4 Pemain Celtic FC yang Tampil di Euro 2024

Semuanya membela Timnas Skotlandia #EURO2024

Intinya Sih...

  • Celtic FC merupakan klub raksasa di Skotlandia dengan berlimpahnya gelar juara domestik
  • 5 pemain Celtic FC terlibat dalam skuad Timnas Skotlandia untuk Euro 2024, dengan Anthony Ralston dan Callum McGregor sudah mendapatkan menit bermain
  • James Forrest dan Greg Taylor masih menjadi penghangat bangku cadangan Skotlandia sejauh ini

Bukan lagi menjadi rahasia jika Celtic FC merupakan klub raksasa yang sangat disegani di Skotlandia. Berlimpahnya gelar juara di kompetisi domestik yang Celtic FC dapatkan menjadi buktinya. Di samping itu, Celtic FC juga punya jasa besar untuk kemajuan Timnas Skotlandia.

Jasa besar Celtic kepada Skotlandia bisa dilihat dari keterlibatan lima pemain Celtic di skuad Skotlandia untuk Euro 2024. Namun, Celtic FC tak mengirimkan pemain lain ke Euro 2024, selain untuk Timnas Skotlandia. Lalu, bagaimana kiprah kelima pemain tersebut bersama negaranya?

1. Anthony Ralston jadi pilihan utama di posisi sayap kanan

4 Pemain Celtic FC yang Tampil di Euro 2024Anthony Ralston (instagram.com/anthony_ralston1)

Anthony Ralston berposisi asli sebagai bek kanan. Namun, pada Euro 2024, posisi Ralston diubah agar bisa menyesuaikan dengan formasi 3-4-3 yang diterapkan Steve Clark di Timnas Skotlandia. Meski begitu, Ralston berhasil menjadi pilihan utama di posisi sayap kanan Skotlandia.

Hal tersebut juga terjadi pada laga pertama kontra Jerman di mana Ralston bermain selama 90 menit sebagai sayap kanan. Akan tetapi, Ralston gagal membawa Skotlandia menang. Sebab, mereka dibungkam oleh tim tuan rumah dengan skor 1-5.

2. James Forrest kalah saing dari John McGinn di posisi winger kanan

4 Pemain Celtic FC yang Tampil di Euro 2024James Forrest (celticfc.com)

James Forrest gagal tampil bersinar bersama Celtic FC pada musim ini. Pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini hanya menjadi pemain rotasi di klubnya. Kendati demikian, Forrest tetap dipanggil ke Timnas Skotlandia untuk Euro 2024.

Di negaranya, Forrest juga memiliki peran yang tak jauh berbeda. Pria berusia 32 tahun ini hanya menjadi pelapis dari John McGinn. Tampaknya, Forrest akan sulit untuk menggeser pemain Aston Villa tersebut. Sebab, McGinn punya peranan yang sangat vital di Timnas Skotlandia.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Pertama Euro 2024

3. Greg Taylor harus bersabar untuk menggeser Andy Robertson

4 Pemain Celtic FC yang Tampil di Euro 2024Greg Taylor (instagram.com/gregtaylor12)

Greg Taylor bermain sangat baik bersama Celtic FC pada 2023/2024. Ia sangat sulit tergantikan di posisi favoritnya, bek kiri, pada musim ini. Akan tetapi, pemain berusia 26 tahun ini memiliki porsi yang berbeda ketika membela Timnas Skotlandia.

Sebab, posisi bek kiri atau sayap kiri yang biasa Taylor isi merupakan posisi yang biasa dihuni oleh Andy Robertson. Taylor pun akan sangat sulit untuk menggeser bek Liverpool itu mengingat posisinya yang sangat vital sekaligus mengemban amanat sebagai kapten. Taylor tampaknya harus bersabar untuk mendapatkan menit bermain pada turnamen ini. 

4. Callum McGregor masih rentan rotasi di lini tengah Skotlandia

4 Pemain Celtic FC yang Tampil di Euro 2024Callum McGregor (instagram.com/scotlandnationalteam)

Kapten Celtic FC 2023/2024, Callum McGregor, juga dibawa oleh Steve Clark untuk membela TImnas Skotlandia di Euro 2024. Pada pertandingan pertama, McGregor turun sebagai pemain starter. Akan tetapi, itu bukan jaminan bagi McGregor untuk terus jadi pilihan utama.

Sebab, posisinya cukup rentan untuk digantikan. Pada laga kontra Jerman saja, McGregor digantikan pada menit ke-67. Sedangkan, Scott McTominay yang jadi tandemnya pada laga itu, tak mengalami hal yang sama. Untuk mempertahankan posisinya, McGregor harus lebih unggul dari sejumlah pemain Premier League, seperti Billy Gilmour, Stuart Armstrong, dan Kenny McLean.

Dari 4 nama dalam daftar ini, hanya 2 pemain yang sudah mendapatkan menit bermain pada laga pertama Euro 2024. Mereka adalah Anthony Ralston dan Callum McGregor. Sedangkan, Greg Taylor dan James Forrest masih menjadi penghangat bangku cadangan Skotlandia sejauh ini.

Baca Juga: 6 Pemain Muda Cetak Gol pada Matchday 1 Babak Grup Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya