6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024

Memuaskan sebagai debutan #EURO2024

Intinya Sih...

  • Georgia debut di Euro 2024, meraih empat poin di Grup F dan lolos ke babak 16 besar
  • Giorgi Mamardashvili, Guram Kashia, Giorgi Kochorashvili, Otar Kakabadze, Georges Mikautadze, dan Khvicha Kvaratskhelia tampil luar biasa selama Euro 2024
  • Meski gugur pada babak 16 besar, pengalaman Georgia di Euro 2024 menjanjikan kesuksesan masa depan

Euro 2024 merupakan Euro pertama yang diikuti Georgia. Meski berstatus debutan, Georgia justru tampil percaya diri dengan meraih empat poin di Grup F. Torehan tersebut menempatkan Georgia sebagai salah satu peringkat tiga terbaik yang berhak lolos ke babak 16 besar.

Akan tetapi, Georgia gugur pada babak 16 besar karena kalah dari Spanyol dengan skor 1-4. Meski begitu, masyarakat dan penggemar Georgia patut berbangga terhadap prestasi ini. Mereka juga perlu memberikan apresiasi kepada beberapa pemain yang dinilai menunjukkan performa terbaik di Euro 2024. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Giorgi Mamardashvili mencatat penyelamatan terbanyak pada fase grup

6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Giorgi Mamardashvili (valenciacf.com)

Giorgi Mamardashvili menjadi salah satu sosok terbaik di Timnas Georgia saat ini. Kiper Valencia itu tangguh di bawah mistar dan sering kali hadir sebagai pahlawan. Itu dibuktikan dengan keberhasilannya meraih penghargaan Man of the Match ketika berhadapan dengan Ceko pada matchday kedua Euro 2024. Mamardashvili juga mentereng pada fase grup saat menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak. Secara statistik, Mamardashvili mencatat 30 penyelamatan, 3 pukulan, 9 high claim, dan 5 clearence dari 4 laga selama Euro 2024.

2. Guram Kashia paling menonjol di lini pertahanan Georgia

6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Guram Kashia (mlssoccer.com)

Guram Kashia merupakan kapten Timnas Georgia di Euro 2024. Selain karena kepemimpinannya, Kashia juga memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadi pemain utama. Oleh karena itu, Willy Sagnol, pelatih Georgia, tak pernah mengistirahatkannya semenit pun. Selama Euro 2024, Kashia menjadi bek paling menonjol di skuad Georgia. Ia mencatat rata-rata 7,8 clearence, 0,3 intersep, 1,8 tekel, 2,3 ball recovered, dan persentase kemenangan duel sebesar 64 persen per laga.

3. Giorgi Kochorashvili paling berperan di lini tengah

6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Giorgi Kochorashvili (instagram.com/g.kochora14)

Untuk posisi gelandang, Giorgi Kochorashvili layak disebut sebagai yang terbaik. Gelandang Levante ini tampil sebagai playmaker utama tim. Dari 4 laga yang dijalani, Kochorashvili menyumbang 1 assist. Ia juga memiliki statistik yang cukup baik dalam hal menyerang dan bertahan. Giorgi Kochorashvili mencatat rata-rata 60,8 sentuhan, 2 peluang, 91 persen akurasi umpan, 1,3 clearence, 1,3 intersep, 2,3 tekel, dan 7,8 ball recovered per laga.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol dan Assist Termuda Spanyol dalam 1 Laga Euro

4. Otar Kakabadze jadi kunci dari sayap kanan

6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Otar Kakabadze (instagram.com/otokakabadze)

Pemain Georgia lain yang sukses mencetak assist di Euro 2024 adalah Otar Kakabadze. Pemain berusia 29 tahun ini menjadi salah satu pemain kunci Georgia, khususnya untuk posisi sayap kanan. Pergerakannya benar-benar membuat bek lawan kesulitan. Hal ini memudahkan pemain Georgia lain, seperti Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze, membuka ruang. Serupa dengan tiga nama sebelumnya, Kakabadze juga tak pernah tergantikan.

5. Georges Mikautadze jadi top scorer pada fase grup

6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Kejutan datang dari Georges Mikautadze yang tiba-tiba menjadi top scorer pada fase grup Euro 2024. Mikautadze sukses mencetak 3 gol dan 1 assist dari 3 laga yang dijalani pada fase grup. Sayangnya, ia tak mampu berbuat banyak kala bermain pada babak 16 besar. Namun, dengan statistiknya yang mentereng, Mikautadze tentu layak berada dalam daftar ini.

6. Khvicha Kvaratskhelia penuhi ekspektasi penggemar

6 Pemain Georgia dengan Performa Terbaik di Euro 2024Khvicha Kvaratskhelia (twitter.com/EURO2024)

Khvicha Kvaratskhelia menjadi salah satu nama yang mencuat ketika Georgia resmi lolos ke Euro 2024. Tak heran Kvaratskhelia makin diharapkan untuk menjadi kekuatan utama negaranya. Di Euro 2024 ini, ia sendiri sukses menunjukkan kemampuannya dan memenuhi ekspektasi penggemar. Pemain Napoli ini bermain apik dengan ikut serta mencetak satu gol.

Gugur pada babak 16 besar bukan sebuah hal yang memalukan bagi Georgia. Sebab, mereka merupakan tim debutan yang masih minim jam terbang. Pengalaman Georgia di Euro 2024 bisa menjadi salah satu tonggak kesuksesan mereka pada masa yang akan datang.

Baca Juga: 3 Kiper dengan Total Penyelamatan Tertinggi dalam 1 Edisi Euro

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya