sangat kecil untuk dimainkan. Hal ini bisa saja membuatnya tak mendapat menit bermain secara penuh selama Euro 2024.

Keenam pemain ini akan membantu Timnas Inggris untuk menghadapi Spanyol pada final Euro 2024. Perjuangan mereka sudah sulit sejauh ini. Namun, mereka bisa mengakhiri ini dengan manis bila berhasil membawa The Three Lions mengangkat trofi Piala Eropa.

Baca Juga: Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya