6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris Hughton

Chris Hughton gagal bawa Ghana berprestasi

Ghana menjadi salah satu tim favorit juara yang gagal menembus fase gugur Piala Afrika 2023. The Black Star harus puas berada di posisi ketiga Grup B di bawah Tanjung Verde dan Mesir. Hal tersebut jelas sangat tak mengenakkan bagi Ghana yang memiliki rekam jejak bagus di sepak bola Afrika.

Kegagalan Ghana tersebut berimbas kepada masa depan pelatih mereka, Chris Hughton. Pria asal Republik Irlandia itu pun akhirnya dipecat setelah Ghana resmi tak lolos. Padahal, Hughton telah berupaya keras dengan membangun tim ini.

Salah satu cara yang ia lakukan adalah dengan memainkan sederet nama besar di Timnas Ghana. Pemain-pemain ternama tersebut memiliki menit bermain yang lebih banyak ketimbang puluhan nama lain yang pernah diasuh Hughton di Timnas Ghana. Untuk mengetahuinya, berikut ulasan enam pemain andalan Chris Hughton dengan menit bermain terbanyak di Timnas Ghana.

1. Jordan Ayew paling diandalkan dengan catatan 970 menit

6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris HughtonJordan Ayew (instagram.com/jordanayew9)

Jordan Ayew selalu menjadi andalan beberapa pelatih yang pernah membesut Timnas Ghana. Pemain Crystal Palace ini merupakan seorang penyerang yang serba bisa. Tak heran jika Chris Hughton juga sangat gemar memainkan Ayew. Selama dilatih Hughton, Ayew pernah mencatat 13 laga dengan perincian 970 menit. Dalam kurun waktu tersebut, Ayew mencatat 3 gol dan 1 assist.

2. Gideon Mensah paling diandalkan di lini pertahanan dengan torehan 876 menit

6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris HughtonGideon Mensah (instagram.com/gideonmensah14)

Untuk pos lini pertahanan, Gideo Mensah menjadi yang paling diandalkan. Bek kiri asal AJ Auxerre ini memainkan 11 pertandingan dengan perincian 876 menit. Stamina serta kepandaiannya dalam mengambil waktu dalam transisi menjadi alasan Hughton suka memainkannya. Selama dilatih Hughton, Mensah hanya mencatat satu assist.

3. Selama 876 menit, Mohamed Kudus berhasil menjadi yang tertajam

6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris HughtonMohamed Kudus (twitter.com/KudusMohammedGH)

Meski berposisi asli sebagai gelandang serang, Mohamed Kudus justru menjadi pemain tertajam di bawah asuhan Chris Hughton. Pemain West Ham United ini memang terkenal gemilang dan selalu menjadi tulang punggung The Black Star di berbagai ajang. Alhasil, Kudus bisa mencetak 4 gol dari 11 laga. Secara perincian, Kudus bermain selama 814 menit untuk Timnas Ghana kala dilatih Hughton.

Baca Juga: 5 Pemain Ghana dengan Gol Terbanyak di EPL, Kudus Bisa Mengejar?

4. Salis Abdul Samed tampil kokoh sebagai gelandang bertahan dalam 698 menit

6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris HughtonSalis Abdul Samed (instagram.com/abdul.samed_19

Chris Hughton selalu melibatkan gelandang bertahan dalam skemanya. Untuk posisi ini, Hughton sangat mempercayakannya kepada Salis Abdul Samed. Pemain asal RC Lens ini memang cukup kokoh. Alhasil, ia bisa memainkan 698 menit dalam 11 laga.

5. Denis Odoi memainkan 656 menit hanya dalam 8 laga

6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris HughtonDenis Odoi (fulhamfc.com)

Denis Odoi hanya memainkan delapan pertandingan di bawah arahan Chris Hughton. Kendati demikian, hal tersebut telah membawa Odoi sebagai salah satu pemain dengan jumlah menit terbanyak di Timnas Ghana saat dilatih Hughton. Pasalnya, Odoi sukses mencatat 656 menit dengan sumbangan 1 assist. Odoi sendiri bermain sebagai seorang bek kanan.

6. Antoine Semenyo menyusur sisi sayap Gahan dalam 618 menit

6 Pemain Ghana dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Chris HughtonAntoine Semenyo (instagram.com/antoinesemenyo42)

Selama melatih Timnas Ghana, Chris Hughton selalu melibatkan posisi winger dalam formasi 4-2-3-1. Dalam hal ini, Antoine Semenyo menjadi pemain yang paling sering Hughton mainkan. Semenyo memang memiliki kemampuan mumpuni sebagai winger dengan kecepatan, gocekan, serta tembakannya yang kadang mengejutkan. Pemain AFC Bournemouth ini dimainkan dalam 11 laga dengan perincian 618 menit. Semenyo pun mencetak 1 gol dan 1 assist dalam kurun waktu tersebut.

Jika dihitung secara keseluruhan, Chris Hughton hanya 13 kali memimpin Ghana di pertandingan resmi. Momen tersebut terjadi pada 20 Maret 2023--24 Januari 2024. Momen singkat ini patut disayangkan karena Hughton memiliki potensi untuk membangun tim ini lebih baik.

Baca Juga: 3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya