5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar Azmoun

Hanya Benatia dan Veretout yang cemerlang

Aktivitas transfer AS Roma memanas menjelang bursa transfer musim panas 2023 berakhir. Pada Sabtu (26/8/2023) lalu, AS Roma mendatangkan penyerang baru untuk menggantikan Tammy Abraham yang mengalami cedera. Sosok yang dimaksud ialah Sardar Azmoun, pemain asal Iran yang dipinjam dari Bayer Leverkusen.

Saat diperkenalkan, Azmoun tampak memegang jersey dengan nomor punggung 17. Nomor tersebut tampaknya akan digunakan Azmoun dalam semusim ke depan. Sebelum digunakan sang pemain, nomor punggung 17 pernah dipakai beberapa pemain.

Pamor nomor 17 AS Roma sebenarnya menurun jika melihat performa lima pemain terakhir yang memakai nomor ini. Lalu, siapa sajakah kelima nama yang dimaksud? Berikut inilah daftar dan ulasannya!

1. Permainan apik Medhi Benatia yang berlangsung cepat

5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar AzmounMedhi Benatia (asroma.com)

Pada 2013/2014, AS Roma mendatangkan Medhi Benatia dari Udinese. Bek tangguh asal Maroko ini langsung menggunakan nomor punggung 17. Saat berseragam AS Roma, Benatia bermain sangat baik, bahkan dapat dikatakan cukup produktif untuk seorang pemain bertahan. Ia mencatat 37 laga dengan sumbangan 5 gol pada musim tersebut. Akan tetapi, Benatia pergi semusim setelahnya karena diboyong Bayern Munich.

2. Moustapha Seck lebih sering dipinjamkan

5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar AzmounMoustapha Seck (twitter.com/ASRomaEN)

AS Roma mendatangkan Moustapha Seck pada musim panas 2016. Bek kiri asal Senegal ini didapat secara gratis dari Lazio, tim yang notabene merupakan rival abadi AS Roma, dan langsung mengakuisisi nomor punggung 17 peninggalan Medhi Benatia. Sayangnya, Moustapha Seck bermain sangat buruk di AS Roma. Ia hanya mencatat 1 pertandingan selama 4 tahun (2016--2020). Hal itu bisa terjadi karena Seck lebih sering dipinjamkan ke tim lain.

Baca Juga: 5 Kesepakatan Transfer Terakhir antara PSG dan AS Roma

3. Cengiz Under meredup bersama AS Roma

5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar AzmounCengiz Under (asroma.com)

Saat didatangkan dari Istanbul Basaksehir pada musim panas 2017, Cengiz Under pernah dicap sebagai pemain wonderkid. Akan tetapi, label tersebut luntur ketika ia bergabung dengan AS Roma. Pasalnya, performa winger asal Turki ini justru meredup. Pada 3 musim pertama (2017--2020), Under hanya mencatat 88 laga dengan torehan 18 gol dan 12 assist. Sedangkan, 2 musim berikutnya, Under dipinjamkan ke Leicester City dan Olympique Marseille.

4. Jordan Veretout tampil cemerlang sebagai seorang gelandang

5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar AzmounJordan Veretout (asroma.com)

Jordan Veretout bergabung dengan AS Roma pada musim panas 2019 sebagai pemain pinjaman dari Fiorentina. Namun, ia baru memakai nomor punggung 17 ketika memasuki 2020/2021 setelah dipermanenkan. Veretout sendiri bermain selama 3 tahun (2019--2022) bersama I Giallorossi. Dalam kurun waktu tersebut, Veretout tampil sangat baik, bahkan layak untuk dikatakan tampil tajam untuk seorang gelandang. Total 22 laga dan 16 assist dari 131 pertandingan menjadi buktinya.

5. Matias Vina masih berseragam AS Roma meski sering dipinjamkan

5 Pemain dengan Nomor Punggung 17 AS Roma sebelum Sardar AzmounMatias Vina (asroma.com)

Tepat sebelum Sardar Azmoun, nomor punggung 17 pernah digunakan Matias Vina pada paruh pertama 2022/2023. Sebelum itu, Vina pernah memakai nomor punggung 5 pada 2021/2022. Hingga sekarang, Vina masih berstatus sebagai pemain AS Roma. Namun, pada 1,5 musim terakhir, bek asal Uruguay ini selalu dipinjamkan. Untuk musim 2023/2024 ini pun ia dipinjamkan ke Sassuolo.

Selain pernah dipakai lima pemain ini, nomor punggung 17 di AS Roma pun pernah dipakai beberapa pemain legendaris. Mereka adalah Fransesco Totti, Damiano Tomassi, dan John Arne Riise. Dengan ini, Sardar Azmoun punya sedikit beban berat jika melihat para pemain legenda yang pernah mengenakan nomor punggung 17.

Baca Juga: Bukan ke Juventus, Romelu Lukaku Akhirnya ke AS Roma

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya