6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024

Prestasi menurun dibanding edisi sebelumnya #EURO2024

Intinya Sih...

  • Italia tersingkir dari Euro 2024 setelah kalah dari Swiss 0-2 di babak 16 besar, mengakhiri upaya mereka mempertahankan gelar juara.
  • Gianluigi Donnarumma menjadi pemain bertahan terbaik Italia dengan 13 penyelamatan dan aksi menahan penalti Luka Modric.
  • Riccardo Calafiori, Alessandro Bastoni, Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, dan Federico Chiesa juga tampil mentereng di Euro 2024.

Kejutan datang dari babak 16 besar Euro 2024 ketika Italia tersingkir dari perebutan juara. Pasalnya, juara Euro 2020 ini kalah dari Swiss dengan skor 0-2 pada babak tersebut. Hal ini mengakhiri usaha Italia untuk mempertahankan gelar juara Euro yang mereka miliki.

Dalam perjalanannya di Euro 2024, Italia memang tak begitu menonjol sejak fase grup. Apalagi, Italia hanya bisa mencatat 3 gol dari 4 laga yang mereka jalani di turnamen ini. Oleh karena itu, pemain dengan performa terbaik di skuad Italia saat ini didominasi oleh pemain bertahan. Siapa saja nama yang dimaksud?

1. Gianluigi Donnarumma tetap bekerja keras di bawah mistar Italia

6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Gianluigi Donnarumma (en.psg.fr)

Meski dilindungi oleh pemain bertahan jempolan, Gianluigi Donnarumma tetap bekerja keras di bawah mistar Italia. Pemain Paris Saint-Germain ini melakukan 13 penyelamatan, 1 pukulan, 3 high claim, dan 3 clearence. Total penyelamatan itu termasuk aksinya menahan penalti Luka Modric pada partai penentuan Grup B. Donnarumma sendiri bermain 360 menit dalam 4 laga. Itu artinya, Donnarumma tak tergantikan semenit pun.

Baca Juga: Pemain Kesayangan dan Pilihan Aneh Spalletti di Starting XI Italia

2. Riccardo Calafiori jadi sorotan sepanjang fase grup

6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Riccardo Calafiori (instagram.com/azzurri)

Riccardo Calafiori menjadi pemain Italia yang mendapatkan perhatian lebih dari penggemar sepak bola. Sebab, Calafiori dinilai sebagai regenerasi baru dari pertahanan kuat khas Italia. Ia dinilai memiliki aura yang hebat seperti para bek Italia pada awal tahun 2000-an. Terlepas dari itu, Calafiori memang tampil hebat di fase grup. Ia mencatat rata-rata 2,7 clearence, 2 intersep, 1 tekel, 4,3 ball recovered, serta memenangkan 52 persen duel dari 3 laga yang ia jalani.

3. Alessandro Bastoni tampil kokoh di lini pertahanan

6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Alessandro Bastoni (twitter.com/EURO2024)

Duet Riccardo Calafiori di posisi bek tengah Italia, Alessandro Bastoni, juga layak masuk ke daftar ini. Sebab, Bastoni juga tampil sangat kokoh di lini pertahanan Gli Azzurri. Bek Inter Milan ini juga membantu Italia saat memenangi laga kontra Albania dengan mencetak satu gol. Bicara soal statistiknya dalam bertahan, Bastoni cukup mentereng. Ia mencatat rata-rata 4 clearence, 0,3 intersep, 1,3 tekel, 6 ball recovered, serta memenangkan 63 persen duel dari 4 laga yang ia jalani.

4. Nicolo Barella paling mentereng di lini tengah

6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Nicolo Barella (twitter.com/EURO2024)

Untuk posisi gelandang, Nicolo Barella menjadi yang paling mentereng. Pemain Inter Milan ini memainkan 333 menit dari 4 laga di Euro 2024. Barella juga ikut serta menjadi penentu kemenangan Italia atas Albania lewat gol yang ia cetak. Barella sendiri tampil cukup dominan selama Euro 2024. Barella mencatat rata-rata 74,8 sentuhan, 1 peluang, 93 persen akurasi umpan, dan 48 persen kemenangan duel.

5. Federico Chiesa jadi satu-satunya pemain Italia yang meraih Man of the Match di Euro 2024

6 Pemain Italia dengan Performa Terbaik selama Euro 2024Federico Chiesa (twitter.com/EURO2024)

Federico Chiesa menjadi satu-satunya pemain Italia yang meraih penghargaan Man of the Match di Euro 2024. Pemain Juventus ini mendapatkannya pada laga kontra Albania. Pergerakannya memang sangat menyulitkan lawan meski tak mampu mencetak gol maupun assist. Chiesa menjadi satu-satunya penyerang yang layak tercantum dalam daftar.

Timnas Italia yang sebelumnya jadi juara di Euro 2020 malah gugur gugur di babak 16 besar Euro 2024. Mereka melanjutkan tren negatif ketika juara bertahan langsung gugur di babak 16 besar sejak Euro 2016.

Baca Juga: Roller Coaster Prestasi Italia di 5 Edisi Euro Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya