6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024

Didominasi pemain Denmark #EURO2024

Intinya Sih...

  • RSC Anderlecht memiliki 6 pemain berlabel tim nasional di Euro 2024, dominasi pemain Denmark
  • Thomas Delaney kehilangan posisi utama, Anders Dreyer jadi penghangat bangku cadangan, Kasper Dolberg tergeser
  • Kasper Schmeichel and Jan Vertonghen masih diandalkan, Zeno Debast dan Vertonghen berebut posisi utama

Bukan lagi rahasia bahwa RSC Anderlecht adalah salah satu klub ternama Belgia yang memiliki banyak prestasi. Kehebatan tersebut disokong sejumlah pesepak bola hebat dari masa ke masa. Pada 2023/2024 ini, RSC Anderlecht dihuni enam pemain berlabel tim nasional yang ikut berlaga di Euro 2024.

Meski berasal dari Belgia, kebanyakan pemain RSC Anderlecht yang ikut serta di Euro 2024 kebanyakan dari Denmark. Secara komposisi, ada 4 pemain Denmark dan 2 pemain Belgia yang bermain di Euro 2024 dari RSC Anderlecht. Siapa sajakah mereka dan seperti apa kiprahnya?

1. Thomas Delaney sudah kehilangan posisi utama di Timnas Denmark

6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024Thomas Delaney (twitter.com/euro2024)

Thomas Delaney pernah menjadi pemain utama Denmark dalam beberapa tahun. Namun, di Euro 2024, Delaney sudah mulai kehilangan posisinya itu. Kini, ia berperan sebagai pemain pelapis dari gelandang bertahan muda Denmark. Hal itu bisa dilihat dari 2 matchday yang telah diikuti Denmark di Euro 2024 saat Delaney hanya bermain selama 1 menit. Posisinya telah tergeser Pierre Emile Hojbjerg, Morten Hjulmand, dan Christian Norgaard.

2. Anders Dreyer jadi penghangat bangku cadangan Timnas Denmark

6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024Anders Dreyer (instagram.com/andersdreyer)

Anders Dreyer memiliki nasib yang tak jauh berbeda dari Thomas Delaney. Pria berusia 26 tahun ini hanya menjadi penghangat bangku cadangan Denmark di Euro 2024. Ia kalah saing dengan beberapa sayap kanan Denmark, seperti Andres Skov Olsen, Alexander Bah, dan Rasmus Kristensen. Dengan situasi saat ini, tampaknya cukup sulit bagi Dreyer untuk mendapat menit bermain.

3. Kasper Dolberg sudah tergeser Jonas Wind dan Rasmus Hojlund

6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024Kasper Dolberg (instagram.com/kasperdolberg)

Kasper Dolberg merupakan nama lama di skuad Denmark. Ia pun belum terlalu tua karena masih berusia 26 tahun. Akan tetapi, performa Dolberg sudah mulai menurun sehingga mulai tergeser dari posisi utama. Biang dari hilangnya posisi Dolberg ini ialah Jonas Wind dan Rasmus Hojlund. Hal tersebut telah terbukti pada dua laga yang telah dijalani Denmark di Euro 2024 sejauh ini.

Baca Juga: 7 Kiper dari Bundesliga Jerman yang Tampil di Euro 2024

4. Kasper Schmeichel masih jadi pilihan utama di bawah mistar Timnas Denmark

6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024Kasper Schmeichel (twitter.com/euro2024)

Meski telah berusia 37 tahun, Kasper Schmeichel masih menjadi andalan di bawah mistar Timnas Denmark. Schmeichel memiliki kualitas dan pengalaman yang dinilai masih lebih baik dari pelapisnya, Mads Hermansen dan Frederik Ronnow. Di sisi lain, Schmeichel juga berperan sebagai kapten tim. Hal inilah yang menambah kans bermain yang lebih besar bagi anak dari Peter Schmeichel ini.

5. Jan Vertonghen masih jadi opsi yang baik untuk pertahanan Belgia

6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024Jan Vertonghen (instagram.com/janvertonghen)

Pada matchday pertama Euro 2024, Jan Vertonghen sebetulnya dipasang sebagai pelapis. Namun, Domenico Tedesco selaku pelatih Belgia sadar jika Vertonghen bisa memberikan pengaruh yang baik untuk tim. Alhasil, bek berusia 37 tahun ini dimainkan pada matchday kedua Euro 2024 secara penuh. Hal ini membuktikan Vertonghen belum habis dan masih bisa diandalkan sebagai opsi yang baik di lini pertahanan Belgia.

6. Zeno Debast diproyeksikan sebagai masa depan Timnas Belgia

6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024Zeno Debast (instagram.com/zenodebast)

Zeno Debast merupakan salah satu bek yang diproyeksikan menjadi masa depan Timnas Belgia. Pria berusia 20 tahun ini mulai diberi kepercayaan untuk menjadi pemain utama di Euro 2024. Debast juga sempat menjadi pemain pengganti pada pertandingan kedua. Namun, untuk ajang kali ini, Debast belum memiliki peranan pasti di dalam tim. Sebab, Tedesco masih mencoba Debast dan Vertonghen untuk berduet dengan Wout Faes.

Dari keenam nama dalam daftar, hanya Kasper Schmeichel yang mendapat jaminan sebagai pemain utama. Sedangkan, tiga pemain Denmark lain hanya diplot sebagai pemain pelapis. Di sisi lain, Zeno Debast dan Jan Vertonghen dari Belgia masih berebut posisi untuk jadi pilihan utama Domenico Tedesco.

Baca Juga: 3 Pemain Norwich City Masuk Timnas Skotlandia di Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya