7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!

Zlatan Ibrahimovic akhirnya gantung sepatu

Tahun 2023 telah terlewati kurang lebih 6 bulan. Momen 6 bulan pertama pada 2023 ini memang menyisakan kesedihan bagi penggemar sepak bola. Sebab, banyak pemain bola yang memutuskan pensiun.

Banyak dari mereka merupakan nama besar, bahkan berstatus sebagai pemain bintang. Lalu, siapa sajakah pemain bola yang pensiun 2023? Coba gulir sampai tuntas untuk mengetahui mereka!

1. Gerard Pique

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Gerard Pique (fcbarcelona.com)

Gerard Pique mengambil keputusan mengejutkan memasuki 2023. Pada 1 Januari tahun ini, mantan bintang Timnas Spanyol dan Barcelona ini memutuskan pensiun. Bicara soal prestasi dan performa, Pique jelas sangat hebat. Selepas pensiun, Pique sendiri fokus mengurus liga sepak bola nonprofesional yang dinamai The Kings League. Ia melibatkan sejumlah nama beken untuk mengisi liga itu.

2. Gareth Bale

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Gareth Bale (twitter.com/GarethBale11)

Gareth Bale menjadi salah satu aktor utama yang membawa Los Angeles FC juara Major League Soccer (MLS) 2022. Tak jauh dari itu, tepatnya pada 9 Januari 2023, Bale memutuskan pensiun. Bicara soal prestasi, Gareth Bale telah membuahkan banyak hal, terutama bersama Real Madrid. Di samping itu, ia juga sangat membanggakan di Timnas Wales karena telah membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah terakhir lolos pada Piala Dunia 1958.

3. Emmanuel Adebayor

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Emmanuel Adebayor (mancity.com)

Emmanuel Adebayor merupakan salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah Togo. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini pernah memiliki karier bersama tim-tim besar Eropa, seperti AS Monaco, Arsenal, Manchester City, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. Setelah berpindah-pindah ke banyak klub, Adebayor akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 20 Maret 2023 bersama tim asal negaranya, AC Semassi FC .

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada Ozil

4. Mesut Oezil

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Mesut Oezil (premierleague.com)

Kiprah Mesut Oezil sebagai salah satu playmaker terbaik dunia layak diakui. Ia sangat bersinar kala bermain untuk Real Madrid, Arsenal, dan Timnas Jerman. Akan tetapi, performa yang menurun serta serangkaian kontroversi yang terjadi mungkin menjadi alasan Oezil pensiun. Pada 22 Maret 2023, ia memutuskan untuk gantung sepatu bersama Istanbul Basaksehir pada usia 34 tahun. Oezil resmi masuk daftar pemain bola yang pensiun 2023.

5. Marek Hamsik

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Marek Hamsik (twitter.com/ChampionsLeague)

Nama Marek Hamsik sangat dikenal publik ketika bermain gemilang bersama Napoli selama 12 tahun (2007--2019). Penampilannya kala itu menarik perhatian dengan performa, kontribusi, serta gaya rambut nyentrik. Setelah hengkang dari Napoli pada 2019, gelandang asal Slovakia ini pernah membela beberapa klub. Akhirnya, ia pensiun di Trabzonspor pada akhir musim 2022/2023.

6. Joaquin Sanchez

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Joaquin Sanchez (fifa.com)

Joaquin Sanchez resmi mengakhiri karier profesionalnya sebagai pemain bola dalam usia 41 tahun pada akhir musim 2022/2023. Mantan pemain Timnas Spanyol ini memiliki karier yang sangat cemerlang ketika masih muda, terutama kala membela Valencia. Namun, karier terlama Joaquin terjadi begitu membela Real Betis (2000--2006 & 2015--2023). Real Betis merupakan klub pertama dan klub terakhir dalam karier Joaquin Sanchez.

7. Zlatan Ibrahimovic

7 Pemain Bola yang Pensiun 2023, Deretan Nama Besar!Zlatan Ibrahimovic (acmilan.com)

Cedera yang diderita sepanjang musim 2022/2023 menjadi alasan kuat Zlatan Ibrahimovic untuk pensiun di AC Milan. Padahal, ia masih diminati beberapa klub Eropa meski usianya saat ini telah menginjak 41 tahun. Pada masa emasnya, Ibrahimovic merupakan sosok penyerang hebat yang sulit untuk dikawal. Selain AC Milan, penyerang asal Swedia ini juga pernah membela beberapa tim besar, seperti Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, dan Manchester United.

Ratusan bahkan ribuan pemain pensiun pada setengah tahun pertama 2023 ini. Selain tujuh nama besar yang telah dijelaskan di atas, beberapa pemain bola yang pensiun 2023 ini melibatkan nama-nama terkenal. Mereka adalah Jonas Hector, Sime Vrsaljko, Lucas Leiva, Bojan Krkic, Stefan Radu, Kevin-Prince Boateng, Eljero Elia, Joao Miranda, dan Fernando Llorente.

Baca Juga: Profil Zlatan Ibrahimovic, Bintang Dunia yang Putuskan Pensiun

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya