3 Pemain AFC Bournemouth yang Meramaikan Euro 2024

Semuanya gugur di fase grup #EURO2024

Cukup banyak klub English Premier League (EPL) yang menyumbangkan pemain di Euro 2024. Salah satunya ialah AFC Bournemouth yang menyumbangkan tiga pemain. Akan tetapi, semua pemain AFC Bournemouth yang berkiprah di Euro 2024 justru gagal melangkah jauh.

Mereka dan negaranya terhenti di fase grup. Ada yang menjadi juru kunci di grup dan ada pula yang hampir lolos karena menempati posisi ketiga. Siapa sajakah pemain yang dimaksud dan negara apa yang mereka bela?

1. Ilya Zabarnyi (Ukraina) gagal menembus fase grup meski mencatat 4 poin

3 Pemain AFC Bournemouth yang Meramaikan Euro 2024Ilya Zabarnyi (twitter.com/afcbournemouth)

Ilya Zabarnyi sebetulnya bermain sangat baik bersama Timnas Ukraina. Ia hadir sebagai bek utama negaranya dan menjadi salah satu pemain yang tak pernah tergantikan semenit pun di fase grup Euro 2024. Secara individu, Zabarnyi juga cukup mentereng. Ia mencatat rata-rata 2,3 clearence, 0,3 intersep, 1,3 tekel, dan 62 persen kemenangan duel.

Akan tetapi, penampilan apik Zabarnyi tak mampu membawa Timnas Ukraina melaju ke fase gugur. Sebab, Ukraina hanya menjadi juru kunci di Grup E. Mereka berada di bawah Rumania, Belgia, dan Slovakia.

Padahal, Ukraina yang dibela Zabarnyi sukses mengumpulkan empat poin, catatan poin yang sama dengan peserta lainnya. Namun, Ukraina kalah dalam agresivitas gol. Faktanya, Ukraina menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang gagal lolos ke fase gugur meski mengumpulkan empat poin.

2. Ryan Christie dicadangkan Skotlandia pada matchday 2 dan 3

3 Pemain AFC Bournemouth yang Meramaikan Euro 2024Ryan Christie (afcb.co.uk)

Pada matchday pertama kontra Jerman, Ryan Christie menempati posisi utama sebagai gelandang serang Timnas Skotlandia. Namun, ia dinilai tak memberikan pengaruh yang diharapkan bagi tim. Oleh karena itu, Christie dicadangkan pada matchday 2 dan 3 Euro 2024.

Secara keseluruhan, Christie mencatat 3 pertandingan dengan rincian 90 menit. Ia menorehkan rata-rata 13 sentuhan, 1,3 ball recovered, dan 72 persen akurasi umpan per laga. Catatan tersebut tak mampu membawa Skotlandia lolos ke fase gugur.

Sebab, Skotlandia hanya menjadi juru kunci di Grup A. Mereka hanya mengumpulkan satu poin yang membuat mereka berada di bawah Jerman, Swiss, dan Hungaria. Tak heran Skotlandia dan Christie pulang lebih cepat.

3. Milos Kerkez tak pernah bermain 90 menit bersama Timnas Hungaria

3 Pemain AFC Bournemouth yang Meramaikan Euro 2024Milos Kerkez (instagram.com/miloskerkezofficial)

Pemain ketiga dalam daftar ini ialah Milos Kerkez. Pemain berusia 20 tahun ini sebetulnya berposisi asli sebagai bek kiri. Namun, ia ditempatkan sebagai sayap kiri ketika membela negaranya, Hungaria.

Kerkez sendiri tak pernah bermain selama 90 menit di Euro 2024. Meski begitu, ia selalu menjadi pemain utama Hungaria selama bertarung di Grup A Euro 2024. Secara statistik, Kerkez mencatat rata-rata 2,3 clearence, 1,3 tekel, 3 ball recovered, dan kemenangan 62 persen dalam hal duel. Sedangkan dari sisi menyerang, Kerkez mencatat 73 persen akurasi umpan dan mencatat rata-rata 0,3 peluang per laga.

Penampilan apik Kerkez membuat Hungaria mendapatkan 3 poin dan menduduki posisi 3 di Grup A Euro 2024. Sayangnya, Kerkez dan Hungaria gagal melaju ke fase gugur karena kalah dalam perebutan peringkat ketiga terbaik. Kendati demikian, Euro 2024 cukup berkesan bagi kesempatan pertamanya mengikuti turnamen major bersama Hungaria.

Hanya ada 3 pemain yang bermain di Euro 2024 dari keseluruhan 31 pemain di skuad AFC Bournemouth. Ketiga pemain AFC Bournemouth yang berlaga di Euro 2024 ini memang berasal dari negara nonunggulan. Oleh karena itu, cukup wajar jika mereka gagal menembus fase grup.

Baca Juga: Rapor Hungaria di 3 Edisi Terakhir Euro, Belum Moncer

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya